Tentang KANOI (Komunitas Novel Online Indonesia)

15.1K 1.4K 74
                                    

KANOI adalah singkatan dari Komunitas Novel Online Indonesia. Komunitas ini didirikan tahun 2015 lalu, melalui fasilitas grup facebook. Hingga kini, anggotanya sudah mencapai kira-kira enam ribu lebih. Alhamdulillah, Puji Tuhan ... anggota-anggota ini terus bertambah setiap minggunya. Ini menandakan bahwa sebenarnya masih ada penulis dan pembaca yang peduli dengan dunia literasi, khususnya webnovel yang semakin berkembang di dunia maya.

Alkisah, suatu hari ... Seorang MinWar membeli buku dengan label "TELAH DIBACA ... JUTA KALI". Buku ini terbitan salah satu penerbit besar. Namun, isinya sungguh mengecewakan, seakan-akan tidak diedit sama sekali. Belum typo, belum cerita yang berantakan, bonus lagi POV-nya benar-benar nggak jelas. Kesan yang didapat adalah buku itu buku seenak udelku dewe (suka-suka gue, yang lain bodo amat).

Dari sini, muncul satu keprihatinan bahwa suatu saat penulis tidak akan lagi peduli pada kualitas karya, apalagi peduli untuk mengasah kemampuan diri. Untuk apa belajar? Toh dengan meninggalkan komentar disertai kalimat, "Minta vote-nya, dong," sudah cukup. Untuk apa belajar, kalau dengan cerita menjual mimpi terbungkus fantasi seks, sudah bisa menjadi cerita yang disukai jutaan pembaca? Untuk apa belajar, kalau dengan iming-iming "JUTAAN KALI DIBACA" dan "BANYAK FOLLOWERS" sudah bisa menjual buku dengan mudah?

Bagaimana kalau keadaan ini terus dibiarkan? Bukankah dengan begitu, pembaca yang akan rugi? Seperti penonton televisi yang kini hanya bisa menikmati tayangan alakadarnya, demikian juga nasib pembaca suatu saat nanti. Bisa jadi, suatu saat tidak akan lagi ada penulis yang mau bersusah payah menghasilkan karya terbaik. Bisa jadi, suatu saat buku-buku yang beredar jadi bak sinetron yang diproduksi alakadarnya.

Toh jelek juga laku. Yang penting ngetop, gitu... lho.

Ngenes, kan?

Para MinWars (Admin Warriors) di sini bukanlah siapa-siapa. Kami hanya para penulis yang kebetulan memiliki kepedulian di bidang ini. Karena itu, dari awal ... kami berkomitmen untuk memberi semua pengetahuan yang kami punya secara cuma-cuma. Bila ada kesempatan, kami juga mengundang penulis dengan jam terbang tinggi dan pengalaman untuk berbagi.

Baik MinWars maupun memberdeul, semua sama-sama belajar.

Tujuan kami hanya satu: mengajak kawan-kawan penulis, baik itu penulis baru, maupun penulis senior, bersama-sama menjadi penulis-penulis berintegritas. Kami ingin membangun sebuah komunitas yang damai, penuh aura gotong royong, dan persahabatan. Kami ingin penulis-penulis yang bergabung menjadi penulis yang terus bertumbuh, menghasilkan karya yang semakin baik.

Siapa yang akan menghibur pembaca, kalau bukan penulis? Siapa yang akan berbagi ilmu dengan pembaca, kalau bukan penulis? Siapa yang akan membantu pembaca menemukan inspirasi untuk memecahkan masalah, kalau bukan penulis?

Penulis adalah penggerak peradaban.

Mari berjuang, Para Penulis Indonesia!

Perubahan dunia ada di makna kata-katamu.

Kekekalan ada dalam tulisanmu.

Tim MinWars

Serba-Serbi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang