Pengabdi Istri (The Series)

By Indomie2Bungkus

126K 13.2K 3.2K

Bersahabat sejak bayi membuat mereka bertujuh menjadi terikat secara tidak langsung, setelah bertahun-tahun b... More

1. Tukeran Kado
2. Naren Bulol Era
3. Tidak seindah yang terlihat
4. Aku sakit
5. bapak-bapak galau
6. Mulut lancip
7. Suami Sieun Istri
8. Pengeretan vs Sultan
9. Dia datang
10. Rekonsiliasi
11. Bocil Berulah
12. Cemburu seorang istri
13. Bertemu Gavin
14. Huru hara ini
15. Danindra to the rescue
16. Ada yang pundung
17. Curhat dong
18. Botram
19. Gengster Squad
20. Drama Puasa
Special Chapter
Special Chapter 2
22. Lepaskan?
23. Galau part kesekian
24. Lebar-an (1)
25. Lebar-an (2)
26. Baby Girl
27. Kenyataan yang sebenarnya
28. Rayuan Maut Danindra
29. Jendra pelindung ayah!
30. Kehebohan Zidan
31. Agustusan Nih
32. Agustusan Nih (2)
33. Buy 1 get 1
34. Skandal Baru
35. The Arsenio's
36. Comeback Aji dan Indra
37. Siapa yang bodoh?
38. Ternyata....
39. Rencana - A
39. Rencana - B
39. Rencana - C
40. After
41. Fakta Baru
Special Chapter (3)
Special Chapter (4)
42. Ayo, cepet bangun ayah!
44. Saat-Saat Menyebalkan
45. Nikmatnya Bergosip
46. Sayang Istri
47. Pengrusuh
49. Fabian vs Narendra
48. Lanjut Nikahan
50. Hilang
51. Katakan Peta
52. Ember Bocor
53. Keciduk
54. Tantrum
55. Ronda Core
56. Nama anak
57. Takdir yang Rumit
58. Keciduk Lagi

43. Obrolan tak berfaedah

1.3K 188 67
By Indomie2Bungkus

***

***

Di penghujung pekan tepat nya di pagi hari dengan di selimuti cuaca  sejuk setelah hujan deras selepas adzan subuh berkumandang membuat orang-orang malas untuk berkegiatan di luar. Kebanyakan dari mereka malah memilih kembali bergelung dengan selimut nya masing-masing. Tapi tidak dengan calon manten kita, Danindra sudah mendatangi rumah orang tua nya dengan pakaian santai.

Saking santai nya pria itu malah masih pakai piyama yang ia pakai saat tidur.

"Ck. Lo berdua gak niat banget kesini masih pake baju tidur." Zeva mendengus saat membukakan pintu untuk Danindra yang ternyata datang bersama Ravi. Bahkan kedua nya kompak sama-sama masih menggunakan piyama. Apalagi Ravi dengan pede nya memakai piyama berwarna kuning cerah bermotif bebek.

"Si Mey Mey ngikutin gue." Balas Danindra santai.

"Dih dari semalem juga gue udah pake baju ini. Couple tau sama Nina."

"Dasar alay!" Cibir Danindra.

"Iri aja lo jarjit!"

"Ngapain iri dih. Gue juga mau kawin.."

"Nikah." Koreksi Zeva menatap kedua adik nya yang selalu ribut. Tapi aneh nya mereka tinggal dalam satu rumah. "Masuk deh. Di tunggu mami papi di meja makan. Mami yang bikin sarapan."

"Tumbenan masak nyonya besar." Celetuk Danindra yang membuat Zeva menatap sang adik.

"Iya mbak-mbak lagi balik dulu. Karena selama deket-deket lo mau  nikah mereka bakal sibuk. Jadi mami sengaja ngasih libur dulu sebelum sibuk."

"Baek amat dah. Gak biasa nya nyonya besar mendadak waras."

"Sekate-kate lo kalau ngomong." Sahut Ravi pelan.

"Halah di otak lo juga pasti mikir gitu. Gak usah denial, emak lo kan dulu nya titisan siluman uler, nyi roro kidul aja kalah. Galak bener..."

"Hahaha iya sih." Ravi terkikik setelah nya. "Btw nyonya besar yang lo bilang itu emak lo juga. Satu pabrikan kita."

Sedangkan Zeva hanya menghela napas di belakang kedua adik nya, hubungan adik kakak yang sangat aneh menurut nya, tadi ribut, sekarang malah ngikik bersama.

"Hei kalian datang juga." Sambut Sabrina dengan senang. Tapi mata nya celingukan seperti mencari seseorang.

"Kenapa mi?" Tanya Zeva yang melihat mami nya celingukan.

"Nina sama Rafa mana? Kok gak ikut sih?"

"Tanya noh sama laki nya, tadi sebenernya mau ikut tapi sama laki nya gak di bolehin." Balas Danindra sambil menyalami tangan Sabrina dan Liam secara bergantian.

"Loh kenapa bang?" Tanya Liam yang penasaran.

"Aku gak mau liat istri ku di bentak-bentak mami lagi. Lebih baik gak usah ikut." Balas Ravi santai sambil duduk di meja makan. Tapi pria itu tidak berniat untuk makan bersama. hanya sekedar numpang duduk saja.

"Padahal mami udah masakin ayam tepung asam manis kesukaan Nina loh, yaudah nanti bekelin aja ya. Mami telpon Nina deh nanti."

"Gak usah. Gak usah telpon. Biar aku aja yang bawain makanan nya. Mami gak usah ngehubungi istri ku. Lagian Nina gak tau kalau nomor mami udah aku blokir di hp dia."

"Segitu nya amat sih Vi sama mami nya sendiri. Dosa tau.." tegur Zeva kepada adik nya itu.

Sedangkan Ravi hanya mengedikan bahu nya tak acuh. Bahkan mengabaikan ekspresi Sabrina yang mendung. "Gara-gara mami, gue nyaris di tinggal sama Nina. Selama bini gue hidup di dunia dia gak pernah di bentak-bentak sama orang tua nya. Dia di treat sangat baik sama kedua orang tua nya. Eh tau-tau di bentak gara-gara bela si Alin, yang udah jelas dia sekingkuhin anak nya sendiri demi cowok tajir. Nyesel kan sekarang? Lagian siapa mami seenak nya bentak-bentak Nina pake kata-kata kasar. Susah tau supaya dia mau ngomong sama gue lagi. Trauma nya gak ilang-ilang. Kalau bukan karena gue sakit keras, Nina mana mau balik lagi sama gue."

"Tapi kan mami udah minta maaf sama Nina Vi. Kamu jangan ngejauhin mami kamu sama Nina dong. Nina kan mantu nya juga." Bela Liam yang tidak tega dengan Sabrina yang selalu di sindir oleh putra nya dengan ucapan yang menohok.

"Papi tau kan mami salah? Dan sekarang papi bela istri papa. Posisi kita sama pi, aku membela istri ku. Tapi posisi nya istri ku gak salah. Aku emang gak secara gamblang nunjukin betapa aku bucin nya sama istri ku, aku gak mau tunjukin karena aku gak mau seperti papi yang nunjukin bucin ke seluruh orang tapi di belakang nya selingkuh. Sama orang terdekat lagi."

Mendengar jawaban Ravi membuat Zeva menghela napas nya lelah.

Itu lagi....

Keluarga mereka memang terlihat adem ayem, tapi tidak sehangat itu juga. Harmonis mereka hanya kedok saja, asli nya saling menyerang satu sama lain.

Seperti yang di lakukan Ravi sekarang.

"Yaudah sebelum pulang nanti mami nitip makanan buat Nina sama kue-kue buat cucu mami ya.." ucap Sabrina berusaha tersenyum menenangkan. Berbeda dengan Liam yang menatap istri nya sendu, pria itu benar-benar merasa bersalah. padahal sejak awal diri nya lah yang salah tapi malah sang istri yang harus menanggung beban nya. Dan satu hal yang wajar jika Sabrina memiliki banyak trauma di rumah tangga mereka, tapi sayang nya trauma itu tidak teratasi dengan baik. Alhasil banyak ketakutan yang di alami Sabrina dan berakhir memaki Nina yang saat itu membela Danindra yang memilih putus dari Aline. Wanita parubaya itu kira Nina ada hubungan khusus dengan Danindra. Padahal yang Nina kalukan adalah bentuk care seorang kakak ipar pada adik ipar nya.

"Cucu mami siapa?"

"Rafa lah siapa lagi?" Timpal Zeva yang lama-lama jengah dengan sikap Ravi yang rebel karena selalu merusak moment.

"Oh anak gue di anggap cucu juga ya? Kemarin kan anak gue gak di anggap waktu Imlek tahun lalu. Kan mami papi yang bilang cucu nya cuma Gerald sama Nania doang." Ravi tertawa sinis tapi mata nya tidak sengaja bertemu dengan Danindra. Dan diam-diam adik nya itu memberikan tanda jempol dari balik toples yang memang ada di depan Danindra. Jadi tanda jempol itu tidak dapat di lihat oleh Liam dan Sabrina.

"Mami gak maksud Bang-"

"Udah lah mi, lagian udah berlalu. Tujuan mami manggil kita ada apa?"

Sabrina menghela napas nya lagi karena mati-matian ia menahan sesak di hati nya, lalu wanita parubaya itu berjalan menuju kamar nya. Dan kembali ketika wanita itu membawa beludru berbentuk persegi panjang berwarna merah. "Ini tolong kasih Risaa ya, dek. Karena gak ada sangjit, jadi mami sengaja kasih hadiah yang sama buat Shila, Nina dan sekarang Rissa. Perhiasan itu mami beli khusus buat mantu-mantu mami, semua nya sama persis. Dan mami gak membeda-beda kan mereka."

Danindra menerima beludru itu santai, lalu mata nya menatap sang papi yang seperti nya ingin bertanya sesuatu. "Mau tanya apa pi?"

"Soal rumah kamu jadi ngambil rumah di deket abang kamu? Gak mau tinggal disini aja?"

Danindra menggeleng tegas. "Enggak pi, sebenernya aku udah ambil rumah di samping rumah Bang Naren yang kosong, soalnya pemilik lama nya pindah. Tapi ternyata udah di bayarin sebagian sama Om Pradana. Tadi nya mau di lunasin semua nya sama beliau, tapi aku nolak karena gak enak. Masa biaya katering udah di tanggung Bang Naren, di kasih pula tiket bulan madu pesawat dan hotel sama Bang Idan ke Maldive, terus rumah di bayar sebagian sama Om Pradana. Jadi aku mutusin buat aku yang lunasin sisa nya."

"Sisa nya berapa lagi dek?"

"Dua setengah miliar lagi pi, besok mau ngurus surat nya buat aku cicil satu tahun setengah ke developer nya."

"Papi aja yang bayar, nanti siang papi minta sekretaris papi Pak Wirya buat transfer ke rekening kamu, papi lebihin juga buat biaya pernikahan kalian." Ucap Liam dengan tegas.

"Gausah pi, ngerepotin."

"Kamu nerima pemberian dari Pradana tapi kamu nolak pemberian papi. Kalau gitu papi betulan tersinggung dek."

"Bukan gitu, maksud ku-"

"Udah gak papa terima aja. Lumayan tabungan lo bisa renov rumah lo, kan banyak yang harus di benerin kan? Kemarin aja lo ngeluh udah habis 30 juta buat benerin dapur doang." Timpal Ravi yang ikut senang saat papi mereka mau mengeluarkan uang buat adik nya yang malang.

Danindra pun mengangguk pasrah pada akhirnya. "Yaudah deh. Kalau gitu makasih banyak ya mi, pi..."

"Iya sama-sama. Tapi boleh gak sebelum kamu nikah, mami mau main bareng sama Nayshila, Karenina sama Clarissa?"

Zeva mengangguk sembari tersenyum menatap sang istri. "Boleh lah, aku izinin istri ku main sama mami. Tapi gak tau deh kalau Ravi. Posesif."

"Gimana bang? Koko udah setuju tuh." Tanya Liam menatap anak tengah nya.

Ravi menghela napas nya "Entar aku pikirin deh."

***

"Sepi amat ni komplek." Gumam Zidan sembari celingukan di depan rumah nya.

"Bakar aja biar rame."

Zidan memutar bola mata nya sebal. "Dih si papa nyaut aja."

"Masih mending papa yang jawab. Dari pada makhluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala yang mengalami alopecia di rambut nya, yang di utus untuk menyikat aset berupa kertas berbentuk segi panjang yang bisa di gunakan alat tukar untuk di berikan kepada tuannya. Kamu mau?"

"Hah? Maksud nya?" Zidan menatap ayah nya bingung.

"Tuyul."

"Astagfirullah papa. Tinggal bilang tuyul apa susah nya sih."

"Gitu aja gak tau huh. Cemen lau.."

"Ck. Iya deh papa selalu benar. Terus ngapain papa ngikut Idan kesini?"

"Kalau kata anak gahol papa itu lagi gabut. Bingung mau ngapain. Eh Dan, persiapan nikahan nya Indra sama Caca gimana?"

"Ya kata nya sekitar 70 persen lah. Kan masih bulan depan."

"Kira-kira Naren udah bangun belum ya nanti?"

"Ya doain aja pa semoga Naren cepet bangun. Gak tega Idan juga liat adek yang makin kurus, belum lagi dia juga masih menyusui."

"Biasanya kalau malam gini papa suka ajak Naren main ps, gak ada dia papa ngerasa kehilangan banget. Kamu papa ajak main ps emosional mulu."

"Ya papa bukan ngajak main, tapi ngajak ribut terus."

"Tapi kenapa Naren gak pernah marah?"

"Ya dia kan posisi nya menantu. Papa curang juga dia mah pasrah. Coba kalau Naren main nya sama Idan. Sama kita bakal gelut juga. Soal game Naren tuh kompetitif banget."

"Itu mah kamu yang doyan ngajak ribut orang." Sahut Bima yang hanya di balas  dengusan sebal Zidan.

"Dan..."

"Hmmm"

"Papa kangen sama Beno Beni deh. Mereka kan punya anak dari istri baru nya. Nanti kalau Naren sehat, papa bakal ke Garut kayak nya. Kasihan anak-anak papa belum di tengokin sama papa. Kesan nya papa itu gak berperikesapian banget gak sih?"

"Kan kata mama, papa kalau sekarang mau ke Garut juga boleh kan."

Bima mengerucutkan bibir nya. Entah mengapa jika ingat dengan menantu nya  pasti selalu membuat hati nya dilanda sedih. "Tapi papa udah janji sama Naren mau kesana bareng. Cuma dia doang yang ngeladenin hobi nya papa, anak papa tiga-tiga nya suka cuekin papa kalau papa lagi cerita Beno. Yang sayang papa cuma Naren doang."

"Lagian ya siapa juga yang mau ngeladenin cerita gimana si Beno sama Beni punya bini baru.  Sesabar-sabar nya anak bungsu papa juga lama-lama jengah sama dongeng Papa. Beno lagi Beno lagi. Yang bikin Idan gak abis thinking itu papa sampe nangis gara-gara sapi beranak. Kalau papa klop sama Naren, ya gitu-gitu kan karena dia ada bakat aneh nya juga."

"Waktu itu papa terharu ih, tapi papa juga sedih deh istri pertama nya Beno sama Beni pasti cemburu. Papa melakukan pernikahan paksa itu sebenernya terpaksa tau."

"Iya deh terserah papa aja, yang penting papa bahagia." Balas Zidan yang pasrah harus kembali mendengarkan cerita aneh papa nya. Padahal pria itu sudah sangat muak tentang Beno dan Beni sejak lama.

"Hai bebek sini sayang..." Seru Bima memanggil sesuatu di hadapan mereka yang membuat dahi Zidan mengernyit bingung.

"Pa mana bebek nya? Itu kan kucing. Mata papa beler apa gimana sih?"

"Ish" dengus Bima sambil meraih kucing anakan persia berwarna putih dengan garis-garis hitam keckl di kepala nya. "Ini kucing baru nya Ajen. Kata Ajen nama nya Bebek. Selama Ajen di Wisma kucing ini papa yang ngurus."

"Kasihan banget ya yang di piara Ajen pada krisis identitas semua. Ada landak di namain bagong, ada bebek beneran di kasih nama nya manky, terus ada kucing oren nama nya dugong, nah ini nih jelas kucing ras di namain bebek."

"Itu nama nya kreatif. Bapak nya aja gak protes. Lau protes-protes aja ah." Bima mengelus kucing kecil nan manis berjenis ras ragdoll  itu dengan lembut. 

"Iya dah. Lagian ya itu rumah bakal jadi kebon binatang lama-lama."

"Orang sebelum kejadian mantu papa di sekap, Naren udah nanya-nanyain buat beli rumah belakang nya yang kosong buat rumah temen-temen nya Ajen."

Zidan menggelengkan kepala nya tidak percaya. "Serius pa? Wah gak ngotak, beli rumah cuma buat gituan doang? Beli satu rumah aja engap Idan pa."

"Kan mantu papa orang kaya. Ya walaupun papa juga sebenernya kaya juga. Cuma papa mah merendah aja." Balasan sombong Bima membuat Zidan berdecih.
"Cih sombong."

"Serius papa! Warisan papa buat kamu bisa nguliahin anak-anak kamu sampe profesor tau. Tapi jangan di bandingin sama aset nya Bung Pradana dong. Jelas kalah jauh.."

Tiba-tiba Bima menatap putra tengah nya dengan tatapan lembut, tapi hal itu malah membuat Zidan mengernyitkan dahi nya bingung. "Papa baru tau kalau Naren sama adek pernah di masa-masa sulit. Papa juga gak tau selama adek hamil Ajen dia banyak kekurangan uang. Papa tau nya mereka baik-baik aja. Kalau bisa di putar kembali ke masa itu, papa gak bakal dengerin hasutan mama kamu, papa bakal selalu ada di samping adek. Tapi mereka hebat bisa survive berdua."

"Ya nama nya juga rezeki anak, setelah Ajen lahir usaha Naren mulai satu persatu naik. Ya walaupun habis lahiran Ajen, Naren sama Yasmine habis-habisan banget kan waktu itu. Itu juga Naren terpaksa minjem uang Om Pradana buat biaya persalinan. Idan juga gak tau pa, Idan juga tau dari Indra. Karena baik Naren atau adek mereka gak pernah ngeluh apa-apa. Kalau gak salah usia Ajen 8 bulan, ekonomi mereka mulai membaik."

"Ya makanya pas mereka rujuk, sebagai hadiah kesabaran mereka papa beliin rumah depan, rumah samping Bian. Sebenernya rumah Naren tuh rumah samping ini, rumah nya Ravi sekarang, tapi sayang di samping Ravi udah ada yang ngisi, jadi di tuker di samping Bian yang masih kosong. Terus sama besan di biayain full buat renovasi supaya disatuin dua rumah itu, sejujurnya papa gak enak sama mereka soalnya mereka udah bayarin seluruh biaya resepsi. Tapi kamu malah sempet iri kan? H-1 adek akad nikah dan kamu sempat-sempat nya marah sama dia, makanya Ajen di ungsiin ke rumah keluarga Naren. Padahal papa udah beliin kamu mobil, tapi dasar nya sifat kamu irian sama adik kamu."

"Iya maaf pa..." Zidan menunduk malu.

"Di banding kamu yang selalu baru, adik kamu tuh bekasan dari kamu terus, Dan. Papa bukan mau perhitungan, cuma papa merasa udah adil sama anak-anak papa. Tapi baik kamu atau Adimas selalu aja iri. Kalian punya sport car yang harga nya minimal 4 miliar, satu persatu papa beliin kecuali adek. Mobil yang kamu pake sekarang juga full dari papa. Sedangkan adek kamu? Mobil bekas kamu. Terus kalian pengen motor yang 1000cc yang harga nya ratusan juta papa juga beliin kecuali adek. Kalian kuliah papa biayain full bahkan Adimas sampe S2 dan kamu spesialis. Tapi adek kamu cuma sampe semester 6 karena dua semester nya dia biayain sendiri dari kerja di cafe. Makanya Allah adil, dia di nikahin sama keluarga Konglomerat. Sampe dia bisa  kuliah S2 dan S3 dengan dibiayain sama keluarga suami nya, ya walaupun pas S3 status nya udah mantan suami istri. Tapi Bung Pradana komitmen biayain semua nya."

"Papa waktu itu sampe gak habis pikir. Kenapa saat itu kamu merasa gak adil karena papa beliin rumah baru buat adek sedangkan kamu biaya sendiri? Padahal papa merasa sudah sangat adil sama semua anak-anak papa. Lain kali jangan selalu di tanam kan rasa iri tuh, Dan. Semua punya rezeki nya masing-masing. Dan gak akan ketuker. Papa juga minta maaf udah sering bandingin kamu sama Naren, niat nya sih dulu supaya kamu termotivasi aja supaya rajin belajar. Gak tau nya kamu malah iri dengki sama dia. Dan papa baru sadar itu apalagi denger cerita adik kamu dari Indra selama dia nikah muda dulu. Papa minta maaf ya... sebagai kepala keluarga, papa kurang tegas. Gak bisa bimbing mama kamu supaya gak terlalu keras sama kalian."

Jarang-jarang Zidan melihat papa nya seserius ini. Mata pria paru baya itu bahkan terlihat berkaca-kaca sambil memangku kucing baru cucu nya. Dan detik itu juga Zidan kembali di serang rasa bersalah, betapa besar dosa nya pada sang adik dan ipar nya. "Apan sih pa! Jangan ngajak melow-melow gini lah. Idan jadi makin merasa bersalah sama adek sama Naren juga. Hubungan mereka berantakan juga karena salah Idan. Tapi baik adek sama Naren sama-sama gak menyalahkan Idan. Harus nya mereka maki-maki Idan biar impas, tapi mereka malah seolah-olah tidak ada apa-apa. Idan minta maaf pa..."

"Udah gapapa. Nanti kamu minta maaf aja sama mereka, itu juga kalau kamu emang sadar dimana letak kesalahan kamu. Lagian sebaik-baik nya orang, pasti ada batas sabar nya. Papa harap setelah kejadian ini, anak-anak papa saling menyayangi, jangan ada iri-irian lagi."

"Iya pa maaf... nanti kalau Naren udah bangun, Idan pasti minta maaf sama dia."

"Yaudah dah malem, tidur sana kasian Gia nungguin. Waktu nya bobo dan sekian juga untuk usaha secara sadar untuk mengusut, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam perilaku  manusia dari papa buat kamu, anak nya akoh. "

"Apaan lagi itu?"

"Ilmu ilmu.. gitu aja gak tau lau." Balas Bima yang sudah kembali  ke setelan pabrik nya. "Bebek sayang kita bobok yuk sayang, kamu jangan di luar nanti kamu di culik sama perempuan berambut panjang dengan tinggi yang menjulang yang terkadang mengenakan daster berwarna putih atau merah karena tergantung dengan dosa mereka yang hobi nya tertawa di atas pohon dengan rambut yang menjuntai ke bawah."

"Bilang kuntilanak aja ribet bener nih aki-aki."

"Berisik ah. Kalau mereka denger gimana? Hayooooo" Bima berlari meninggalkan Zidan yang masih di luar seorang diri.

"Anjir merinding juga lama-lama."

***

"Kiw cewek serius amat dah." Zidan dan Ravi tiba-tiba menerobos masuk ruang praktik Vania yang terbuka lebar. Perempuan itu baru selesaikan jam praktik nya sebagai dokter kandungan.

Vania yang sedang menulis pun menoleh pada orang yang memanggilnya, dan dengan tidak tahu diri kedua pria itu nyelonong dan langsung duduk di kursi yang biasa di gunakan oleh pasien nya ketika sedang konsultasi.

"Mau apa lo berdua?"

"Hehehe gabut gue. Dua jam lagi ada operasi, makanya kesini." Balas Zidan sambil terkekeh.

"Sama gue juga, harus nya udah jadwal balik. Tapi kepaksa tuker jadwal jaga malam sama si Yanuar. Jadi gak bisa balik deh."

"Terus korelasi nya sama gue apa?"

"Ya barang kali lo gabut juga. Gue mau ajak lo ngebakso di depan. Mau gak? Gue nyari laki lo di ruangan nya gak ada. Yaudah kebetulan lewat sini, gue sama Ravi ajak lo aja."

"Emang Bian kemana?" Tanya Vania yang membuat Zidan keheranan.

"Lah mana gue tau? Lo kan bini nya."

"Gue sama Bian kan beda gedung. Dan dia ga ada ngechat apa-apa jadi gue juga gak tau."

"Aneh." Gumam Ravi pelan.

"Aneh kenapa bre?"

Ravi mengambil lolipop di meja yang biasa nya Vania sediakan untuk pasien. "Ya lo tau gimana bucin nya si Bian. Dan doi belum ngehubungi Vania aneh banget gak sih?"

"Emang lo masih pundung gara-gara laki lo mukulin si Firman sama Bayu?" Tanya Zidan pada Vania yang malah jadi overthinking.

"Ya gitu deh. Dia gue diemin juga kayaknya bodo amat. Gak bahas apa-apa juga di rumah."

"Gue malah di ambek Nina. Asli tiga hari gue di punggungin dia. Padahal gue udah minta maaf."

"Ya lo mah ada minta maaf nya, laki gue gak ada bahas apa-apa. Malah kesan nya dia yang balik kesel sama gue." Balas Vania dengan lesu. Perempuan itu baru tersadar  kalau suami nya memang sedikit berubah beberapa minggu ini.

"Tumben amat si Bian gitu."

"Yaudah ikut yuk dah. Balik nya ke Wisma, gue tadi liat ada Tante Fany bawa Ardhan." Zidan bangun dari duduk nya dan mengikuti jejak Ravi barusan dengan mengambil lolipop rasa melon.

"Bagi ya..."

"Iye izin tapi udah lo makan duluan permen nya." Dengus Vania yang sudah sangat terbiasa dengan kelakuan rekan kerja sekaligus tetangga nya itu. "Btw ada mertua gue disini??"

"Iya, emang lo gak tau juga? Gak chatan emang?"

Vania menggelengkan kepala nya sedih. "Enggak, mami gak bilang apa-apa."

"Yaudah mungkin lupa kali. Yuk ngebakso dulu. Laper gue sumpah." Zidan keluar terlebih dahulu dan di ikuti oleh Vania dan Ravi di belakang nya.

"Sumpah enak banget bakso nya yuyur, mo meninggoy." Ucap Zidan sambil mengunyah bakso langganan mereka yang letak nya persis di depan rumah sakit.

"Aamiin.." ucap Ravi menanggapi reaksi Zidan yang lebay.

"Woy sekate-kate lo."

"Lo sendiri ya ngomong sat. Kata nya mo meninggoy, gak konsisten dih." Dengus Ravi sambil menyendokan bakso ke dalam mulut nya.

"Naren kondisi nya gimana Dan?" Tanya Vania di tengah acara makan mereka.

Seperti di ingatkan, Zidan tersenyum sedih, bahkan pria itu tiba-tiba berhenti mengunyah. "Belum ada peningkatan yang signifikan. Kadang gue suka sedih liat anak-anak nya. Adek gue juga kaya mayat hidup."

"Iya waktu ulang tahun Yasmine juga dia kayak nutupin banget dia bahagia. Asli nya gue tau  kalau dia sedih banget. Soalnya kan tahun lalu mereka berdua ngerayain sambil staycation di pulau seribu kan? Sambil babymoon. Kaya semudah itu tuhan membalikan satu kondisi."

"Ya gue berharap Naren cepet bangun. Kasihan istri sama anak-anak nya. Padahal bulan depan Luna kan udah mulai mpasi, tapi fokus Yasmine masih sama Naren." Balas Vania.

"Gak kerasa ya anak gue udah lima bulan aja. Dejavu banget gue kaya ngeliat Ajen kecil, kita-kita kan yang ikut ngurusin dia. Karena bapak nya sibuk sama sekolah residen nya. Gue inget banget dulu pernah nyinyirin Naren sok sibuk, eh ketulah deh gue, pas gue residen Nina di nyatakan hamil. Gue pikir pas itu si Naren bakal ngatain gue balik, tapi dia malah kasih gue semangat. Sumpah hati tu anak terbuat dari apaa ya.."

Zidan tersenyum miris sambil mengangguk. "Muka nya emang jutekable tapi baik banget hati nya. Gak dendaman juga. Ya wajar lah adek gue sampe segitu nya sama Naren, dia selalu yakin Naren tuh baik walaupun saat itu Naren sering maki-maki adek gue. Bangsat nya gue malah seneng liat adek gue di gituin."

"Tapi waktu cerai lo kan ngehajar si Naren."

"Iya, Van. Gue waktu itu udah kepalang emosi. Lo bayangin adek gue balik malem-malem bawa bayi enam belas bulan, bawa koper, sambil nangis pula. Gue pikir si Naren udah ngapa-ngapain adek gue."

"Tapi kalau lagi gak kondisi gitu, lo pasti kalah sih Dan. Secara si Naren jago berantem gitu. Bukti nya anak buah si Sunan pada patah rusuk nya di gebukin sama Naren. Kata Aji mereka berdua berantem lawan dua puluh sekaligus, kalah lo mah." Kekeh Ravi yang membuat Zidan mendengus sebal. Mulut nya Ravi emang di cabe-in. Pedes coy.

"Ya seenggak nya gue gak kaya lo, kesenggol Bian dikit langsung nyungsep."

"Sialan kesana mulu bahas nya si babi."

"Hehehehe aw marah niyeeeeee"

Vania meminum Es Teh nya sambil meraih tisu untuk menyeka keringat nya akibat kepedasan. "Malah ribut hadeuuhhh. Eh Gia gimana kandungan nya? Aman kan?"

"Alhamdulillah aman. Tapi kenapa sih lo kok gak mau jadi dokter kandungan Gia? Malah di oper ke Teh Ana, bini gue bukan bola tau."

"Teh Ana lebih banyak pengalaman nya. Gak tau kenapa kalau meriksa orang yang gue kenal, gue gak pede. Kayak takut salah aja gitu."

"Sekolah sebelas tahun buat apa neng? Padahal lo kan selalu di andelin Teh Ana. Segala gak pedean lo ah." Rajuk Zidan kepada Vania.

"Ya kan takut salah ege. Nanti malah malpraktik gue juga yang salah."

"Halah pania, pania. Lo diapain sih sama Bian sampe gak pedean gini?"

Ravi pun mengangguk setuju. "Tau, jaman kuliah lo kan pede banget orang nya."

"Ya gak tau? Kenapa jadi nyalahin Bian sih?"

"Ya barangkali tu bocah di rumah ngapa-ngapain lo sampe gak pedean kayak sekarang. Ye gak Pi?"

"Betul tuh."

"Bukan gitu. Kan ada Teh Ana yang lebih berpengalaman. Apalagi anak lo kan kembar, jadi buat konsul nya lebih enak kalau sama yang lebih expert. Di banding Teh Ana gue itungan nya masih baru jadi dokter kandungan. Tiga tahun belakangan. Sebelum nikah lah."

"Lo gak ngehubungi laki lo gitu? Suruh makan gabung sama kita. Bilang si Rapi traktir."

Dahi mengedikkan bahu nya "Gak ah gengsi gue. Kalau dia gak mau ngehubungi gue yaudah."

"Dih si dodol."

"Udah ah gue mau ke Wisma duluan. Gue harus nemuin mertua dulu." Vania berdiri dari tempat duduk nya sambil mengaluarkan satu lembar uang lima puluh ribu ke hadapan Zidan dan Ravi. "Titip bayar ya.. gue duluan."

Setelah keluar dari kedai bakso itu Vania berjalan kearah Wisma untuk menemui mertua dan anak nya. Sambil berjalan perempuan itu juga memeriksa room chat nya dengan sang suami, hari ini tidak ada chat apapun yang masuk dari pria itu. Seketika Vania menghela napas kecewa. Tidak bisa di pungkiri Vania sedih dengan sikap Fabian yang belakangan ini mulai berubah.

Di tengah kegundahan hati nya nya tanpa di sangka bak gayung bersambut saat akan melewati taman belakang rumah sakit Vania melihat keberadaan suami nya.

Tapi...

Pria itu tengah asik tertawa bersama dengan seseorang yang juga memakai jas putih. Tapi tidak bisa di pastikan siapa di balik sosok yang kini duduk di samping suami nya. Bahkan saat tertawa perempuan itu seperti sengaja menyandarkan kepalanya di lengan Fabian. Kedua nya terlihat nyaman satu sama lain.

Melihat itu Vania tertawa sinis, sambil mengepalkan tangan di tempat nya. Tidak ingin membuat keributan di tempat ia bekerja, perempuan itu lantas melanjutkan langkah nya menuju Wisma. Ya... walaupun dengan hati yang super gondok. Ia kira hanya dirinya yang spesial untuk Fabian.

"Loh kamu udah selesai praktek nya nak?" Seru Fany saat melihat kehadiran menantu nya di ambang pintu kamar inap Luna dan Jendra.

Vania tersenyum sembari menyalami Fany dan Tania yang sedang asik bergurau. "Udah mi. Mami dari tadi disini ya? Maaf ya aku gak tau mami kesini. Aku malah kaget banget pas di kasih tau sama Zidan."

"Loh adek gak kasih tau kamu emang?"

Vania menggelengkan kepala nya. "Padahal mami nyuruh dia chat kamu loh, soalnya kuota mami habis. Tadi juga pas ngabarin Bian, mami numpang hospot sama Tania."

"Mungkin Bian lupa kayaknya mi." Saking asik nya sama perempuan lain, jadi lupa punya istri.

"Yaudah nanti mami tegur deh tu anak. Kebiasaan deh."

"Ardhan mana ya mi?" Tanya Vania sambil netra nya mencari keberadaan sang anak.

"Lagi bobo tuh di samping Luna. Lucu deh mereka berdua, bobo bareng gitu."

Vania sedikit menengok kearah dua bayi yang sedang tertidur pulas di kasur kecil dekat TV. "Aku liat Ardhan dulu ya mi?"

"Iya sayang."

Vania langsung tersenyum hangat saat menatap putra nya yang tertidur pulas dengan empeng yang tidak lepas dari mulut kecil bayi sembilan bulan itu. Sesaat perempuan bernama Vania ini bisa mengalihkan perasaan kacau nya, apalagi ketika sang anak berada di dekat nya.

"Apapun yang terjadi nanti, temani mami ya nak.." bisik Vania sambil mengecup dahi putra nya yang masih pulas.

***

Malam itu hujan begitu deras membasahi Kota Kembang. Terdengar suara gemuruh dari langit dan di iringi kilatan cahaya yang menelan keramaian kota. Kengerian tercipta seiring dengan datang nya kilatan petir dan suara gemuruh yang menggelegar saling bersahutan seolah mereka sedang bertarung di langit sana.

Dan fenomena itu membuat makhluk hidup enggan keluar dari tempat persembunyian mereka.

Tapi tidak bagi Yasmine. Perempuan itu seolah tidak takut dengan suara gemuruh guntur yang memekakan telinga. Perempuan itu tetap berjalan dengan payung hitam di tengah deras nya hujan.

Perempuan itu berjalan terburu-terburu untuk kembali ke ruang rawat suami nya. Setelah tadi menidurkan putra dan putri nya di wisma rumah sakit yang ia tinggalkan bersama ART dan suster baru anak nya disana.

Banyak perubahan yang terjadi selama dua belas hari ini. Termasuk keputusan Yasmine yang terpaksa harus menyewa suster untuk menjaga kedua anak nya ketika perempuan itu fokus untuk menjaga sang suami. Ya walaupun tidak serta merta di tinggalkan hanya dengan pengasuh saja, sering nya Yuna atau Tania atau bahkan siapapun dari pihak keluarga yang bergantian menjaga Luna dan Jendra disana. Dan malam ini yang berjaga adalah Clarissa. Calon manten kita.

"Hai Bu Yasmine..." sapa seorang perawat yang menjadi akrab dengan nya semenjak sang suami dinyatakan koma.

"Halo sus Ria. Jaga malam nih?" Balas Yasmine ramah.

"Haha iya Bu. Ibu habis dari mana? Di luar hujan nya deras banget "

"Iya nih habis nyusuin sambil nidurin anak-anak di wisma."

"Haduh ibu meni jibrug kitu. Bade nambut handuk bu?"

Yasmine tersenyum ramah sembari menggeleng. "Gak usah gapapa, hatur nuhun sus. Di kamar rawat Pak Naren ada handuk kok. Nanti saya sekalian mandi."

"Saya siapin paratusin ya bu? Takut nya ibu demam. Hujan na meni ageng pisan, ibu make payung ge tetep weh jibrug. Padahal mah teu tebih nya."

Setelah berbincang sebentar Yasmine pamit undur diri menuju ruang rawat sang suami. Dan perempuan itu langsung memasuki kamar khusus penunggu pasien untuk segera mandi dan berganti baju.

Selang lima belas menit, Yasmine duduk di samping brangkar sang suami. "Ganteng nya aku. Maaf ya baru temenin Aa lagi. Dua hari Luna demam, jadi aku lebih sering disana jagain adek. Kayak nya adek kangen banget sama Aa. Aa juga kangen kan sama anak-anak?" Yasmine meraih jemari Narendra untuk ia cium.

"Abang Ajen juga kirim salam. Kata nya abang rindu sama ayah." Yasmine kembali mencium lama jemari suami nya. "Tau gak sih jas buat nikahan Indra punya Aa udah jadi loh. Kemarin siang di cobain sama Bang Bian dan pas. Aku jadi ngebayangin seganteng apa nanti Aa pake jas itu."

"Tadi juga Caca bilang, salam buat Aa. Kata nya semoga Aa segera bangun sebelum mereka menikah nanti. Tapi kalau Aa masih betah bobo nya gak papa kok. Yang penting nanti setelah bangun Aa gak boleh bobo panjang lagi. Ok sayang?" Sambung Yasmine bercerita kepada suami nya. Kegiatan yang selalu perempuan itu lakukan setiap sebelum tidur.

"Aku kayak nya belum cerita deh, sebelum tahun baru aku ketemu sama Sunan di Polda. Dia minta maaf sama Aa, aku gak tau dia beneran minta maaf atau cuma karena terlanjur di tangkap aja. Sunan sama Winda bakal di pindahin ke lapas, soalnya awal februari nanti sidang pertama nya di mulai. Aji juga udah ngajuin gugatan membatalan pernikahan nya ke pengadilan dua hari lalu."

"Aku jadi gak tau deh status Aji perjaka lagi apa Duda ya? Hehehe Soalnya gugutan nya bukan perceraian, tapi pembatalan pernikahan. Biasa nya kalau ada hal-hal yang gak aku paham, aku suka tanya sama Aa. Tapi Aa nya masih betah bobo. Nanti kalau udah bangun jelasin ya sayang..."

"Oh iya aku mau apresiasi suami ku. Sayang, makasih ya... Aa benar-benar nepatin janji kamu buat selalu melindungi aku dan anak-anak. Bahkan sampe Aa koma gini supaya hidup aku sama anak-anak aman dan nyaman. Makasih buat semua pengorbanan Aa selama ini. Aku gak akan ragu lagi kalau Aa beneran cinta sama aku. Aku minta maaf sempat meragukan Aa. Tapi sekarang aku percaya. Kalau Aa emang beneran cinta sama aku, bukan di dasari rasa bersalah kamu."

"Aku juga baru tau sebelum kita deket lagi dan pacaran ternyata Aa pernah berantem sama Sunan karena dia pernah nguntit aku sampe Apartemen. Aku di ceritain sama Aji. Dia juga bilang kalau Aa juga pernah galau parah karena dengar aku di lamar sama Kang Haris. Kamu tuh kenapa sih selalu diam-diam gitu? Coba deh tunjukin di depan aku, jadi nya pas Aa lamar aku, aku gak akan nolak lamaran Aa sampe belasan kali."

"Aku baru tau Aa dari dulu suka cemburuan. Dulu waktu kita pacaran aku pengen banget ngerasain di cemburuin dan di posesifin sama kamu. Dan aku baru ngerasain setelah kita rujuk. Orang mah sebel kalau punya pasangan cemburuan, tapi gak tau kenapa aku malah seneng banget. Jadi kamu jangan diem-diem cemburu gitu lagi ya. Kamu boleh tunjukin semua hal yang Aa rasain. Apapun itu dan aku janji aku akan selalu dampingin Aa. Cukup satu kali kita pisah. Semoga setelah kejadian ini rumah tangga kita semakin kuat sebesar apapun terjangan nya. Aku siap menghadapi apapun yang penting Aa selalu ada di samping aku. Temenin aku disini.. jangan pergi lagi... aku pengen Aa ada di sisi aku, kini dan selamanya."

"Tentang permintaan Aa di video kemarin aku minta maaf belum nengokin rumah lama kita, aku gak mau sendiri kesana. Aku tuh cengeng, gak mau nangis sendiri disana. Jadi aku mau nunggu Aa bangun. Nanti kita kesana sama-sama yaa... Oh iya Indra juga udah cerita semua nya tentang Aa, termasuk hal yang Aa ceritain di video waktu aku ulang tahun. Termasuk soal Bang Idan juga, jujur hati aku kecewa dia kayak apa salah ku sama abang samlai tega, tapi kata Aa kita gak boleh dendam kan? Yang lalu biarin jadi pelajaran. Jadi aku berusaha damai dengan itu semua."

"Dulu di malam kita ribut sebelum aku minta cerai aku pernah bilang kalau aku menyesal udah kenal dan menikah sama Aa. Sejujurnya gak gitu kok. Waktu itu aku cuma kebawa emosi, dan keluar ucapan itu tanpa aku sadari. Sampe sekarang aku nyesel banget pernah bilang gitu sama kamu." Yasmine berdiri dari duduk nya, lalu perempuan itu meraih dahi sang suami untuk ia cium.

Hari semakin malam, tidak terasa jam sudah menunjukan pukul satu dini hari. Lalu Perempuan itu menuju saklar lampu untuk mematikan lampu ruangan.

"Selamat bobo Aa.." ucap Yasmine sebelum memejam kan mata nya.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Beberapa jam setelah nya, Yasmine merasa tubuh nya tengah di bangunkan oleh seseorang. Dan saat membuka mata, netra nya langsung menyipit karena cahaya yang langsung menyilaukan penglihatan nya.

"Loh Kak Ravi? Ada apa?" Tanya Yasmine parau, perempuan itu duduk masih mengumpulkan nyawa nya.

"Naren sadar Yas.."

"Hah?" Yasmine melongo tidak percaya.

Sedangkan Ravi terkekeh geli melihat ekspresi Yasmine yang malah melamun. "Hei. Malah bengong. Itu suami nya udah sadar juga."

"Serius? Kak Ravi gak lagi ngeprank kan?"

"Yaampun gak percaya. Liat sendiri deh."

Yasmine bangun dari duduk nya, lalu tatapan nya bersibobok langsung dengan mata hitam legam milik pria yang sangat ia cintai. Mata yang selalu ia kagumi.

Tak terasa air mata perempuan itu kian luruh, merasa tidak percaya dengan apa yang ia liat saat ini. Mata itu terbuka kembali menatap nya. Ya Tuhan! Betapa Yasmine merindukan tatapan itu. "Sa..yang..." panggil pria itu lemah.

"Aa ini serius Aa bangun? Ya Allah. Alhamdulillah...." Yasmine menggenggam jemari suami nya, tapi kali ini ia merasakan genggaman itu membalas genggaman nya. Walau tidak sekuat biasanya. 

"Sebenernya udah bangun dua jam lalu Yas. Jam dua lewat sepuluh sih lebih tepat nya. Kebetulan salah satu perawat lagi cek kondisi Naren karena dari ruang monitor detak jantung nya keliatan gak normal dan pas di samperin dia kaget liat Naren udah melek. Terus perawat itu manggil Kak Ravi buat di periksa. Alhamdulillah semua nya normal. Tapi buat mastiin besok beberapa dokter spesialis mau cek kondisi Naren lebih lanjut sambil CT Scan. Termasuk dokter psikiatri juga bakal ada."

"Bang Ravi kenapa gak bangunin aku? Jadi kakak nungguin berjam-jam aku bangun dong?"

Ravi menggaruk tengkuk nya "Hehehe gak tega kamu pules banget. Ini aku bangunin kamu kebetulan adzan subuh."

"Aa ada yang sakit?" Yasmine mengusap pipi suami nya, yang kini sudah tidak menggunakan alat bantu pernapasan.

Narendra tersenyum lemah, dan tatapan mata nya pun masih sangat sayu. "Gak ada.."

"Yaudah jangan banyak ngomong dulu. Aa istirahat lagi aja ya?"

Narendra hanya mengangguk lemah sambil kembali memejam kan mata nya.

"Semangat ya. Mudah-mudahan recovery nya cepet. Oh iya pihak keluarga belum Kak Ravi kabarin. Biar kamu aja, kamu lebih berhak."

"Iya makasih Kak Ravi, jadi merepotkan. Makasih juga udah banyak bantu selama Aa koma."

"Aduh jangan berlebihan Yas. Kebetulan aja lagi jaga malam kok. Lagian cuma kaya gini mah gak ada apa-apa nya. Malah kebaikan Naren lebih-lebih dari ini. Saking baik nya satu buku tulis gak bakal cukup deh buat jabarin kebaikan dia. Ajen dan Luna pasti seneng ayah nya udah sadar."

"Aku kabarin nya habis sholat subuh."

"Yaudah mending kamu sholat aja dulu, aku nunggu Naren disini. Habis kamu selesai, baru aku sholat di mushola." Ucap Ravi yang langsung di angguki Yasmine.

***

Hai gimana chapter ini menurut kalian?

Btw aku mau promosi nih aku punya chapter what if anak-anak mereka saat dewasa, yang khusus aku publish di karyakarsa. Dan sejauh ini baru 5 chapter dan akan berlanjut sekitar 5 chapter lagi.

Link nya ada di bio ya.
Buat yang mau aja🤭

Continue Reading

You'll Also Like

67K 6.4K 32
đ—Ļ𝗘𝗤𝗨𝗘𝗟 𝗔đ—Ļđ—Ļ𝗔𝗟𝗔𝗠𝗨'𝗔𝗟𝗔𝗜𝗞𝗨𝗠 𝗞𝗘𝗞𝗔đ—Ļ𝗜𝗛 𝗜𝗠đ—Ŗ𝗜𝗔𝗡𝗞𝗨 SELESAI [PART MASIH LENGKAP] [đ—Ļđ—Ŋđ—ļđ—ŋđ—ļ𝘁𝘂𝗮𝗹-đ—Ĩđ—ŧđ—ē𝗮đ—ģ𝗰𝗲] 𝗙đ—ŧ𝗹īŋŊ...
141K 13.9K 101
keseharian keluarga kim manoban
22.3K 4.8K 53
❝ Sadar atau tidak, pengagum rahasia itu orang ketiga. Dan mungkinkah kamu termasuk ke dalam orang-orang itu? ❞ Started...
18.5K 2.5K 46
Bagaimana jika kenalakan Yibo menurun ke anaknya. Up suka suka