Kenapa Selalu Gini?

92 8 5
                                    

Ok, jadi kemarin (20/06), aku terima raport. Yaaa, alhamdulillah hasilnya bagus, cuma aku ngga puas sih sama hasilku sendiri. Wait, no. Ralat: belum.

My mom promised if I got rank in my class—which is I'm not—I will go to Bali for the rest of my holiday. Targetnya sih, 5 besar. But unfortunately, aku ada di peringkat 6. So, I'm not going to Bali (MAAFIN AKU YA ANGGI DUH AKU JUGA BINGUNG INI PENGEN BANGET KE BALI DAN MELUK KAMU).

Ok, let's jump to the real topic.

Hari ini (21/06), daftar ulang di sekolah buat kelas XII (yeah, time flies so fast). Setelah daftar ulang, aku langsung pulang naik angkutan umum. Duduklah aku di halte buat nunggu angkutannya. Di halte, ada kakek-kakek tua gitu yang tiba-tiba ngajak ngomong.

Nggak, ini bukan rekayasa kaya yang ada di fanfic tiba-tiba ketemu kakek tua banget dan dikasih pencerahan. Nggak, hidupku nggak se-dramatis itu.

Jadi kurang lebih kaya gini,

Kakek: Mau nyebrang, mbak?

Dy: Oh nggak, mau nunggu angkutan, pak.

Kakek: Oh gitu, mbaknya kuliah dimana?

And then I was like.. Emang muka aku setua itu ya?

Jadilah aku jelasin kalo aku baru aja daftar ulang. Mungkin kayanya kemana-mana aku harus pake seragam putih abu-abu ya biar ngga dikira anak kuliahan.

Skip, and move on.

Pas udah di angkutan umum, ada empat nenek-nenek tua keturunan Cina gitu lagi rumpi pake bahasa kanton (kayanya sih, I'm not sure kalo itu bahasa kanton atau mandarin). Tiba-tiba di tengah jalan salah satu dari mereka yang kebetulan berhadapan sama aku ngajak ngomong.

Nggak, dibilangin ini bukan fairytale yang kalo diajak ngomong sama nenek-nenek atau kakek-kakek terus bisa dapet keajaiban atau pencerahan.

Ok, jadi gini percakapannya,

Nenek: Mau pulang ya, ce? (oke, aku masih bisa tolerir kalo dia panggil aku cece karena yaaa, biasanya orang Cina gitu)

Dy: Iya. (coba kasih senyum disini)

Nenek: Kuliah dimana, ce?

WHAT THE...

Dengan bangganya aku jawab sambil senyum nahan ketawa, Oh di Universitas Brawijaya.

Padahal daftar aja belum. Tau gimana rasanya UN aja belum.

Kenapa selalu gini?

It's like, having an awkward convo with one of your family. Mungkin tante, atau nenek, atau siapalah kalo ketemu pas ada reuni keluarga, biasanya mereka pada tanya, "kemana nih pacarnya? Kok ngga dibawa kesini?" atau kadang, "kapan wisudanya?"

Iya ngga, sih? Pernah ngga kaya gitu?

Again, kenapa selalu gini?

JournalWhere stories live. Discover now