AN : MUST READ

340K 8.8K 514

Karena banyak yang menanyakan, akhirnya kami buat AN [Author Note] tentang Struktur Crown land Developer atau dikenal dengan CLD

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Karena banyak yang menanyakan, akhirnya kami buat AN [Author Note] tentang Struktur Crown land Developer atau dikenal dengan CLD.

Secara garis besar CEO [Chief executive Officer] dianggap sebagai orang dengan jabatan tertinggi di perusahaan baru disusul oleh presiden direktur.

Masalahnya, nggak semua berlaku seperti itu. Banyak hal yang membuat struktur organisasi berubah sehingga hal itu tergantung pada perusahaan masing-masing.

Di CLD, para pemegang saham menunjuk orang yang terpercaya untuk menjadi direktur.

Dalam hal ini, pemilik saham di CLD yang paling besar [55%] dipegang oleh orang yang diwakilkan sama Michael Johannson [bulan lalu meninggal makanya sampai ada yang memegang 55% saham itu, Michael yang pegang].

Babenya William adalah pemegang saham 45%. Ini bisa dibilang perusahaan joinan dua sahabat karib.

Makanya William otomatis jadi Direktur yang mewakili chairman [babenye]. Di sini ga ada direktur lain selain William. Jadi bisa dibilang Presdir dan direktur di sini sama.

Lalu gimana dengan CEO?

Adalah sangat jarang CEO merangkap presiden direktur. Tanggung jawab utama mereka adalah membuat keputusan penting perusahaan, mengatur operasi kantor secara keseluruhan.

Lalu apa itu Presiden Direktur?

Orang yang dipilih sama pemegang sahaam yang bertanggung jawab dan memimpin committe meetings.

Intinya Direktur bertanggung jawab dan berjuang agar para pemegang saham tidak kecewa pada performa perusahaan. Dan dialah yang menghubungkan antara perusahaan dengan pemegang saham melalui CEO.

Lalu kuat siapa antara Axel sama William?

Seperti dibilang bahwa power between CEO dan chairman itu beda-beda tergantung perusahaannya.

Karena CEO itu nggak bisa bergerak bebas tanpa persetujuan pemegang saham, dan pergerakannya ditentukan pada kepuasan pemegang saham, secara teknis, maka chairman adalah bos CEO.

Dan chairman yang aktif bisa mengatur pergerakan CEO. Berhubung babenya William ga aktif, dan pemegang saham terbesar [yang tadinya aktif kerja] juga meninggal, akhirnya Michael dan William yang repot ngurusin Axel.

Begitulah kira-kira di CLD

Sekali lagi, INGAT :

1. Setiap perusahaan punya struktur organisasi beda-beda tergantung pada latar belakangnya. Nggak ada yang bener atau salah

2. CEO bisa paling tinggi, namun Direktur juga bisa paling tinggi

3. Yang pasti, pemegang saham adalah yang paling pegang kuasa. Ya iyaa... Mereka yang punya duit getooo.

4. Axel, Michael, dan William adalah tiga cowok tampan. Yhaaa

Semoga ga pusing lagi, ya!

[END] Passionate CEO - Malam yang Tak Terlupakan 18+Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang