REKOMENDASI MATERI BUKU PUISI

296 28 62
                                    

Tahun lalu 2016 saya berhasil "meminang" satu eksemplar buku materi puisi umum, tulisan Prof. Sapardi Djoko Damono di toko buku dengan mahar 60 ribuan. Judulnya: Bilang Begini Maksudnya Begitu. Malamnya saya merasa senang sekali punya "pacar baru" buat mengisi rak buku yang ^#8*2*$7&3* banya buku belum terbaca. Sebenarnya senang karena pada saat itu saya menemukan materi-materi puisi yang pembahasannya dijelaskan secara umum, berbalik dengan yang sebelum itu saya alami, saya belajar materi puisi dari teori-teori sastra yang rumit.

Buku ini merupakan buku yang bagi saya pribadi memang disengajakan oleh penulisnya supaya dapat dikonsumsi oleh maysrakat umum. Di samping itu, buku ini tidak hanya ditujukan kepada khalayak penulis puisi melainkan juga kepada setiap insan penyuka puisi. Jadi, bagi saya buku ini adalah pegangan "wajib" bagi pembaca dan penulis puisi. Sebab apa? Sebab buku ini adalah penghantar umumnya sebelum masuk kedalam teori-teori sastra yang lebih kompleks.

Buku ini sangat jauh dari kesan "teori sastra" yang saklek, rumit dan njlimet. Buku ini sangat santai, bahkan saya pikir Siswa/i SMP sanggup untuk menangkap informasi yang diberikan oleh penulisnya. Kemudian, tema-tema yang diangkat oleh Prof. Sapardi adalah hal-hal yang sangat fundamental (mendasar).

Contohnya di buku tersebut penulisnya menjelaskan secara umum mengenai apa keterkaitan antara bunyi dan puisi, kemudian visualisasi puisi sepertihalnya perbarisan-perbaitan-pembabakan. Dan, penulisnya juga menyempatkan diri untuk menjelaskan pengertian puisi itu sendiri yang "konon" sering diperdebatkan oleh sastrawan akademis dan praktis.

Selanjutnya ada beberapa model puisi yang dibahas di dalam buku tersebut. Secara kategoris ada dua model puisi yang dibahas yakni puisi lama dan puisi modern. Sehingga pembahasan terhadap dua model puisi tersebut saya kira sangat memberi informasi kepada khalayak umum.

Buku ini sangat saya rekomendasikan kepada pembaca di sini yang baru memulai mempelajari menulis dan membaca puisi sebab sangat mudah dipahami, kemudian tema-tema pembahasannya adalah hal yang umum dan buku ini tidak langka, dengan kata lain mudah didapatkan di toko buku terdekat.

Di bawah ini adalah gambar sampul bukunya. Ingat jangan salah beli! 😀

 Ingat jangan salah beli! 😀

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

(Bukan yang ini ya Guys!)

Tapi yang ini:

Selamat belajar! 😀😁

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Selamat belajar! 😀😁

KLINIK PUISI (Semoga Lekas Kambuh)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang