04 -Hal Baru yang Kuketahui Tentang Diriku-

36 1 2
                                    

Apa kalian pernah merasa seperti; "Apa aku udah benar-benar mengenal diriku sendiri?"

Itu hal yang sangat baik ketika kalian masih memiliki kesadaran tentang hal itu. Karena sebagian orang tidak benar-benar tau siapa dirinya, apa yang dia mau, dan apa yang terbaik untuknya.

Aku hidup sebagai orang 'aneh' selama 25 tahun dan akhirnya aku baru menyadari bahwa aku tidak aneh melainkan 'Introvert' hehehe.. Mungkin sebagian orang akan berpikir, "What? Lama amat baru sadar!"🤣 Ya.. memang terlalu lama jika di lihat dari usiaku, tapi bukankah baik akhirnya aku tau?

Maksudku, akhirnya setelah sekian lama aku menyadari bahwa aku bukan orang aneh. Aku hanya berbeda karena aku Introvert. Dan dari pertengahan tahun lalu sampai saat ini aku menulis tulisan ini, aku terus berusaha mengetahui lebih banyak tentang 'orang-orang Introvert' ini. Aku ingin mengenal lebih jauh tentang diriku sendiri. Well, aku mengalami hal baru seperti... mmm.. bagaimana ya menjelaskannya? Seperti bertemu teman lama setelah sekian lama? Apaan sih bahasaku ini.. 🤣

Aku banyak membaca artikel tentang orang-orang introvert, pengalaman mereka menjadi seorang introvert, bahkan ternyata introvert juga ada pembagian tipenya. Aku benar-benar merasa sangat memahami apa yang mereka alami, seperti aku melihat ceritaku hanya saja tidak sama persis. Tapi ya.. artikel yang kubaca rata-rata berbahasa Inggris. Mungkin teman-teman yang sama sepertiku agak kesulitan mencari tau tentang diri kalian karena tidak bisa menemukan artikel terjemahannya.

Oke.. di ceritaku kali ini aku ingin bercerita tentang tes personality Introvert yang aku lakuin. Tentu saja aku tidak mau hanya begitu percaya satu tes, jadi aku mencari beberapa tes lain dan tetap mendapatkan hasil yang sama walaupun isi tesnya berbeda. Dan akhirnya aku berhenti untuk menolak takdirku😆 Dari semua tes itu aku dinyatakan termasuk sebagai Introvert tipe INTJ.

INTJ ini terdiri dari Introverted, iNtuitive, Thinking, Judging. Orang-orang dengan personaliti ini biasanya pintar mengalanisis, kreatif dan logika banget. Well, aku merasa itu bisa mewakili aku, hehehe.

Oh.. dan untuk teman-teman yang ingin mengetahui tipe Introvert mana kalian, bisa di coba dengan tes di link ini:

https://personalityhacker.com/genius-personality-test/?cookieUUID=7ac84973-154c-4395-bbf0-55073a00ab14

Tipe-tipe Introvert ini berdasarkan dari penelitian The Myers - Briggs. Aku tidak akan banyak bercerita tentang mereka di cerita ini, tapi kalau ada teman-teman yang ingin tau lebih banyak bisa cari tau tentang mereka di google ya. Hehehe..

Aku sampai mencari banyak hal tentang Introvert karena aku sendiri sangat penasaran kenapa aku bisa jadi seperti diriku. Aku ingin meyakinkan diriku sendiri dan mungkin kalian yang juga sepertiku, bahwa kalian tidak aneh. Karena sifat Introvert dan Extrovert itu dibawa sejak lahir, tidak di bentuk oleh pengalaman atau karena masa pertumbuhan seseorang. Itu bukan penyakit yang bisa di sembuhkan, itu adalah bagian dari diri kita sendiri.

Satu hal yang harus kalian ingat. Tidak semua orang yang bisa mengerti bagaimana diri kita, tapi kita tidak BUTUH semua orang. Ya kan? Kita hanya butuh satu atau beberapa orang untuk benar-benar mengerti tentang diri kita sendiri. Dan percaya sama aku, setelah kamu benar-benar memahami diri kalian dan lebih menghargai diri kamu sendiri, kamu tidak akan butuh banyak orang di hidupmu😉.

Dan walaupun belum banyak orang yang membaca ceritaku ini. Tapi aku tetap tidak ingin berhenti untuk menawarkan pada kalian yang merasa tidak punya teman bicara, seperti tidak ada yang ingin mendengarkan kalian, seoah-olah hanya ada kalian di dunia ini, kalian bisa menceritakan pengalaman kalian ke aku lewat komentar atau langsung ke aku di message Wattpad ini, atau DM ke Instagram dan Twitter aku @ hanna.nekosuki 🙂

Selamat Tahun Baru dan semoga tahun baru ini juga memberi harapan baru untuk kita semua.🥰

Curhatan Aku Yang IntrovertTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang