no emotions

1.7K 192 109
                                    

Pernyataan tersebut tidak benar dan juga tidak salah sepenuhnya. Hmm..

Sesungguhnya INTP punya perasaan. Perasaan mereka sangat sensitif bahkan. Tapi, mereka tidak pandai (dan tidak suka) mengekspresikan emosi tersebut. Misal, ada seorang teman INTP yang sedang ditimpa musibah. Si INTP ini dapat merasakan apa kira-kira yang dirasakan temannya ini. Ia dapat membayangkan dengan baik bagaimana rasanya di posisi temannya yang sedang mendapat musibah ini. Masalahnya adalah, mereka paham dengan perasaan itu tapi tidak yakin harus bagaimana dalam merespon emosi tersebut.

Hasilnya, mereka akan terlihat awkward atau tidak nyaman berada di tengah-tengah situasi penuh emosi. Mereka yang merupakan pemikir alami justru akan overthinking terhadap respon apa yang sebaiknya mereka berikan, contoh kasus:

*seorang teman INTP baru saja mengalami hal menyedihkan, dan ia menangis*

Isi kepala INTP, "Jangan nangis, jangan nangis, jangan nangis... Oh, no! Dia nangis! OMG, gimana nih? Mari kita lihat... Di film-film biasanya mereka akan memberikan sapu tangan 'kan? Tapi siapa coba di zaman sekarang yang bawa-bawa sapu tangan. O ya, tisu! Mana tisu? Tunggu, apa itu agak terlalu gercep, seharusnya kita ikut terbawa emosinya dulu 'kan? Hmm... apa aku harus mengatakan sesuatu, seperti "sudah, jangan menangis lagi..." Tapi dia memang lagi sedih, ya wajar nangis dan nangis itu baik untuk melepas kesedihannya. Bagaimana dengan "kamu harus tegar!" boleh sih, tapi agak terlalu dingin. Ah, gimana nih? Aha, ada yang bilang action itu lebih penting dari kata-kata, aku harus lakukan sesuatu, aku peluk saja dia? Ugh, aku tidak biasa melakukannya. Apa ditepuk-tepuk saja ya punggungnya? atau bahunya? Boleh lah, dan jangan katakan apa-apa dulu..."

Akhirnya si INTP pun menghampiri temannya yang terisak-isak dan mengelus bahunya dengan kaku dan mulai bertanya-tanya kapan sebainya ia berhenti mengelus-elus temannya dan melakukan hal lain yang lebih dikuasainya, seperti menceramahi temannya agar berpikir lebih logis dalam mengahadapi kesedihannya dan segera berhenti menangis.

inferior Fe detected

INTP, oh INTP...




The INTP's NotesOù les histoires vivent. Découvrez maintenant