1. Post Partum Depression

637 65 13
                                    

Sedikit reading guide supaya baca ceritanya enak 😅

Cerita ini masih aku tulis menggunakan POV 1, tapi karena disini pihak pertama nya gak cuma satu orang, jadi di awal cerita aku mau ngasih character sign supaya tau disini yang lagi bicaranya siapa.

🦕: Dejun

🌱: Hanifa

🌱: Hanifa

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


🦕🦕🦕🦕🦕

Setelah ibu mertua gue pulang, gue sebenernya agak khawatir dan bingung sekarang. Ada mungkin kurang lebih sebulan kita di rumah dibantuin Mama nya Hanifa buat ngurus baby. Sodara-sodara gue juga pada dateng buat nengokin dan ngasih selamat.

Waktu itu gue tenang-tenang aja karena Hanifa banyak temen ngobrol dan yah, dia gak sendiri. Tapi sekarang di rumah udah sepi lagi, tinggal kita bertiga sama mungkin dua asisten yang bantu beresin rumah.

Kekhawatiran gue itu bukan karena gak percaya Hanifa bisa ngurus baby, tapi yang gue khawatirin itu adalah post partum depression. Yup, kejadian yang 80% di alami perempuan yang udah melahirkan. Gue sangat khawatir Hanifa adalah salah satu dari 80 persen itu.

Riwayat medis dia yang pernah kena anxiety attack sebenernya bisa jadi peluang besar Hanifa mengalami ini. Sejak minggu kemarin gue udah nanya sama senior di Psikiatri tentang sindrom ini, tapi sekarang Hanifa gak di anjurkan minum obat penenang karena dia harus nyusuin baby.

Tapi gue takut. Gue takut Hanifa tiba-tiba kena serangan panik.

"Yang tolong pegangin baby, bahu aku sakit." Hanifa dateng dari kamar sambil gendong baby sampai bahu nya miring-miring. Gue kasian liat dia struggle banget tapi gue yakin dia pasti bakalan terbiasa.

Gue ajak baby interaksi karena ternyata dia gak tidur. Sorot mata dia belum begitu tajam karena di usianya yang baru sebulan, dia masih harus mempelajari banyak hal, termasuk beradaptasi.

Di samping gue, Hanifa mengaduh sambil mijitin bahu nya. Gue gak ngerti, emang sesakit itu nahan beban bayi yang bahkan beratnya masih kurang dari lima kilo ini. Tapi gue gak berani nanya, takut dia tersinggung.

"Sakit banget, Yang?" Gue khawatir sama dia tapi tangan gue susah karena lagi megangin baby. Akhirnya gue dorong ranjang baby dari kamar, biar dia ngalah dulu karena gue harus ngurusin Bunda nya.

"Sini mana aku liat?" Gue angkat sedikit baju nya sambil ngerasain bahu dia yang sekarang tegang banget.

"Tegang banget, sih? Coba rileks aja, nanti leher kamu ikutan tegang ntar pusing." Gue usap pelan-pelan otot bahu nya.

"Sakit, Yang." Lah gue bingung, emang sesakit itu? Sejak awal ngelahirin, Hanifa emang ngeluh terus sakit bahu. Gue kira karena dia belum terbiasa, tapi ini kan udah ada sebulan.

Gue terus kasih pijatan halus biar ototnya agak rileks. Tapi gue jadi inget sesuatu ketika tangan gue nyentuh bahu bagian belakangnya. Gue jadi inget kalo Hanifa punya bekas luka disana.

"Kepalin tangannya coba, sekuat yang kamu bisa." Gue pegang kepalan tangan dia buat tau segimana kuatnya dan ternyata emang gak sekuat itu.

"Lemes banget bukan?" Orang yang gue tanya ngangguk terus tiba-tiba nangis histeris.

Ini yang gue khawatirin. Kemarin Hanifa masih biasa aja karena masih ada yang nemenin, tapi sekarang cuma ada gue aja.

"Hei, hei..udah gapapa." Inikah yang disebut mood swing?

"M,maafin aku." Gue rengkuh badannya karena dia pasti butuh ketenangan. Gue peluk dia sambil ngasih kode ke asisten di rumah buat bawa baby ke kamarnya.

"J,jun..baby kenapa? baby gak kenapa-napa kan?"

"Engga Sayang, engga kok. Mbak Inah cuma mindahin baby ke kamar, biarin baby tidur dulu sebentar ya?"

Gue bisa ngerasain telapak tangan Hanifa dingin dan jantungnya berdetak hebat. Sepanik itu kamu, Sayang?

Diem-diem gue jadi ikutan nangis karena perjuangan dia seberat ini. Salah banget kalo gue sampai gak memprioritaskan dia diatas segalanya.

Tiap bulan dia haid, terus yang sembilan bulan hamil juga dia, yang kesakitan dia juga, dan yang bertaruh nyawa melahirkan pun, dia juga. Keterlaluan kalo gue gak normalizing semua penderitaan yang dia rasa.

"Kasih tau aku, Sayang. Kasih tau aku harus gimana?" Gue bener-bener buntu, gak tau apa lagi yang harus gue lakukan buat meringankan kesakitan dia.

"Jangan pergi. Dejun, kamu jangan pergi-pergi lagi. Tolong, tolong temenin aku."

Dari dalam pelukan gue, Hanifa masih terengah-engah. Pelukan dia makin erat, pertanda kalau dia emang sepanik itu. Dia bener-bener mengkhawatirkan sesuatu yang sebenernya gak perlu dia khawatirkan. Entah apa pemicu yang bikin dia sampai ketakutan kayak gini.

"Iya, iya aku disini." Sejenak Hanifa gak bersuara dan cuma isakan dia aja yang gue denger sekarang.

Sambil bergumam sedikit lagu yang gue pake buat melamar dia waktu itu, perlahan gue mulai merasakan napas dia semakin teratur. Tubuhnya kembali menghangat, dan lambat laun tubuh dia terkulai lemas di dalam dekapan gue.


Hanifa, mana mungkin aku ninggalin kamu sementara kamu udah mempertaruhkan segalanya demi aku bisa menyandang status sebagai Ayah.



Makin sini, aku makin merasa keinginan terbesarku gak ada artinya dibanding perjuangan kamu untuk mewujudkan keinginan aku ini.

***

Bagaimana bagian pertama nya? 😅

After EnigmaWhere stories live. Discover now