•32 •Tabib Will

7.5K 1.4K 314
                                    

Jangan tanya udah berapa lama gue mewek sendirian di pinggir danau ini karna gue aja bahkan gak inget, kedua kaki gue tahu-tahu udah ngebawa gue ke tempat yang lumayan sunyi ini dan gue tentu aja memilih buat buru-buru duduk karna demi apapun gue capek banget. Rambut dan badan gue agak basah karna keringet, nafas gue juga ngos-ngosan kayak abis lari marathon buat lomba sekolah. Capek.

Padahal seinget gue, gue tadi tuh gak ada lari-larian dan lagi gue baru jalan sebentar aja. Tapi, bawaannya udah engap gitu. Mungkin karna sekarang yang gue bawa bukan diri gue sendiri melainkan bayi gue dan juga Richard, si calon pangeran. Hamil ngebuat gue jadi gak berani ngelakuin hal-hal yang berat, lagipula kagak boleh sama tuh Raja nyebelin.

Oke,

Inget soal si Richard gue jadi pengen marah lagi, kepengen teriak-teriakan lagi, kepengen ngomel dan ngedumel lagi sambil mewek sepuas-puasnya sampai hati jadi plong. Sumpah. Ini kali pertama rasanya gue senyesek ini, padahal cuma sekedar ngeliat si Richard yang berlaku manis sama orang lain. Gue juga nggak tahu sih, kenapa mereka berdua bisa keliatan akrab banget. Untuk sekarang gue gak peduli dan gak kepengen tahu soal itu, males. Gue cuma pengen teriak aja, sekenceng yang gue bisa.

Tapi, tentu aja gue harus jaga image gue sebagai Ratu baru di kerajaan ini. Gue harus jaga tutur kata dan sikap gue, nggak sembarangan kayak pas lagi di dunia gue. Kagak boleh lagi yang namanya marah-marah apalagi sampai kelepasan bersumpah serapah tentang si Richard yang nyebelin banget itu. Walau gue pengen banget ngegas, tapi gue cuman berakhir nyabut-nyabutin rumput di tanah dengan membabi buta.

Sesekali gue menggerutu pelan, ngoceh-ngoceh gak jelas abis itu berusaha buat ngatur nafas sambil mejamin mata supaya gak makin bablas marahnya. Tarik nafas dalem, buang pelan-pelan. Gue ngelakuin itu berulang kali, ngitung mundur juga. Kata Kai, kalau kita lagi marah yang sampai ke ubun-ubun marahnya tuh lebih bagus dibawa ngitung mundur. Abis itu senyum selama beberapa detik supaya marahnya berkurang. Ampuh sih, amarah gue mulai nurun.

"Sabar... sabar...." Gue ngebisik pelan, ngelus dada sambil angguk-anggukin kepala. "Nanti di kamar lo cubitin aja perutnya, terus lo remes dah tititnya sampai ngaceng terus lo tinggal pergi. Iya... lo balesnya nanti aja. Ayo sabar, sabar...."

Lama gue nyalurin semua kekesalan yang ada di dalem hati sampai gue akhirnya capek sendiri dan mutusin buat senderan aja di bawah pohon besar sambil ngelus-ngelusin perut gue yang berasa agak ketarik, kram gitu. Mungkin efek gue nahan dongkol dan ngedumel-dumel terus dartadi. Marah plus kesel kalau ditahan itu gak enak banget dah, berasa ketahan.

Berkali-kali gue ngatur nafas pelan, berusaha ngurangin supaya gak kian menjadi. Well yeah setidaknya gue harus bersyukur karna pemandangan di tempat ini bisa bikin gue sedikit lebih tenang, bikin gue sedikit lebih kalem. Hamparan tanah luas dengan rumput-rumput hijau nan segar, ada beberapa bunga teratai di atas danau yang nemenin para angsa. Udaranya sejuk dan gue mulai agak ngantuk karnanya.

"Ayahmu nyebelin...." Gue ngedengus, masih ngelus-ngelusin perut gue yang kerasa lebih besar. "Coba aja kalau dia berani begitu lagi di depannya Bunda, tidak ada ampun!" gerutu gue.

Eh?

Apaan sih.

Geli banget bgst masa manggilnya Ayah-Bunda.

Gue menggerutu lagi, tapi gak bisa nahan diri buat nggak senyum pas bayangin anak dalem kandungan ini lahir dan manggil kita berdua pakai sebutan itu. Dia pasti bakalan terlahir sebagai anak yang ganteng, pinter dan juga tegas kayak bapaknya. Dan gue berharap dia bakalan jadi Raja yang punya kemurahan hati yang berlebih kelak di masa depan, bisa ngejaga dan ngelindungin rakyatnya dengan baik kayak Ayahnya.

Juga gue berharap dia kagak nurunin sifat gue yang kadang masih suka bar-bar ini, kecuali kalau terdesak mah kagak ngapa dah.

"Eh?"

Gak lama, satu ekor angsa warna putih yang tadinya lagi berenang di atas air ngedeketin gue, bikin gue jelas kaget dan bersiap buat kabur. Takut dikejar. Tapi, nggak gue sangka dia malah kayak ngedusel-duselin badan gue gitu, mirip kayak kucing yang minta disayang-sayang. Kelopak mata gue kedip-kedip cepet, masih kaget dan gak percaya bisa nemuin angsa yang jinak kayak gini karna yang gue tahu kalo angsa itu cukup bar-bar sama manusia, suka ngejar cuy.

"Tidak perlu takut Yang Mulia Ratu, mereka tidak akan menyakitimu."

Suara seseorang yang gak familiar di kuping gue itu pun sontak bikin gue noleh, dapetin sosok cowok berbadan tinggi dengan kulit putih bersih lagi tersenyum manis ke arah gue. Cowok itu kelihatannya ramah dan rasanya gue pernah  ngeliat mukanya, cuma gue rada lupa. Dia ketawa sebelum ngasih salam hormat seperti yang lainnya, bersimpuh sebentar. "Maaf atas kedatangan hamba yang tiba-tiba ini, Yang Mulia Ratu. Perkenalkan, hamba adalah tabib di istana ini, William Jordav," kata dia mulai memperkenalkan dirinya, kembali tersenyum ramah dan seketika gue  inget.

Bener.

Cowok dengan bola mata kehijauan itu yang terakhir kalinya meriksa kandungan gue, sekitar dua hari yang lalu kalau gak salah. Dia punya tinggi yang hampir sama kayak si Richard, beda tipis aja. Rambutnya kehitaman, kulitnya putih bersih dan hidungnya mancung. William kayak bule banget, gue suka matanya. Keliatan jernih dan enak banget pas dipandang, bikin adem kalau diliat lama-lama. Ekhem. Gue bukan bermaksud mau berpaling dari si Richard, toh gue cuma sekedar muji doang kagak ada maksud lain.

Gue berdehem pelan terus ngangguk sok ngerti, bales natap dia setelah sebelumnya gue minta buat kembali berdiri dan ngangkat kepalanya. Kita saling tatapan dan dia kembali minta ijin buat duduk tepat di sebelah gue. Tentu, gue ngeiyain juga karna sejak tadi gue emang ngerasa kesepian, gak ada yang nemenin gue ngedumel dan kagak ada yang bisa gue jadiin tempat pelampiasan rasa kesel gue. Masih rada ngedongkol gue tuh kawan.

"Apa yang sedang Yang Mulia Ratu lakukan di tempat ini sendirian? Ah, maaf. Apa kau baru saja menangis?"

Gue ngedip cepet, spontan ngusapin kedua pipi gue sendiri karna takut masih ada sisa-sisa air mata yang nempel di pipi. "Kok lo ta-maksudnya, kenapa kau tahu?" tanya gue, rada deg-degan karna demi apapun gue paling gak suka kalo ada orang yang liat gue pas lagi nangis.

"Ada jejak-jejak air mata di pipimu, Yang Mulia."

"Itu cuma kelilipan."

Jawab gue cepet, berusaha buang muka menghindari tatapannya. Tapi, gue kaget begitu William tiba-tiba ngusap sebelah pipi gue setelah sebelumnya minta maaf buat yang kesekian kali. Gue ngerjap cepat pas dia ngasih gue senyum. "Seseorang yang tengah hamil tidak dianjurkan untuk memikirkan banyak hal, Yang Mulia Ratu. Anda tidak boleh stres ataupun semacamnya," Dia mulai ngejelasin, masih dengan ngasih senyuman lembut. "Kesedihan yang dirasakan oleh Ibu akan dirasakan juga oleh bayi yang ada di dalam kandungannya, itu akan berpengaruh untuk kesehatan."

Ah, jadi ini alesan perut gue rada sakit?

Bibir bawah, gue gigit pelan. "Ta-tadi perutku terasa sedikit sakit, apa itu tidak apa-apa?"

"Apa sakit sekali?"

Gue geleng-geleng cepet.

"Kalau begitu ijinkan hamba memeriksanya sebentar."

Kepala gue ngangguk-ngangguk, gak ngejawab lewat kata-kata. Gue cuma ngebiarin dia buat meriksain perut gue karna memang gue udah percaya sama dia, tabib istana. Lagipula perut gue masih agak nggak nyaman dan ngedenger penjelasannya itu tadi ngebuat gue jadi takut dan ngerasa bersalah, harusnya gue nggak perlu sampai ngedumel-dumel gak jelas buat masalah kecil. Gue jadi takut dan khawatir bayi di dalem perut gue kenapa-napa karna ulah gue barusan.

Tapi,

Baru aja ujung jemari tangannya si William hampir nyampai ke perut gue, tiba-tiba suara berat seseorang ngebuat kita kaget dan refleks noleh barengan,

"Apa yang tengah kau lakukan pada Ratuku itu, Tabib Will?"

--tbc.

Masih setia menunggu cerita ini?

Btw, negeri asal Richard tuh bukan negeri yang modelan kayak negeri jaman baheula ya. Bukan kayak majapahit astaga, ini kayak model kerajaan era victoria gituu dan aslinya makai bahasa inggris juga tentunya. Kemaren sempet ngakak ada yang bilang, "emang ngerti kata i love you?" semacam itu. ya atuh ngerti, nama mereka aja nama latin semua :"

Oke intinya gitu.

Kritik dan saran? Silakan. Semoga suka ya 😘

Voment? Sankyuuuu 😘❤️

raja chanyeol •chanbaek• [END]Where stories live. Discover now