Novel PO1

7.8K 60 49
                                    

holla semua readers ketjeh, 

Mumpung ada sedikit waktu, saya mau update soal novel PO 1. 

Oke, saya jelaskan prosesnya yak, biar yang sudah deal dan transfer ga bertanya-tanya.

Jadi, tanggal 9 kemarin saya tutup PO 1 yak, nah, itu hari jumat kan? saya baru Selesai rekap hari selasa. Lalu saya kontak pihak diandra, yang mencetak novel. Dan ga langsung deal, banyak yg harus diubah, termasuk beberapa scene di TBB, karena saya mau novel saya ada ISBNnya, ga hanya asal jadi buku. Dan dari pihak Diandra, hanya mau mengusahakan ISBN kalau konten novel sesuai ketentuan mereka. Nah, saya pun menyesuaikan. Akhirnya deal hari kamis tanggal 15 okt kemarin kelar semua, saya pun membayar DP. Lalu muncul lagi pertanyaan, mau cetak satu dulu, untuk lihat hasilnya? Saya berpikir tentang hal itu. Karena jujur, novel ini dari editing, layout, cover dan semuanya dari pihak aku,bukan dari pihak Diandra. Hanya ISBN aja yang dari pihak Diandra. Akhirnya setelah berpikir dan menimbang, diputuskan untuk cetak satu dulu lihat hasilnya, baru setelah saya puas, dan ga ada kesalahan, saya akan lanjut cetak sisanya. Namun, lepas dari semua itu, saya sudah bayar DP ke pihak Diandra, yang berarti novel itu pasti dicetak. 

Kenapa saya memutuskan utk cetak satu sample dulu? Karna saya memposisikan diri saya di posisi pembeli, kalau seandainya dah terlanjur cetak banyak, lalu hasilnya ga sesuai yang diharapkan, sebagai pembeli saya akan kecewa. Karena diandra tidak bertanggung jawab pada kesalahan cover, layout, dan editing, karena itu semua dari pihak saya. Diandra hanya akan bertanggung jawab mengenai kesalahan cetak, seperti hasil cetak buruk, atau buku lepas. Saya berusaha menghindari proses retur yang akan membuat prosesnya makin lama, karena musti cetak ulang. saya berdoa, semoga ga perlu ada proses retur, biar ga tambah lama. Proses untuk cetak satu buku itu seminggu, iya seminggu, serius. Nah baru setelah satu itu jadi dan saya suka, baru proses cetak sisanya, sebanyak 200 lebih, yang butuh waktu 10 hari kerja (2 minggu). Nah, jadi memang tidak secepat yang saya perkirakan. 

Jadi, mohon maaf jika prosesnya agak lama. Jikalau ada diantara teman-teman yang mungkin ingin kepastian bener ga TBB sedang dicetak di diandra, boleh silahkan di cek di pihak diandranya sendiri ya, tanyakan, bener ga kalau ada permintaan cetak untuk buku The Back up Bride atas nama Yulvita Avianti.
Terakhir, saya cuma bisa bilang, Terima kasiiiih atas kesabaran dan kepercayaanya. Saya akan berusaha secepat mungkin tapi juga tidak mau kalau hasilnya ga sesuai yang seharusnya. 

*bow-bow*

xoxo,

vita

The back up brideWhere stories live. Discover now