Ne vs. Si

1.1K 124 16
                                    

Kalau belum tahu apa itu Ne dan Si, silakan google sendiri tentang Cognitive Functions. Karena yang baca tulisan ini rata-rata INTP, ogut serahkan soal beginian ke kalian. Wkwk.
***

Oke, ogut anggap saja kamu-kamu udah pada tau.
***

As you know, pada INTP, Ne (extraverted intuition) berfungsi sebagai co-pilot yang bertanggung jawab besar dalam perkembangan mental. Ne adalah otak dari rentetan pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepala INTP saat mereka menerima informasi baru. Ne berorientasi ke depan atau ke masa yang akan datang. "What if..." kira-kira gitu kalimatnya.
INTP secara natural memiliki desire untuk "mengeksplor". Membuka kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi dengan menghubungkan informasi dan ide sehingga menciptakan perspektif baru dalam berpikir dan inovasi-inovasi yang tak tepikirkan sebelumnya. I think, this is why people with strong Ne are weird but interesting.

Cara untuk mengembangkan fungsi Ne adalah dengan berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman. Cobalah "keluar" dan pelajari hal-hal baru. Lakukan apa yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Ne berkembang dengan memperbanyak pengalaman dan mempelajari hal baru.

The best version of INTP itu adalah saat fungsi Ne berkembang dengan baik.

Tapi kemudian, di sinilah masalahnya, Si (introverted sensing). Si memang tidak sedominan Ne pada INTP, tapi keberadaannya cukup penting. Si berorientasi ke masa lalu.
Jika tadi Ne mengkhayalkan kemungkinan yang akan terjadi, Si justru berlandaskan pengalaman yang sudah pernah nyata terjadi. Di sinilah INTP harus hati-hati jangan sampai terpaku pada Si saat berpikir. Si mendambakan kenyamanan dan rasa aman. Tidak mau mengambil resiko.
Si yang tidak dikendalikan dengan baik membuat intp menutup diri sampai tidak mau keluar rumah. Ini bahayanya, INTP akan sulit berkembang karena terlalu takut dan enggan keluar dari zona mereka meski pun mereka ingin. Kamu hanya nge-stuck di tempat dan ngga maju-maju. Akibatnya si INTP akan stress sendiri. Ini nih salah satu bentuk unhealthy INTP jika fungsi Si tidak dipelihara dengan baik.

The INTP's NotesWhere stories live. Discover now