Self-improvement

905 122 97
                                    

Berdasarkan observasi singkat, ogut mencoba menyusun beberapa tips singkat untuk kamu yang struggling menjadi seorang INTP.

Stop menganggap diri kamu lebih pintar dan lebih tahu dari orang lain. Seriously, meski INTP sering dinobatkan sebagai The Most Intelligent Type or whatever, please, stop thinking that you are Albert Einstein. You're not gonna get any smarter if you keep thinking that you are already smarter than anyone else.

Bersosialisasi. Iya, tau kok, ini emang nggak mudah untuk introvert, apalagi tipe thinking. Coba paksa diri kamu sesekali terlibat dalam suatu kelompok atau organisasi. It's hard... I know... We're gonna be the outsiders. Ogut sarankan agar kamu melihat posisi kamu dengan perspektif lain. Kamu adalah problem solver handal. Manfaatkan kemampuan itu untuk ambil peran dalam kelompok. Mungkin peranmu dianggap remeh menurut yang lain; but who cares anyway. Kamu akan mendapat kebahagiaan tersendiri. Percaya deh.

Kontrol Ne-mu. Guna aux Ne adalah untuk membantu dom Ti-mu. Artinya kamu mengeksplor suatu informasi saat dibutuhkan untuk memahami sesuatu. Jangan cari-cari informasi nggak penting yang nantinya hanya akan jadi sampah di kepalamu.

Berpikir sebelum bicara. INTP punya kecendrungan untuk bicara kebablasan. Kebanyakan INTP akrab dengan sarkasme dan bicara dengan teramat jujur. Ingat ya, banyak orang di luar sana tidak suka dengan hal tersebut. Oleh karena itu biasakan berpikir dahulu sedetik dua detik sebelum merespon orang lain. Se-ansos-ansosnya kamu, kamu butuh orang yang menyukaimu. Jadi, pikir dulu sebelum bicara agar kamu, paling enggak, cukup likeable.

Belajarlah untuk berempati. Emosi adalah ranah asing bagi INTP, oleh karna itu pelajarilah. Perhatikan bagaimana orang yang lebih ekspert dibidang ini merespon emosi orang lain, lalu tiru! Yes, you need to fake it sometimes. Tapi asal niat kamu baik, kenapa enggak.

Smile :) Kalau kamu kebetulan punya b*tch resting face natural atau kamu selalu kelihatan serius (beberapa INTP begini), cobalah tersenyum lebih sering. Kamu akan kelihatan lebih ramah dan menyenangkan. Paling tidak senyumlah pada "teman". Kamu boleh balik lagi dengan wajah asli saat bersama orang yang lebih akrab. Sering-sering senyum juga baik untuk otot wajah :v

***
Oke, itu dulu. Yang basic-basic aja; masih ada yang lain tapi ogut udah capek ngetik. Kapan-kapan ogut lanjutin lagi yak...

The INTP's NotesWhere stories live. Discover now