4. Eleanor & Park by Rainbow Rowell

2K 82 30
                                    

WARNING: FULL SPOILER!!!

Eleanor itu gendut.

Dirinya pun berpikir begitu...

Sebenarnya dia tidak segendut yang dipikirkannya

Pikirnya, pasti aku tidak semenjijikan itu.

Bono, vokalis U2, bertemu dengan istrinya di SMA, kata Park.

Begitu pula Jerry Lee Lewis, jawab Eleanor.

Aku tidak bercanda, Park meyakinkan.

Tentu, Eleanor menambahkan, kita ini 16 tahun.

Bagaimana dengan Romeo dan Juliet?

Dangkal, bingung, lalu mati.

Aku mencintaimu, Park mengatakan.

Karena itulah..., jawab Eleanor.

Aku tidak bercanda, katanya.

Kamu memang tidak boleh bercanda....

Hello guys! Kali ini gue mau curhat tentang novel Eleanor & Park by Rainbow Rowell. Nama authornya unik dan seunik dengan novelnya yang satu ini. Lagi-lagi yang buat gue tertarik dengan novel ini karena covernya, but cover versi Indonesianya....... I wont talking about that. Gue masih inget banget perasaan gue ketika ngelihat sekilas bagian judul novel ini dan kepala gue langsung refleks kayak orang nemu duit seratus ribu(:p). Gue nemuin buku ini di Toko Gunung Agung Margonda City, kebetulan abis terima rapor kelas 9 semester 1 dan nilai gue cukup memuaskan walaupun nyokap gue selalu mengharapkan lebih dari gue. Dengan izin nyokap, gue minta dibeliin novel ini dan syukurnya dibolehin.

Awal-awal gue gak merhatiin banget masalah cover, waktu di taxi dalam perjalanan pulang gue iseng-iseng lihat novel ini. Dahi gue mulai berkerut-kerut menilai dalam hati soal covernya, dan saat gue lihat isi novelnya. Lagi-lagi dahi gue berkerut-kerut melihat font yang digunakan, dalam hati gue ketawa but yasudahlah...... . 

Novel Eleanor & Park ini diterbitkan pada tahun 2013 oleh Phoenix Publishing Project. Menceritakan seorang cewek gendut berambut merah keriting bernama Eleanor dan seorang cowok yang punya darah Asia bernama Park, latar waktu yang digunakan adalah tahun 1986. Awal cerita, Park yang biasanya selalu duduk sendiri di bus sekolahnya tiba-tiba harus rela membagi kursinya dengan anak baru yang kalau dinilai dari perawakan ya...... gak banget. Gendut, berambut keriting plus warna merah, ditambah dia pakai pakaian yang aneh. Eleanor pun dikasih julukan "Merah Besar".

Hari-hari selanjutnya Park coba mengabaikan Eleanor namun suatu hari ketika mereka sedang dalam perjalanan pulang. Eleanor nimbrung baca komik yang lagi dibaca oleh Park, disitu Park mulai-mulai gimana gituuu sama Eleanor. Park suka baca komik X-Men, Star Trek, dan Watchmen. Kehidupan Eleanor bisa dibilang sesuram dengan penampilannya. Hidup di rumah yang sempit dan bukan termasuk dalam kategori keluarga yang kaya, punya adik yang banyak, plus punya bapak tiri yang agak psycopath gitu. 

Keesokannya Eleanor menemukan tumpukan komik di sebelah Park, ya know kode mau minjemin tapi gak berani bilang. Berawal dari situ Eleanor sama Park mulai deket, bahkan Park minjemin mp4 nya ke Eleanor. Singkat cerita, dan lo pasti udah bisa bakal nebak kalau mereka jadian. Park pun ngajak Eleanor untuk ke Prom dan tentu aja diiyain sama Eleanor.

Sampai ada sebuah kejadian yang buat Eleanor gak tahan tinggal di rumahnya dan Eleanor memutuskan untuk kabur. Sebagai pacar, Park membantu Eleanor dengan mengantarkan Eleanor ke rumah bibinya. Gue suka banget sama novel ini, alurnya sederhana dan gue gak bisa nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Gue pun gak nyangka kalau akhirnya adalah Eleanor sama Park harus kepisah karena jarak. 

Novel ini ngasih tahu jelas kepada gue akan satu hal, cinta gak memandang bulu. Banyak orang yang menagatakan itu tapi gue agak kurang percaya dengan kata-kata itu. Karena menurut gue orang kalau mau cinta pasti yang dilihat pertama kali adalah penampilannya dan untuk urusan selanjutnya sih ya terserah yang bersangkutan. Namun dalam kasus jaman sekarang, gue banyak menemukan cowok yang menomor satukan penampilan dalam melihat seorang cewek . And that's called a jerk, you know?. Memang, awalnya Park agak gimana gitu sama penampilan Eleanor tapi Park gak malu untuk pacaran sama Eleanor karena Park cinta sama Eleanor. Kalau udah cinta dan mau sejelek apapun pasangan lo, lo gak bakal perduliin itu. That's called love.

Did you know? kalau novel ini bakal dijadiin film juga dan yang nge taken adalah DreamWorks. Seketika gue keinget sama Shrek *apabangetcoba*. Gue mulai membayangkan siapa yang bakal jadi Eleanor sama Park hihihi:D. 

Kalau kalian punya novel rekomendasi, comment aja ya! Gue bakal senang hati membacanya:D. Mungkin postingan ini pendek banget, gue ngelakuin hal itu karena gue pengen lo--yang baca postingan ini biar baca novelnya dan rasakan sensasi dari novek ini.

Salam Bibliophilia!<3

BibliophiliaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang