#Stephen Hillenburg#

1.5K 108 6
                                    

Kreator Kartun Spongebob Squarepants, Stephen McDannell Hillenburg yang rupanya adalah mantan gurus biologi kelautan. Kemudian pindah ke televisi dan bekerja di acara Rocko's Modern Life dan menciptakan Spongebob Squarepants.

Lahir pada tanggal 21 Agustus 1961 di Lawton, Oklahoma, Amerika. Hillenburg pindah ke Orange County, California ketika berumur satu tahun.

Hillenburg menikahi Karen Umland, seorang koki California Selatan. Memiliki anak tunggal bernama Clay.

Dia dikenal secara informal sebagai "Steve" di antara keluarga, teman, dan penggemarnya. Menurut rekan-rekannya, Hillenburg adalah "seorang yang gila kerja perfeksionis". Ia juga dikenal karena sifat pribadinya. Julia Pistor, co-produser The SpongeBob SquarePants Movie, mencatat bahwa Hillenburg "sangat pemalu". Dia melanjutkan dengan mengatakan, "Dia tidak ingin orang tahu tentang kehidupan atau keluarganya. Dia hanya seorang pria yang benar-benar lucu, sederhana dengan selera humor yang kering yang mengutamakan keluarganya dan membuat kita tetap berada di ujung jari kita. dalam menjaga integritas perusahaan kami." Hillenburg berkata tentang dirinya sendiri, "Saya membuat animasi karena saya suka menggambar dan membuat sesuatu. Saya tidak punya minat nyata untuk tampil di kamera atau menjadi selebritas. Bukannya saya tidak suka orang, tapi saya suka memiliki privasi saya."

Film Spongebob pertama kali ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat. Film Spongebob dinaungi oleh perusahaan United Plankton Pictures Inc. Spongebob Squarepants sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa, termasuk di Indonesia. Hampir 250 episode Spongebob Squarepants telah ditayangkan.

Hillenburg juga menulis, memproduksi dan menyutradarai Film SpongeBob SquarePants 2004, yang menghasilkan $ 140 juta di seluruh dunia.

Selain dua Penghargaan Emmy dan enam Annie Awards untuk SpongeBob SquarePants , Hillenburg juga menerima pengakuan lain, seperti penghargaan dari Heal the Bay untuk upayanya meningkatkan kesadaran kehidupan laut, dan Penghargaan Animasi Televisi dari National Cartoonists Society.

Pada Maret 2017 ia telah didiagnosis menderita penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Stephen Hilleburg dikabarkan telah meninggal dunia pada usia 57 tahun. Pada Rabu, 26 November 2018 dini hari. Penyebab langsung kematian adalah gagal jantung karena penyakit ALS.

"Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah pertempuran dengan ALS. Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai dan rekan sekian lama yang kreatif untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami pergi ke seluruh keluarganya," tulis Nickelodeon dalam keterangan resminya.

"Steve memberikan SpongeBob SquarePants dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana-mana. Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas. " tulis Nickelodeon.

SpongeBob QuotesWhere stories live. Discover now