Belajar Syukur

182 11 0
                                    

Seandainya sabar dan syukur adalah dua ekor unta, aku tak peduli mana yang akan kutunggangi

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Seandainya sabar dan syukur adalah dua ekor unta, aku tak peduli mana yang akan kutunggangi.

-Umar bin Khattab

Orang yang yakin dengan takdir Allah akan senantiasa bersyukur, dalam keadaan sempit maupun lapang. Dia tahu dirinya hanya seorang hamba, yang harus tunduk dan patuh pada ketentuan-Nya. Dia tak menuntut sesuatu di luar haknya sebagai hamba. Yang dia lihat pada Zat Allah hanyalah keagungan dan kemahakuasaan. Yang dia lakukan hanyalah memperbanyak zikir, memuji Allah, dan merasakan kebesaran Zat Pemberi Nikmat.

- Abu Thalib al-Makki

Banyak orang yang memahami bahwa kita harus bersyukur saat mendapatkan kebahagiaan dan bersabar saat menghadapi musibah. Padahal, pahala bersyukur sekaligus bersabar pada saat menghadapi musibah lebih besar daripada jika kita hanya bersabar.

- Ibnu Hajar al-Asqalani

Hati yang sehat bukanlah hati yang dapat merasakan indahkan kenikmatan indriawi. Hati yang sehat adalah hati yang mampu merasakan kedekatan bersama Allah. Hati yang bahagia karena merasakan kemurahan Allah akan melahirkan amal yang baik dan bernilai di sisi-Nya.

-Abu Hamid Al-Ghazali

Hati yang terang senantiasa mampu merenungkan macam-macam nikmat. Sebaliknya, hati yang bebal takkan mampu merasakan sedikit pun nikmat, kecuali setelah diberi bencana.

 -Abu Hamid Al-Ghazali  

Ada satu penyakit bersyukur, yaitu memohon tambahan nikmat karena merasa telah bersyukur. Seolah-olah seseorang mendekat ke sisi Allah hanya untuk mendapatkan tambahan nikmat.

-Al-Junaid

Ada 4 hal tak berguna jika dilakukan: menunjukkan jalan kepada orang buta, memberi nikmat kepada orang yang tidak pernah bersyukur, menggarami air laut, dan menyalakan lampu pada tengah hari.

-Al-Qusyairi An-Naisaburi

Sumber:

Abu Thalib Al-Makki dkk. 2017. Belajar Berjiwa Besar. Depok: Pijar Nalar.

Pearl of LifeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang