10. We are friend, but i see u as a man.

4.9K 1.2K 152
                                    

Aisha Salsabilla.

Cewek yang lahir dari keluarga biasa aja yang tenang. Ayahnya kerja di suatu pabrik di bagian pengemasan produk sementara Ibunya cuman Ibu rumah tangga yang mengurus tiga anak.

Aisha adalah anak pertama. Dan jadi anak perempuan pertama di suatu keluarga sederhana itu nggak pernah mudah. Aisha harus kuat. Aisha harus jadi contoh buat adik-adiknya. Aisha harus jadi panutan. Dan Aisha harus hebat. Lebih hebat dari kedua adiknya karena dia anak pertama.

Sebenernya orang tua Aisha nggak pernah membatasi kehidupan Aisha. Ya dibatasi yang wajar-wajar aja supaya anaknya nggak salah pergaulan. Tapi, tetap saja, ini Asia. Sebagai anak perempuan pertama di Asia, Aisha tentu saja sering dapet perlakuan nggak adil walau orang tuanya nggak pernah dengan sengaja melakukan itu.

Setiap kali Aisha dan Adiknya punya permintaan yang sama, orang tuanya pasti bakalan lebih duluin permintaan adiknya. Alesannya 'Kakak udah sering ganti HP. Adek dulu ya sekarang.' Padahal adik kedua Aisha itu umutnya cuman beda 2 tahun.

Hal itu bikin Aisha lebih membuka mata dengan cara kerja dunia. Cewek itu mulai nyoba-nyoba melakukan bisnis. Awalnya ya cuman jualan produk skincare lokal gitu sampai sekarang dia bisa belanja langsung dari luar negri yang proses pembayaran, pengiriman, ngurus pajak dan ambil di bea cukai itu sendiri ribet banget. Belum kalau tiba-tiba kena pajak gede. Aisha harus rugi dan ga jajan karena itu.

Nggak apa-apa untung dan rugi itu seni berdagang. Pasti semua pedagang pernah ngerasain itu.

Aisha kan sukses banget tuh? Pernah nggak sih ngalamin yang namanya susah jualan, nggak dipercaya customer, diejek di sekolah karena jualan mulu. Pernah gak?

Ya pastinya pernah.

Awal Aisha buka online shop itu kelas 2 SMP. Dia liat-liat grup jual beli gitu di facebook. Eh liat satu postingan yang jual skincare murah lagi cari reseller atau dropshiper. Aisha mulai kirim inbox tuh ke adminnya. Tanya-tanya dulu. Eh tau-tau nyantol.

Jalan 1 bulan, Aisha sama sekali nggak dapet pembeli. Sesepi itu emang. Dia udah mulai desperate sampai di malam hari pas cewek itu lagi belajar, HPnya geter.

'Sist tonernya masih ada?'
'Kalau beli yang 1 paket bisa putih kayak orang china beneran kan? Saya orang papua. Saya suka warna kulit saya, hnya saya penasaran saja, jika kulit saya putih. Seperti apa wujud saya.'
'Tapi ongkir ke papua gratis ya?'

Aisha udah berharap taunya ujung-ujungnya gini. Akhirnya dibales 'maaf sist. Sudah sold.'

Aisha mikir, kenapa dagangannya ga laku? Apa karena kemahalan? Kebanyakan ambil untung? Akhirnya Aisha nurunin harganya. Dia kali ini ambil untung 1.000 rupiah aja. Dan Boom! Besoknya yang ngechat lumayan banyak.

Disitu olshop Aisha mulai jalan. Tapi ga yang langsung semulus itu. Aisha pernah dilabrak sama salah satu customernya tentang produknya yang bahkan tidak terdaftar.

Aisha takut. Khawatir sampai nggak bisa makan dan tidur dengan benar selama beberapa hari. Sampai akhirnya Mamanya ngenalin ke kakak sepupunya yang kuliah di Taiwan buat ngajarin Aisha dunia per-skincare-an.

Sejak itu, Aisha jadi ngerti dan nggak sembarangan lagi.

Sampai tiba juga saatnya Aisha masuk SMA. Hari pertama masuk, Aisha tentu saja kenalan sama temen-temennya. Nggak lupa, menyisipkan produk jualannya sambil ngobrol.

Temen cowok yang denger langsung ngetawain. Aisha sempet dijuluki sebagai Juker juga. Alias juragan skincare.

Tiap Aisha ngapain aja gitu, Anak cowok pasti ngatain. "Wah juragan skincare nih. Gua beli ya, yang satu paket harganya 10.000."

Aisha sempet malu dan berhenti nawarin produknya lagi. Tapi Gafian, saat di depan lab komputer pas mereka masih kelas 10 dulu, cowok itu duduk di lantai, di sebelah Aisha sambil bilang. "Lo keren banget sumpah. Bisa sekolah sama bisnis gini. Ayo dong tawarin lagi, kalo lo berhenti mereka malah makin ngecengin lo ntar. Gua borong deh skincare lo."

"Tapi kan lo cowok?"

"Buat pembantu di rumah gua."

"Ah, bohong banget sih."

"Dih, mau gua ajak ke rumah gua emang?"

Dari situ Gafian sama Aisha temenan deket. Kalo ada apa-apa selalu satu kelompok. Kemana-mana bareng.

Pokoknya Gafian itu baik banget sama Aisha. Ya emang sih, dia juga butuh Aisha buat dimintain contekan. Tapi, di dalam hatinya, Gafian emang suka temenan sama Aisha. Gafian suka sama orang yang gigih dan nggak gampang menyerah kayak Aisha.

Waktu berlalu. Pas Gafian pacaran sama Somi, dia belum ngerasa apa-apa. Tapi, setelah itu, setelah Gafian putus sama Somi. Seolah posisi Somi digantiin sama Aisha. Mereka chat tiap hari, Gafian go food in Aisha. Kadang jemput Aisha juga kalo cewek itu mau COD-an.

Sampai Aisha, merasa, Gafian ada rasa sama dia.

Dan hari ini, mata Aisha di buka. Shasha yang pagi ini lewat sambil rambutnya berkibar karena anginnya kenceng banget itu bikin Shasha kelihatan kayak model.

Gafian senyum sepanjang Shasha lewat. Shasha juga. Seketika Shadha sadar, yang tadi diceritain Gafian itu adalah... Shasha.

10 menit yang lalu.

"Nih, gua bawain mascara sama sunscreen. Bagus ini katanya, lembab gitu." Gacian getok kepala Aisha pake kemasan sunscreen.

"Ya biasa aja kali ngasihnya. Ikhlas kaga!" Setelah barang itu diterima, Aisha nyengir. "Bole dijual ngga?"

"Gua pukul lo sampe dijual." Gafian ngacak poni Aisha.

"Iya iya duh, bercanda. Gua pake tiap hari nih suncsreennya."

"Gitu dong. Kan gua jadi seneng."

Eh abis itu Shasha sama Yireon lewat.

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Royaltionship [✓]Where stories live. Discover now