Primum, Non Nocere (First, Do Not Harm)

695 5 0
                                    

Judul: Primum, Non Nocere (First, Do Not Harm)
Penulis: kinkaaa

"Orang bilang, seorang anak harus lebih baik daripada orangtuanya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


"Orang bilang, seorang anak harus lebih baik daripada orangtuanya. Memiliki kedua orang tua yang berprofesi sebagai the Officum Nobile atau pekerja dengan profesi terhormat, saya secara tidak langsung diajarkan dan melihat sendiri seberapa terhormatnya pekerjaan beliau berdua bagi orang-orang di sekitarnya. Dan itu membuat saya tertantang untuk menjadi lebih baik dari beliau berdua"

Guru besar di hadapanku itu tersenyum,
"Tapi Nadia, apa yang bisa lebih baik dari Mama kamu yang dokter spesialis anak, juga ayah kamu yang seorang dokter spesialis bedah thoraks konsultan dan sebentar lagi mendapatkan gelar profesornya. Oh, jangan lupa keduanya juga pendiri dan pemilik rumah sakit swasta besar di kota ini. Apa yang bisa lebih baik dari itu Nadia? Bukannya tantangan kamu jadi berat sekali?"

"Dokter yang mencintai keluarganya," jawab Nadia sambil menahan senyum getir.

____________________________________

Seperti penggalan cerita diatas, ini bercerita tentang Nadia - seorang Coass - yang mempunyai ayah dan ibu yang adalah dokter terkenal di kotanya. Tetapi, karena orangtuanya sibuk, dia menjadi kurang mendapat perhatian dan malah dituntut untuk menjadi yang terbaik dalam bidang akademiknya, agar tidak mempermalukan orangtuanya, terutama ayahnya.
Lalu, tiba-tiba di RS tempat dia Coass kedatangan seorang dokter spesialis bedah saraf - dr. reno - yang masih muda dan ganteng banget, dikabarkan sudah menikah dengan mantan finalis Putri Indonesia dan punya anak satu berumur 10 bulan yang super lucu dan gemesin.
Tetapi, siapa yang menyangka ternyata dr. Reno sudah cerai dengan istrinya dan menyimpan suatu trauma.

Cerita tentang Nadya yang berusaha membuat bangga orangtuanya, juga berusaha menarik perhatian cinta pertamanya, juga Nadya yang berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak mempunyai hubungan dengan orang yang berprofesi sebagai dokter.

Cerita tentang Reno yang berusaha memulai hidup baru setelah kejadian yang membuat dia "trauma", bagaimana dia menghadapi dan berdamai dengan traumanya, dan juga kisahnya dengan Nadya.

Wow.
Ini salah satu cerita yang detail banget menurut aku.
Penulis secara jelas menceritakan dan mendeskripsikannya, terutama mengenai istilah kedokteran, prosedur kedokteran, dan yang aku sangat tekankan, penulisnya juga menyampaikan secara detail perasaan-perasaan dokter selama ini.
Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari membaca novel ini.
Seriusannn, aku rekomendasiin banget novel ini 🤎

Oh ya, ada Kata-kata yang aku suka banget dan kemungkinan menjadi alasan judulnya:
"Sekarang aku ingetin lagi ya, sebelum kita nolong pasien, lindungi diri sendiri dulu. It goes the same to you. First, do no harm, yes? But before that, protect yourself. Do not hurt yourself, just to save others".
🤎🤎🤎

Ps: Kalau Nadia jadiin lagu Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan menjadi nada deringnya, nah aku dengerin lagu itu setiap hari dan setiap malam, duhh 😍

Rekomendasi Cerita Romantis Terbaik di WattpadWhere stories live. Discover now