4. "Makasih, Azzam."

58K 5.5K 320
                                    

Double update 💃

Dari kota mana aja niihh yang baca Azzam???

Sini absen duluuu, sapa tau tetanggaan hohoho

Selamat membacaaa & semoga bermanfaat ✨




Percayalah, Allah selalu mengabulkan setiap do'a baik yang kamu langitkan. Jika memang di dunia tak kunjung kamu dapatkan, maka di Syurga Allah pasti akan berikan.

Dan ingatlah, bahwa Allah lebih tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Yang kamu inginkan, belum tentu yang sebenarnya kamu butuhkan.

✨✨✨

Pagi ini, langit menjatuhkan berkahnya yang berupa air hujan yang mirisnya tidak jarang membuat para manusia mengeluh. Padahal, apabila Allah memberi nikmat hujan, dianjurkan bagi seorang muslim dalam rangka bersyukur kepada-Nya untuk membaca do’a.

Diriwayatkan dalam Shahih al-Bukhâri, saat melihat hujan, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam mengucapkan:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نافِعاً

“Duhai Allah, turunkanlah pada kami hujan (lebat) yang bermanfaat.”

Beliau membaca doa tersebut hingga dua atau tiga kali. Rasulullah juga berpesan untuk memanfaatkan hujan sebagai momen berdoa karena dalam rentang waktu itu termasuk saat-saat mustajab. Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam bersabda:

اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ

“Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”

Di antara keberkahan dan manfaat hujan adalah manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan sangat memerlukannya untuk keberlangsungan hidup, sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. Al Anbiya’ (21) : 30)

Sungguh sangat disayangkan sekali, setiap orang sudah mengetahui bahwa hujan merupakan nikmat dari Allah, namun, ketika hujan dirasa mengganggu aktivitasnya, timbullah kata-kata celaan, Aduh!! hujan lagi, hujan lagi.

Perlu diketahui bahwa setiap yang seseorang ucapkan, baik yang bernilai dosa atau tidak bernilai dosa dan pahala, semua akan masuk dalam catatan malaikat. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf [50] : 18)

Sesungguhnya karena lisan seseorang bisa terjerumus dalam jurang kebinasaan. Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbicara dengan Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu.

« أَلاَ أُخْبِرُكَ بِمَلاَكِ ذَلِكَ كُلِّهِ ». قُلْتُ بَلَى يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ فَأَخَذَ بِلِسَانِهِ قَالَ « كُفَّ عَلَيْكَ هَذَا ». فَقُلْتُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ وَإِنَّا لَمُؤَاخَذُونَ بِمَا نَتَكَلَّمُ بِهِ فَقَالَ « ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ يَا مُعَاذُ وَهَلْ يَكُبُّ النَّاسَ فِى النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ أَوْ عَلَى مَنَاخِرِهِمْ إِلاَّ حَصَائِدُ أَلْسِنَتِهِمْ ».

Azzam [Republish]Where stories live. Discover now