Masa Lalu

176 6 1
                                    

Setiap orang tentu memiliki masa lalunya masing-masing, dan selalu ada cerita dibalik masa lalu itu yang biasanya oleh orang yang berpikiran sempit dijadikan sebuah alat ukur untuk menilai orang tersebut tanpa tahu cerita dan bagaimana awal mulanya itu bisa terjadi, yang pada kenyataannya bisa saja masa lalu itu terjadi bukan keinginan mereka, tapi sudah menjadi takdir Tuhan yang tidak bisa dihindari  oleh setiap orang. 

Anehnya ketika ada orang yang sedang mencoba merubah masa lalunya yang buruk, ada saja orang di sekitar meraka yang mencoba menjatuhkannya, itu sama sekali tidak membantu dalam artian orang yang ingin merubah masa lalunya itu lebih baik daripada kalian yang hanya bisa berbicara dan menilai begitu saja tanpa mengetahuinya dengan jelas.

Intinya adalah, seburuk apapun masa lalu seseorang selama orang itu memiliki tekad dan berusaha untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik seharusnya kita membantu, bukan menjauhinya karena kita memliki peran penting untuk mereka yang ingin merubah masa lalunya menjadi masa depan yang lebih baik lagi.

Untuk kalian yang sedang mencoba merubah masa lalu fokuslah pada apa yang ingin kamu capai, jangan hiraukan mereka yang mencoba menjatuhakan mu anggap saja itu hanya angin lalu, jangan pernah putus asa karena masa lalu kalian. Selama kalian yakin dan berusaha untuk merubah semua masa lalu kalian pasti akan menemukan jalan untuk mencapai tujuan itu meski berat, kalian harus tetap semangat jadi 'kan masa lalu sebagai  pemacu kalian untuk merubah segalanya dan bukti kan pada mereka bahwa kalian bisa menjadi lebih baik tanpa bantuan mereka. 

Dan untuk kalian yang gemar menilai dan menghakimi seseorang dari masa lalunya, kalian tidaklah lebih baik dari mereka, mungkin saat ini kalian merasa orang itu tidak ada gunanya untuk kalian tapi besok atau lusa bisa saja kalian menggantungkan hidup pada mereka. Karena mereka yang berani berbuat lebih baik dibanding kalian yang hanya berbicara saja, terlebih jika itu untuk merubah sesuatu yang sudah terjadi 

Tentang HidupМесто, где живут истории. Откройте их для себя