Balada Es Kopi

982 110 7
                                    

Malam hari ini, Jakarta lagi diguyur hujan dengan kapasitas sedang. Cuaca bumi akhir-akhir ini emang kadang kaya perasaan anak perawan, susah banget ditebak. Perasaan tadi masih kering eh, tiba-tiba hujan.

Persis perasaan Vanya yang sekarang lagi gak bisa ditebak, entah maunya apa gadis itu, tapi yang jelas dia lagi bete karena pulang kemalaman, mana kagak ada ojek, hapenya mati, becek dan lengkaplah sudah penderitaannya, apalagi hatinya masih mangkel sama orang yang namanya Rama.

Gadis berlesung pipit itu jalan tergesa di atas trotoar menuju rumahnya dengan perasaan gak menentu, pasti Babehnya akan marah lagi kalau dia pulang terlambat, ini semua karena tadi habis interview dia malah diajak Rainbow buat bantuin skripsinya di perpustakaan.

Eh, salah! Bukan bantuin tapi Vanya dijadiin babu si Rainbow buat ngerjain skripsinya tapi karena kepolosannya, tuh anak baru nyadar ketika udah bres, ngenes banget hidup Vanya. Karena kejadian hari ini juga, Vanya jadi galau masih suka atau enggak sama si Rainbow.

Tapi terlepas dari kepedihan cintanya yang dimanfaatkan, parahnya gadis itu belum sempat ijin ke Babeh. Alhasil, terpaksa meskipun hujan dia harus sampai di rumah dengan segera, gak ada pilihan, meski harus jalan sampai gempor dari kampus.

Setelah berpuluh-puluh menit berbasah-basahan. Sampai juga dia di rumah tercinta sayangnya bukan keramahan yang menyapanya tapi tatapan Babeh yang siap menghardiknya.

Vanya langsung menelan ludah, saat tubuh basahnya hanya bisa berdiri takut di depan Babeh yang lagi bertolak pinggang di depan pintu rumahnya, sementara Rina sepupu yang tinggal di rumah Vanya hanya bisa menatap prihatin pada gadis itu.

"Bagus ya? Lu pulang jam segini! Gue udah nebak, semenjak Emak lu meninggal kerjaan lu cuman keluyuran aje, mending gue nikahin aja sama si Tomi anak kolega gue daripada begini. Capek gue!"

Mendengar ucapan Babeh yang pedesnya na'udzubillah, gadis itu rasanya mau nangis, tubuh basah gak masalah tapi kalau hati luka disiram garam itu masalah.

"Keluyuran apa Beh? Vanya, baru sekarang aja pulang telat! Kenapa sih, bawa-bawa Emak segala Beh?" tanya gadis itu serak, dadanya seakan bergemuruh.

"Lalu kenapa lu gak nurut hah? Skripsi gak kelar! Ngabisin duit aja lu, bolak-balik rumah sakit mulu gawean lu! Pokoknya uang jajan lu, mulai besok gue bekuin plus uang buat penelitian lu gue tarik, sebagai hukuman buat lu!"

"Tapi Beh, kan Vanya--"

"Udah, pokoknya kalau lo gak lulus tahun ini gue nikahin lu sama Tomi Tompel anaknya Si Encun! Heran, punya anak cewek atu-atunya kagak nurut bener!" potong Babeh sambil pergi ke dalam rumah dengan langkah marah, dari raut mukanya Babeh Naim terlihat murka banget sama Vanya.

Sepeninggal Babeh, Rina langsung menghambur ke Vanya yang masih berdiri syok, air matanya seketika meledak.

"Gue gak mau kenal lagi sama Rainbow, gue sakit hati! Dia yang bikin gue pulang malam!" teriak Vanya di dalam pelukan Rina yang membawanya masuk ke dalam rumah.

Mereka langsung menuju kamar Vanya untuk membantu Vanya mengeringkan tubuhnya.

"Udah, sakit hatinya elu kan karena elu juga, gue udah bilang si Rainbow hanya manfaatin elu doang Nya, mendingan elu sekarang mikir dah, dapat uang darimana?" Nasehat Rina membuat Vanya perlahan berhenti menangis.

"Bener juga, bisa kagak makan gue kalau gak ada uang!" Vanya langsung lemes.

"Lah! Bukannya elu mau kerja, diterima kagak?"

"Oleng Kapten! Malas gue, yang punyanya senga dan gombalnya amit-amit!"

"Masa? Bukannya kata si Ipeh, dia orangnya alim banget jarang banget genit ke cewek, fansnya bejibun kok!"
Rina berbicara serius, dia nampak kaget atas pernyataan Vanya.

TAKKAN LARI JODOH DIKEJARWhere stories live. Discover now