Penjabaran Fakta dalam Menulis Fiksi by Hanny Dewanti

731 45 4
                                    

Bulan Mei kita memasuki tema besar Mistery Box. Dalam tema ini kita akan membahas genre-genre misteri, thriller, suspense, pokoknya yang tegang-tegang, deh. Yang breathtaking dan bikin pembaca jadi susah tidur malam.

Dalam membuat cerita bergenre ini, biasanya penulis akan disibukkan juga dengan mengungkap fakta-fakta agar cerita jadi puzzle utuh dan tidak ada plot hole. Sayangnya, jika tidak memiliki keahlian dalam mengolah kata, fakta yang disajikan bisa jadi seperti artikel. (Apalagi kalau aslinya lebih suka nulis artikel ketimbang fiksi).

Inilah kenapa beberapa ilmuwan menggandeng penulis fiksi untuk membuat science yang ingin ditampilkannya menjadi fiksi yang cantik.

Lalu, bagaimana membuat penjabaran fakta agar cerita kita bisa tetap menarik tanpa berkesan kaku dan patah?

1. Masukkan data ke dalam dialog dan diskusi tokoh di dalamnya.

Ini dipakai Dan brown dalam berbagai karyanya. Masih teringat jelas bagaimana Teabing mengupas tentang Knight of templar dalam diskusinya bersama Langdong, bukan?

2. Masukkan sudut pandang tokoh terhadap data atau masalah yang dihadapi agar pembaca menilai benar dan salahnya sendiri.

3. Jelaskan dalam narasi yang tidak berbelit.

4. Kata Bang Tere Liye, kalau kamu tidak bisa meyakinkan pembacamu, sekalian saja bingungkan mereka. Maksudnya membingungkan pembaca dalam artian scifi yah. Pembaca jadi berpikir, "ini fakta atau bukan sih?"

Bukan bingung karena plot hole-nya kebanyakan  ^^;

Nah, apa kalian punya tips and trik sendiri?
Yuk diskusi di kolom komentar  :)

Serba-Serbi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang