Kamu Perlu Tahu

363 23 22
                                    

Mengenal orang lain adalah sebuah kecerdasan, mengenal diri sendiri adalah kebijaksanaan yang sebenarnya. Menguasai orang lain adalah sebuah kekuatan, menguasai diri sendiri adalah kekuasaan yang sebenarnya.

(Sun Tzu)


Kenapa kamu bisa tersenyum? Kamu perlu tahu itu. Kenapa kamu bisa menjadi murung? Kamu perlu tahu itu. Kenapa kamu bisa menangis? Kamu perlu tahu itu. Kenapa kamu bisa merasa bahagia? Kamu perlu tahu itu.

Apapun yang terjadi dalam dirimu, kamu perlu tahu itu. Apapun hal yang telah berlalu dan sedang terjadi saat ini di hidupmu, kamu perlu tahu itu. Pikiranmu, perasaanmu, tentangmu, kesukaanmu, hal yang tidak kamu suka, kelebihan dan kekuranganmu. Semua itu, kamu perlu tahu.

Orang-orang hebat, para pemimpin yang penuh dengan kebijaksanaan di luar sana terlahir dari sosok-sosok manusia yang mengenal dirinya dengan baik, menguasai dirinya dengan baik. Mereka terlahir dari banyak usaha, doa serta pengorbanan tanpa henti.

Mereka tidak pernah membiarkan dirinya dipenuhi dengan fenomena-fenomena dunia yang tak memiliki arah tujuan yang pasti lagi jelas. Mereka selalu melatih diri mereka dengan penuh tanggung jawab, entah itu melatih keterampilan, membina diri agar disiplin. Mereka mendidik diri mereka dengan adab dan ilmu dengan penuh kesadaran dan sabar.

Orang-orang berhasil dan sukses di luar sana, tidak pernah mau menyerahkan diri mereka dengan mudahnya. Pada kekuasaan, kesenangan, dan hal-hal mengkilau lainnya yang hanya memperbudak diri mereka. Mereka memiliki prinsip dan pendirian yang kuat lagi mengakar.

Mereka tidak pernah membiarkan diri mereka kosong, terombang-ambing tak jelas mengikuti arus kehidupan. Mereka tak mudah dihasut dan dipengaruhi. Mereka memiliki banyak aturan untuk diri mereka sendiri, betapa disiplin dan tegasnya mereka.

Setelah kita belajar melihat dan mendengar suara hati. Langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah menggali rasa dan hasrat ingin tahu yang besar pada diri sendiri. Untukmu yang sudah berada di tahap ini. Selamat! Kamu telah berhasil melangkah lebih cepat.

Dan untukmu yang belum berkeinginan untuk banyak tahu soal dirimu sendiri, mari bersama kita tumbuhkan hasrat itu di sini. Ingat! Dengan rasa ingin tahu yang besar pada suatu hal, itu akan menumbuhkan kecerdasan memori otak dan memori otot kita secara sadar.

Manusia mempunyai 2 jenis memori, yaitu memori otak dan memori otot. Memori otak akan membuat kita tahu dan mengerti, memori otot akan membuat kita tidak sekedar berdiam diri.

Karena rasa ingin tahu yang besar itulah kita akan mengetahui dan mengerti tentang banyak hal, berkat pengetahuan dan pemahaman memori otak, memori otot kita akan memberi respon berupa pergerakan nyata. Kita akan bertindak, melakukan banyak hal secara nyata. Bukan sekedar di mulut semata.

Reaksi tersebut sama halnya dengan ketika kita ingin banyak tahu tentang diri kita sendiri. Semakin kita mengetahui dan memahami diri sendiri. Akan semakin mudah kita bergerak dan bertindak. Kita tidak mau menunggu, karena menunggu hanya akan membuat kita menua dan kehilangan bagian dari hidup kita secara sia-sia.

Jangan pernah mau menunggu untuk mengenal dan tahu soal diri kita sendiri. Karena, kenyataannya apa yang terjadi pada hidupmu benar-benar ada pada tanganmu sendiri. Jadi, sudah tentu dengan mengetahui banyak hal tentang diri sendiri amatlah berguna dan penting.

Ketika kamu belajar untuk mengetahui banyak hal tentang dirimu, bukan berarti kamu tidak perlu tahu banyak hal di lingkungan sekitar atau hal-hal apa saja yang sedang terjadi saat ini. Mengenal diri sendiri dengan baik amatlah berbeda dengan egoisme apalagi individualistik.

Ini Semua Tentangmu | TELAH TERBITWhere stories live. Discover now