Pesan Terakhir

88 3 0
                                    

5 , Jumadist Tsany 785M

Untuk Putraku Khafa

Khafa, hari ini ibu akan bercerita tentang Al-kimiya seperti yang ibu janjikan sebelum-sebelumnya. Khafa, Al-kimiya berasal dari kata Kem dan Chyma. Dalam bahasa mesir, Kem berarti hitam yang berasal dari tanah hitam disekitar sungai Nil. Sementara, Chyma berasal dari bahasa Yunani kuno yang memiliki makna mencampur metal. Para Al-chemist, begitu julukan bagi orang-orang yang memperdalam ilmu ini, memiliki misi utama untuk mengubah suatu logam sederhana menjadi suatu logam mulia meskipun harus dengan menggunakan ilmu hitam. Mungkin itu filosofi yang kurang tepat, namun kita bisa menganggapnya seperti itu.

Khafa, Apakah kamu tahu apa sebenarnya logam mulia itu?

Orang-orang menyebutnya gold, dhahab, Aurum9, yang berarti kuning bersinar atau pancaran sinar matahari. Nama ini dipilih karena logam ini memang memiliki warna kuning yang berkilau indah bagai lingkaran sinar matahari. Kilau inilah yang menyebabkan setiap orang memburunya. Kilauan ini yang menyebabkan orang menjadi buta dan rakus akan dunia. Tapi, bagi seorang ilmuwan kilau ini adalah teka-teki yang harus dipecahkan, pelepas dahaga bagi jiwa yang haus akan ilmu. Sebuah kilau keperadaban dimasadepan.

Khafa, sejak ilmuwan besar Aristoteles mengatakan bahwasannya semua materi tersusun atas empat unsur; tanah, udara, air, api, dan sedikit bumbu mistisisme atau sihir. Banyak orang, mulai mempercayai, kunci dari ini semua adalah dengan kehadiran batu filsuf. Ada yang mengatakan bahwa batu filsuf adalah sejenis ruby merah yang didalamnya mengandung batu berlian, ada juga yang mengatakan itu hanyalah batu biasa yang dapat dengan mudah dileburkan. Apapun itu, batu filsuf dipercaya sebaga zat legendaris yang diharapkan bisa mengubah logam murah menjadi logam mulia atau sebuah ramuan keabadian yang disebut Elixir of life.

Bagi Guru Jabir, Elixir of life atau ramuan keabadian bukanlah hal yang menarik untuknya. Tidak ada yang abadi didunia ini, selain Tuhan. Jadi, mencarinya bukanlah hal yang masuk akal, membuang-buang waktu dan tidak berguna sama sekali. Tetapi, kemampuan untuk merubah suatu logam murah menjadi logam mulia, ini merupakan sebuah cita-cita besar para ilmuwan.

Khafa, berbagai upaya terus dilakukan oleh seluruh umat manusia didunia, Guru Jabir juga menceritakan bahwa dataran china telah lebih dahulu memulai pencariannya. Banyak ilmuwan telah melakukan penyulingan dengan cara memanaskan suatu zat cair hingga mendidih dan uap yang terbentuk didinginkan hingga mengembun kembali. Pendapat ini didasari oleh kepercayaan bahwa semua benda dibentuk oleh "badan dan roh", seperti halnya manusia. Maka, penyulingan bertujuan untuk mendapatkan roh yang merupakan unsur utama dari suatu zat, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemurnian suatu benda lain. Mereka percaya bahwa dengan cara ini mereka akan dapat melakukan transmutasi terhadap logam biasa hingga menjadi Aurum yang mereka anggap sebagai logam paling mulia.

Khafa, diantara logam-logam yang telah berhasil ditemukan saat ini. Hanya Hydragyrum-lah yang dapat disuling. Hydragyrum mudah dilelehkan dari batuannya, dipanaskan, diuapkan hingga kembali dicairkan. Beberapa batuan Hydragyrum juga memiliki warna merah awalnya. Karena itu, saat ini Hydragyrum telah menjadi pusat perhatian dari alchemist.

Khafa, bertahun-tahun Ibu telah melakukan penelitian dan ibu menemukan sesuatu yang menarik. Guru Jabir pernah menyinggung hal ini dalam salah satu kelas pembelajarannya, ibu yakin ini jugalah yang menjadi kunci dari segala tanda tanya besar itu, Al-Iksir10.

Al-iksir adalah sesuatu yang membuat transformasi logam itu mungkin saja terjadi.

Malam ini, ibu akan mendiskusikannya lebih jauh terkait Al-iksir dengan teman lama ibu yang juga merupakan murid Guru Jabir. Jika apa yang ibu sampaikan ini berada dijalur yang benar, maka ia akan membawa berita besar kepada Guru Jabir. Namun, jika ini bukanlah hal yang tepat maka kita harus memulai semuanya lagi dari awal. Khafa, ini mungkin akan menjadi salah satu penemuan terbesar umat manusia, juga jalan menuju keserakahan tanpa batas.

Khafa kita harus berhati-hati, karena apa yang kita perjuangkan hari ini, bisa menjadi boomerang yang membunuh kita nanti. Karena keserakahan dan ketidaksabaran manusia itu sendiri. Khafa, Teruslah bersikap rendah hati, qana'ah dan tidak menjadikan dunia ini dalam hatimu. Cukuplah dunia menjadi ladang amal, yang akan menjadi perantara kita menuju surga.

9. Gold, Dahab, Aurum merupakan nama lain dari emas.

10. Al-Iksir saat ini disebut dengan katalis



-Lambang alkimia menunjukkan empat unsur Klasik di sudut gambar, di samping tria prima di segitiga tengah. Empat unsur penyusunnya adalah , searah jarum jam: Tanah ,Api ,Udara dan Air .

 Empat unsur penyusunnya adalah , searah jarum jam: Tanah ,Api ,Udara dan Air

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
HudanWhere stories live. Discover now