15. Nggak Ada

14.8K 2.4K 289
                                    

Anza udah melakukan semua saran Om Dimas selama seminggu ini. Sekarang, tinggal Anza mengecek hasil usahanya. Karena itu, pagi ini Anza yang udah siap sama seragam sekolahnya senyum-senyum gitu ke arah Mami. Senyum lebar pake banget, sampe Mami takut lihat senyumnya Anza. Habis, kalo lagi begini Anza tuh mirip banget sama Papi. Senyumnya sama-sama nyebelin gitu. Tapi bedanya, Anza pasang muka polos, kalo Papi pasang muka mesum.

"Anza?"

"Iya, Mami," bahkan menjawab panggilan Mami juga, Anza masih senyum nggak jelas gitu.

"Anza nggak capek nyengir-nyengir gitu?" tanya Mami.

Anza menggeleng. Dia juga suka heran sama Papi yang hobi nyengir. Anza pikir urat capeknya Papi itu udah putus. Tapi, sekarang pikiran itu udah nggak ada lagi. Karena menurut Anza, nyengir saat kita lagi seneng gini tuh enak.

"Maminya Anja .... sini dong!" pinta Anza pada Mami yang sedang berdiri dan sibuk ngolesin selai cokelat di roti tawar buat bekalnya Anza.

"Mau ngapain?" tanya Mami curiga.

"Sini aja," pinta Anza lagi. Akhirnya Mami pun menuruti Anza. Kecurigaan Mami pun perlahan luntur saat Anza memeluk perutnya.

"Bilang dong, minta dipeluk sama Mami," kata Mami mengusap kepala Anza.

"Siapa juga yang mau peluk Mami," kata Anza makin menempelkan pipi ke perut Mami. "Anja kan mau peluk si dedek," lanjut Anja membuat Mami berhenti mengusap kepalanya.

"Anza, peluk siapa?" tanya Mami memastikan.

"Dedek," jawab Anza.

"Dedek siapa?"

"Dedeknya Anja, Mami. Yang di perut Mami," jawab Anza nggak sadar kalo udah muncul banyak kerutan di kening Mami setelah mendengar jawabannya itu. "Ini Anja harus nunggu adeknya keluar 9 bulan 10 hari banget? Itu lama nggak, Mami? Bisa nggak kalo si adek keluarnya besok aja? Biar Anja bisa ajak main dokter-dokteran sama Lola gitu. Bisa Anja ajakin baca buku gitu. Bisa Anja ajakin ngegambar gitu," celoteh Anza mendongak ke arah Mami.

"Anza ..." panggil Mami. Anza nggak menanggapi, cuma kedip-kedip aja dengan dagu masih menempel di perut Mami. Sedang matanya menatap Mami yang terlihat bingung.

"Pertama, bayi itu harus ada di kandungan sekitar 9 bulan 10 hari. Bisa kurang dari itu sih, cuma Mami nggak bisa menjelaskan ke Anza. Takut Anza makin pusing," jelas Mami membuat Anza mendesah pasrah. Yah, Anza kan mengira jadwal si Dedek keluar dari perut bisa diatur sesuka hatinya. Nggak harus menunggu selama itu.

Ya udahlah, Anza sabar aja. Kayak yang Mami suka bilang, orang sabar itu disayang Allah.

"Kedua, nggak ada dedek di perut Mami," lanjut Mami.

"Ah, Mami bohong," sahut Anza nggak percaya.

"Beneran," Mami berkata dengan serius. Anza kenal Mami banget. Mami memang nggak pernah bohong sama Anza sih.

"Tapi ... kan Anja udah nggak mau ditemenin Mami bobok lagi, udah bobok cepet, udah doa juga gitu. Masa dedeknya belom ada?"

"Yah emang belom ada," kata Mami menegaskan sekali lagi. "Lagian, siapa yang bilang kalo Anza bakal punya dedek?"

Anza nggak menjawab. Malah pasang muka sendu-sendu gitu. Bibirnya udah melengkung ke bawah. Dan dia langsung aja pergi menuju kamar tanpa mengatakan apa pun sama Mami.

"Lho, Anza mau ke mana?" tanya Papi ketika berpapasan sama Anza. Tapi, Anza mengabaikan Papi dan terus berjalan ke arah kamarnya. Nggak lama kemudian, Papi pun mendengar pintu kamar Anza ditutup dengan keras.

All about AnzaWhere stories live. Discover now