6. Sharing The Night

131 27 20
                                    

Yuda

Oke, walaupun gue rada males ngakuinnya, tapi gue beneran jadi kepikiran nih.

For your information, gue bukan tipe orang yang over-thinking. Itu mah tugas si Yoga. Kalo menurut gue itu sesuatu yang udah di luar kendali gue, ya udah. Terus gue nggak suka buang-buang waktu mikirin yang belom tentu kejadian, soalnya capek coy. Mending gue handle yang sekarang ada di depan mata gue. Yang lain-lain ya liat nanti lah.

Nggak over-thinking itu salah satu resep hidup tenang.

Iya, iya nggak perlu bilang ke gue, "YA TAPI SUSAH, YUD." Nggak perlu. Oke. Gue tau itu susah. Nggak maksa juga. Gue cuma bisa berdoa semoga kita semua diberkati pikiran yang jernih dan hati yang tenang. Amin.

Buset, kenapa gue jadi kayak Mamah Dedeh gini? Sampe mana gue tadi?

Oh iya, kepikiran.

Jadi, abis insiden di kantin yang agak heboh itu, gue sama Grisel balik ke ruangan tempat kita ngumpul tadi. Sebenernya ini kayak semacam ruang tunggu gitu, letaknya samping ruang guru.

Sumpah, tadi tuh Yang Mulia jalan keluar kantin gitu aja, semua barang-barangnya ditinggal! Gimana gue nggak kalang kabut. Jadilah gue buru-buru masukin dompet dan hp dia ke tas, dan langsung bawain tas doi. Gue berasa budak beneran. Untung tasnya enteng. Lebih enteng dari tas gue??? Gue rasa itu tas isinya emang cuma hp, dompet, sama motivasi hidup.

Sebenernya gue juga nggak tau mau ngomong apa setelah gue panggil dia dengan cara yang biasa—cara yang ngeselin—cara yang harusnya bikin dia melototin gue atau melengos nggak peduli. Tapi dia cuma nengok sebentar, kemudian berhenti, menunggu gue nyusul dia. Lagi-lagi gue menemukan ekspresi lain, kali ini yang belum pernah gue liat sebelumnya.

She was angry and sad and filled with pain, and it took everything in me to not ask what happened. Kenapa dia bisa sampai marah banget dan hampir kehilangan kendali kayak gitu. Gue tau Grisel orangnya galak, keliatan kayak pengen bunuh orang, tenaganya kuat, dan dia bisa aja ngehantem gue sampe pingsan kalau mau. Tapi meskipun keliatan jutek setiap saat, dia nggak pernah ngelukain orang.

Semua kejutekannya, sikap dinginnya, ketidakpeduliannya, cuma untuk melindungi dirinya sendiri dari harapan-harapan yang ujung-ujungnya hanya menjatuhkan, menjaganya dari ketergantungan-ketergantungan yang nggak perlu, membentenginya dari segala sakit yang dia takut nggak akan pernah dia temui obatnya.

Oke, gue kedengeran sok tau banget, tapi that's what I have learned about her.

Maka setelah dia berhenti dan menunggu gue nyusul dia—yang bikin gue rada kaget juga sih, gue kira dia bakal pura-pura nggak denger dan cus aja jalan—gue cengar-cengir konyol aja kayak biasa. Walaupun cuma bentar, abis itu gue cuma senyum sekilas, dan kita berdua jalan dalam diam sampai ke ruang tunggu.

Tiba-tiba Grisel berbalik cepat, sampe gue kaget. Untung gue nggak latah.

"Tas gue—"

Gue mengangkat tas dia dengan bangga. "Kurang berdedikasi apalagi hamba, Yang Mulia."

Demi Tuhan, sesaat gue yakin dia udah kayak mau senyum tapi nggak jadi. Heran, kenapa sih ini orang kalo mau senyum ditahan-tahan? Seakan-akan kalo dia senyum tuh takut ada sesuatu yang meledak gitu. Padahal senyum mah senyum aja, tambah cakep juga kan.

Nah kan, mikir apa tuh gue.

Gue mengangsurkan tas Grisel ke pemiliknya. Grisel meraih tas yang kayak cuma isi angin itu sambil ngomong pelan banget, dengan suara yang agak serak, "Makasih ya, Yuda."

Grisel nggak pernah ngomong terima kasih dengan nada kayak gitu. Terima kasihnya adalah terima kasih yang selalu dalam bentuk sesamar mungkin. Rasanya bohong banget kalo gue bilang gue nggak khawatir dikit. Yah, nggak dikit deh, rada banyak. Gue juga nggak ngerti kenapa. Ngapain juga gue peduli-peduli amat sama nenek sihir jejadian ini?

GraduallyWhere stories live. Discover now