1. Azzam Lais Leonardi

158K 7.2K 525
                                    

Ciyeeee baca ulaaaang wkwk

Ramein yaaah ✨

Selamat membaca ❤







"Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga."
(HR. Muslim no. 2674)

✨✨✨

Azzam Lais Leonardi adalah salah satu siswa dari SMA Negeri di Jakarta. Tahun ini, ia bersama seluruh teman seangkatannya sudah naik ke kelas tertinggi, yakni kelas dua belas. Azzam berada di jurusan IPS. Nilai tertinggi yang diraihnya adalah pelajaran bahasa inggris dan ekonomi. Dan nilai terendah yang didapatnya adalah dalam pelajaran ilmu agama. Azzam bahkan belum hapal seluruh bacaan shalat.

Di sisi lain, Azzam adalah lelaki yang humoris, mudah bergaul, royal, atau lebih tepatnya boros karena sering menghamburkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak ia butuh. Kerap kali, ia membeli sesuatu hanya karena gengsi dan keangkuhannya.

Azzam memiliki dua orang sahabat. Namanya Darwin dan Kemal. Kedua orang itu tentu sebelas dua belas dengan Azzam. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihiwassalam:

الرَّجُلُ عَلَى دِيْنِ خَلِيْلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

"Seseorang itu menurut agama teman dekat atau sahabatnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat dengan siapa ia bersahabat." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 927)

Karena setiap teman meniru temannya.
Bila siapa saja berada pada suatu kaum, maka bertemanlah dengan orang yang terbaik dari mereka. Dan janganlah berteman dengan orang yang rendah atau hina, karena kamu akan hina bersama orang yang hina.

Untuk itu sebaiknya perhatikan baik-baik dengan siapa kamu berteman.

Ingatlah, berteman dengan orang yang tidak baik agama, akhlak, sifat, dan perilakunya akan memberikan banyak dampak yang jelek bagi kita. Contohnya, berteman dengan orang-orang yang suka ghibah, akan membuat kita terkena dosanya meski hanya sekedar mendengarkan saja.

Ada yang mengatakan, harus saling terima apa adanya. Tapi, itu bukan berarti kita menerima segala keburukan yang membawa dampak buruk bagi kehidupan akhirat kita kelak. Jika tidak bisa mendapatkan teman yang baik, maka sebaiknya kita lah yang mengingatkan kebaikan kepada mereka.

Ingatlah, "Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga." (HR. Muslim no. 2674)

Mari kita kembali ke Azzam. Lelaki itu memiliki rambut hitam kecoklatan.

Fakta lainnya, Azzam merupakan anak pertama dan satu-satunya dalam keluarganya. Ia adalah anak semata wayang dalam keluarga Leonardi. Tapi, sebelum membahas lebih jauh mengenai keluarganya, mari kita lihat sebagian kesehariannya di sekolah.

Hari ini, seperti hari biasa bagi Azzam. Ia berangkat dengan motor hitam kesayangannya yang diberi nama Zayn Malik. Sudah jelas kalau Azzam merupakan penggemar dari vigur tersebut.

Sebelumnya, sudah diinfokan kalau dirinya masuk dalam kelas IPS 2. Sebenarnya, libur sekolah sudah usai sejak satu minggu yang lalu, namun Azzam baru bisa masuk hari ini karena ia menambah hari liburnya sendiri di Singapur bersama para sepupunya. Baiklah, itu hal biasa bagi Azzam. Slogan hidupnya adalah, hidupnya harus seperti apa yang dia inginkan. Dan sejauh ini, semuanya berjalan dengan baik. Itu karena harta melimpah milik keluarganya. Padahal, segala yang dipunya oleh menusia, bisa direnggut detik itu juga. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala yang ada di dunia.

Azzam [Republish]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang