Genre Dark Romance

3.3K 135 4
                                    

Dark romance ini agak susah nyari referensi berbahasa Indonesia yang klop di hati—mungkin karena belum begitu dikenal di Indonesia, jadi, saya ngambil poin-poin berikut dari https://www.kirkusreviews.com/features/smart-bitches-trashy-books-dish-behind-dark-romanc/, sementara contohnya saya kira-kira sendiri. Tolong koreksi jika salah.

"Romance yang menonjolkan kesuraman dan ketidakbahagiaan, baik itu dari segi tokoh maupun keadaan di sekitarnya."
Contohnya bisa dilihat pada film Stonehearst Asylum (adaptasi bebas cerpen Edgar Allan Poe; The System of Doctor Tarr and Professor Fether). Film ini bercerita tentang dokter magang di rumah sakit jiwa yang jatuh hati pada pasien wanita yang menurutnya manusia paling waras di antara semua penghuni, lalu mengalami berbagai hal kelam dan 'busuk' di sana.

"Menonjolkan kegagalan, misteri, kegelapan, kejahatan, pergulatan emosi dan moral sehingga tokohnya berada dalam posisi yang lebih buruk dari sebelumnya dan masih sangat jauh sekali dari 'bahagia selamanya'."
Ini saya kurang yakin, tapi saya punya novel berjudul Dan Hujan pun Berhenti. Novel ini tidak recommended. Saya agak menyesal membelinya, tertipu oleh quote di sampul depannya. Mungkin..., mungkin novel ini bisa masuk dark romance juga.

"Ketika cinta tidak bisa menyelamatkan."
Menurut saya, film Romeo + Juliet (1996) bisa dikategorikan dark romance, mengingat kematian yang akhirnya bisa menyatukan mereka selamanya.

"Berat, sangat emosional."

"Penuh twist, kecemasan, berat, emosi yang mendalam."
Sekali lagi, film Stonehearst Asylum. Recommended.
Oya, pernah nonton video musik Lyn dan Leo VIXX yang judulnya Blossom Tears. Itu bisa jadi juga dark romance.


Penyusun: Resti Ningsih 


Serba-Serbi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang