Bagian 35: Lembaran Baru untuk Mereka (End)

4.5K 355 98
                                    

Jangan lupa ya vote dan comment!

.

.

"Bri mau Papi balikan sama Mami?" tanya Bagas.

Brian diam sambil memandangi foto dirinya dan Bagas yang ada di meja belajarnya. Foto ketika Brian masih sekolah dahulu.

"Kenapa papi mau balikan sama mami?"

"Lo liat hari ini? Lo bahagia kan? Ada papi ada mami, nonton lo tanding bola. Bertahun tahun kita gak pernah bisa ngelakuin ini dan... mungkin ada kesempatan untuk kita jadi.. keluarga normal. Keluarga lengkap lagi."

"Perasaan papi gimana? Papi sayang sama Mami? Atau... Tante Tami?"

"Bri, gue kan tanya pendapat lo. Lo maunya gimana."

"Pi, belum cukup apa? Belum cukup ya 18 tahun papi selalu ngelakuin apa-apa untuk Brian. Papi sadar gak, papi gak pernah mikirin kebahagiaan papi. Papi selalu mikir Brian Brian Brian."

"Hidup gue emang buat lo, Bri," sanggah Bagas.

"Pi, hidup papi lebih dari Brian. Papi sadar gak, Bri udah 18 tahun. Paling berapa tahun lagi Bri bakal nikah. 7 tahun lah. Abis Bri nikah papi gimana? Bri kan harus bangun keluarga Bri sendiri, abis itu papi gimana?" jelas Brian sambil menatap ayahnya. Bagas termenung mendengar penjelasan Brian.

"Dulu Bri selalu ngira, satu satu nya yang bisa bikin bri bahagia itu liat mami dan papi ada sama sama buat Bri. Sekarang Bri sadar. Mami gak akan kemana mana lagi. Bri bisa ketemu mami. Mami selalu sayang sama Bri. Selama liburan Bri bakal nginep tempat mami. Bri masih punya mami dan papi. Bri sadar sekarang Bri pengen yang lain..."

"Pengen apa, Bri?"

"Bri pengen papi bahagia. Bri pengen... untuk pertama kalinya dalam 18 tahun... papi mengambil keputusan karena kebahagiaan papi, bukan untuk Bri, bukan untuk orang lain. Bri pengen Papi ikutin kata hati papi. Papi pernah sayang sama mami, tapi papi sadar kan? Pelan pelan rasa sayang itu udah.. ilang. Papi yakin mau kembali bangun rumah tangga sama orang yang gak papi sayangi seutuhnya?

"Bri tau kok siapa yang papi sayang, siapa yang selalu papi pikirin, siapa yang bisa buat papi bahagia... Tante Tami kan?" tambah Brian.

Bagas mengangguk pelan sambil memeluk anaknya. "Betul kata kamu. Papi pernah sayang sama mami kamu. Tapi papi sadar, sekarang yang papi punya hanya rasa rindu, juga.. suatu angan bahwa papi bisa kasih keluarga yang utuh lagi ke kamu. Papi terlalu takut... untuk jatuh cinta lagi. Takut suatu saat mami kamu balik lagi."

"Pi, kalau entar Brian udah nikah, Brian udah tinggal sama kelaurga Bri. Bri udah bisa kasih papi cucu, Bri pengen papi ngadepin masa tua papi sama orang yang papi sayang. Papi berhak bahagia, hidup tenang, damai, setelah perjuangan papi selama ini. Papi udah capek kan? Papi udah capek berjuang, kerja keras demi Bri."

Brian berurai air mata. "Sekarang gantian ya pi. Gantian Bri yang berjuang. Berjuang untuk papi, untuk mami, untuk mama tami Aminnn. Sekarang papi lakuin aja yang pengen papi lakuin. Bri udah gede. Bri udah belajar banyak. Kan Bri belajarnya dari papi."

"Lo yakin, Bri?"

Brian mengangguk. "Dulu Bri kira, keberadaan anggota keluarga lengkap itu sumber kebahagiaan. Bri liat temen temen Bri sama keluarganya, Bri dulu iri. Sekarang Bri sadar. Kebahagiaan itu bukan karena itu, tapi karena menerima, bersyukur. Mami pasti... ngerti. Bri, yakin."

"Lo udah gede... Lo tau.. gue dulu ngebayangin. Ada suatu hari di mana gue duduk ngeliat lo sambil berkata... gue berhasil ngebesarin Briantama Prasaja. Hari ini akhirnya datang."

Mio Figlioحيث تعيش القصص. اكتشف الآن