PART 22

5.4K 112 0
                                    

cuma pake sarung.

Kadang kalo liat keadaan dia, gue sering bersyukur masih diberi nikmat seperti ini. Zul sewaktu kecil suka jadi suruhan orang orang gede, kadang disuruh beli minum kadang disuruh mintain duit ke orang orang dipasar, gak jarang juga dia sering dihajar sama orang dewasa. Pokoknya semuanya dia kerjain asal ada duitnya.

Pernah suatu ketika, pas kita kelas 3 SD, dia disuruh sama salah satu preman tempat gue buat nusuk salah satu preman lainnya.Dia lakuin, dia tusuk tuh orang pas orang itu lagi mabok, untung tuh orang gak mati. Untuk kerjaan itu Dia cuma dikasih duit 10rb waktu itu.

Gara -gara kejadian itu dia dicari oleh preman preman tempat gue , kalo udah kayak itu dia ngumpet dirumah gue, Bapak lumayan disegani di kampung gue. Dia cerita ke bapak, gue cuma dengerin, Bapak nyuruh dia buat tinggal di rumah kapanpun dia mau. Bapak juga coba selesain masalah zul, kesian dia kalo dikejar kejar terus.

Selama dirumah Bapak sering nasehatin dia, ngajarin dia, selama dirumah kita udah kayak sodara, kemana mana berdua. Kita sering berantem bareng sama anak kampung tetangga, kejar kejaran pake batu udah sering banget terjadi, palingan setelah itu kita ketawa ketawa.

Pas kelas 6 SD, kita udah kenal Miras, biasanya kita suka minum Anggur cap Kunci + Kratindaeng. Gak banyak sih, tapi lumayan buat pusing. Setelah minum biasanya kita tidur di bale bale bekas deket tempat gue. Sekedar buat ngilangin pusing, sama ngilangin aroma minuman. Kalo Orang tua sampe tau bisa bonyok kita.

Kejadian yang bikin kita lebih dari saudara adalah pada saat zul ribut sama anak sebelah, dia sendirian, lawannya anak anak gede. Mental tuh anak emang mental besi, dia gak takut. Gue dikasih tau temen gue yang lain kalo zul ribut, gue langsung susul dia, gue liat dia lagi dipukulin sama lawan lawannya. Tanpa banyak ngomong gue bantuin dia, gue ambil apa aja yang bisa dijadiin senjata. Gue asal pukul kemana aja yang penting mereka gak lagi mukulin zul, gue juga habis, muka gue udah bengep semua, tapi kita sempet lari, kita loncat ke sungai. Arus lagi deras saat itu, gue cuma bisa ngikutin arus, cukup jauh kita hanyut. Setelah sampe ke tempat yang arusnya gak terlalu deras kita langsung kepinggir. Baju gue basah kuyup, begitupun zul.

Kita balik ke rumah lewat jalan darat.mustahil balik lewat jalur sungai. Sampe dirumah gue cerita sama Bapak, zul jelasin masalahnya, zul kesel karena anak anak itu suka ngatain orang tua zul. Bapak emosi banget, dia langsung datengin kampung sebelah, dia langsung ke rumah anak anak itu, Bapak ngomong sama orang tua mereka, sepertinya mereka ngerti, dan sepakat masalah gak diperpanjang lagi.

Sampe pas Bapak Meninggal, zul masih tinggal dirumah. Gak lama setelah Bapak pergi dia putusin buat gak tinggal dirumah gue lagi, katanya dia gak mau ngerepotin keluarga gue, tanpa Bapak pendapatan keluarga gue juga pas pasan.Dia juga gak balik ke rumah bibinya, biasanya dia tidur dipasar, atau di mushola, dia juga udah gak sekolah lagi. Tapi kadang kadang dia masih sering maen ke rumah gue

"Rumah kita selalu terbuka buat kamu zul" kata emak, pas dia mau pergi.

Tahun 2010, dia ketangkep, dia ditahan dengan tuduhan pembunuhan.
Gue cuma bisa bantu dia sebisanya, dia juga ngerti. Seenggaknya dia nyesel atas apa yang dia perbuat, dia janji gak akan lakuin kesalahan yang sama kalo nanti keluar.

Sampe sekarang kita masih sering ketemu, paling nggak sebulan sekali. Gue masih suka besuk dia kalo gue pas di palembang.

"Makasih ya Den, lo satu satunya sodara gue" katanya waktu pas gue besuk dia minggu kemarin.

Kita cerita banyak, tentang istri gue, tentang calon anak gue, tentang kehidupan gue. Dia seneng banget denger cerita gue.

"Kalo lo keluar lo harus ikut gue" kata gue

Perfect CoupleTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang