30. SURPRISE

459 70 5
                                    

Oleh : WulandariImaniar

“Iya, Ma. Oke. Wa’alaikum salam.” Setelah menutup telepon, segera kuminum sampai habis jus strawberry yang isinya kurang dari setengah gelas.

“Gimana?” tanya Erlangga penasaran dengan perbincanganku di telepon dengan Mama.

“Kata mamaku, kita bikin jarak dulu, diem sebentar sambil mikir strategi baru.” Aku terdiam sejenak untuk berpikir dan menunggu tanggapan Erlangga.

“Mai, aku ada ide nih. Gimana kalau kita lihat keadaan keluarga papamu setelah kamu pergi. Kita jadi mata-mata gitu.”

Aku tertawa mendengar ide Erlangga. Ide yang menurutku sia-sia dilakukan. “Buat apa? Buang-buang energi aja. Mereka jelas bahagia setelah aku angkat koper dari rumah mereka.”

“Ayo kita buktikan, mumpung udah enggak ada kuliah lagi nih,” seru Erlangga bersemangat.

“Udahlah, Ngga. Enggak ada gunanya. Apa kamu mau lihat aku makin merana setelah melihat mereka lebih bahagia? Mending kamu bantu aku mikir gimana caranya merebut hati papaku meski dalam keadaan berjauhan begini.”

“Oke, kita bikin kesepakatan. Kita lihat dulu keadaan keluarga papamu, baru memikirkan tak tik apa untuk meraih hatinya lagi.” Erlangga mulai melakukan penawaran-penawaran.

Dengan berat hati aku setujui saja ide Erlangga, kan yang penting nanti dia mau menyumbangkan otak encernya untuk memikirkan tak tik merebut hati Papa.  Kami berdua pun pergi ke tempat laundry Mama Ambar yang letaknya sekitar tiga kilometer dari kampusku. Namun, sebelum sampai tempat laundry Washy-washy milik Mama Ambar, Erlangga membeli sandal jepit untuk dipakai. Sedangkan sepatunya ia masukkan ke kantong plastik untuk dicuci. Tempat laundry Mama Ambar memang menerima pencucian sepatu dan tas juga.

Sementara Erlangga masuk ke tempat laundry, aku menunggu di depan sebuah toko yang sudah tutup. Di mana lokasinya enggak terlihat dari tempat laundry Mama yang berlogo huruf “W” besar berwarna biru dengan empat gelembung sabun warna putih di sekitarnya. Aku menunggu sampai kakiku lelah berdiri dan kerongkongan kering karena cuaca Jogjakarta hari ini sedang panas-panasnya. Karena air minum bekalku habis, aku pun mencari kedai kopi terdekat untuk memesan es kopi. Kukirim pesan WA pada Erlangga agar nanti menemuiku di kedai kopi.

Setelah menandaskan segelas es kopi, kulihat jam berbentuk jangkar kapal yang menempel di dinding kedai. Erlangga sudah pergi selama 40 menit, tapi kenapa enggak muncul juga sih. Kukirim pesan lagi padanya. Setelah menunggu sepuluh menit, akhirnya Erlangga datang juga.

“Lama banget,” protesku sebelum Erlangga sempat duduk.

“Dengarkan ceritaku, jangan disela. Kalau ada pertanyaan simpan dulu. Kalau kamu takut lupa karena ceritaku panjang, mending siapkan kertas sama pulpen.”

Aku menelan ludah mendengar perkataan Erlangga.

“Dengar, saat aku datang tadi, Tante Ambar sendiri yang melayani. Dia mengenaliku. Dia bilang, “Erlangga temannya Maira, kan?” Bukannya  menanyakan barang yang akan kucuci, Tante Ambar malah menanyakan keberadaanmu.”

Kata Erlangga, Mama Ambar terlihat sedih saat Erlangga mengatakan datang sendiri. Mama Ambar menanyakan keadaanku. Mama Ambar juga  mengutarakan kekecewaan kepada Papa karena tega menyuruhku indekos. Saat Erlangga akan berpamitan, Mama Ambar menahan Erlangga. Dia menyuruh Erlangga untuk menunggu sebentar karena ingin menitipkan sesuatu untukku. Mama Ambar bergegas pergi dengan meminjam motor salah satu pegawai. Setelah Erlangga  menunggu 30 menit, Mama Ambar datang dengan membawa kantong plastik besar yang isinya penuh.

BRAINWASH (COMPLETED)Where stories live. Discover now