Hari ke-7 : ABC Lima Dasar!

4.6K 753 34
                                    

Ceritanya sekarang Minggu. Anak-anak posko 9567 lagi gak ada agenda kerja soalnya ini hari libur. Mereka udah sepakat kalau agenda KKN itu cuman dikerjain di hari Senin nyampe Sabtu doangan, hari Minggu mah waktunya rehat.

“ABC lima dasar! A B C D E … K! Barang yang diawali huruf K! Ayo cepet cepet cepet! Tata, ayo cepet elo paling awal ini!” Aisyah grapak-grepek sendiri sambil gaplokin pundak Tata make sendal jepit.

Mereka semua lagi pada ngumpul di lantai atas. Nontonin Tata, Jemi, Bobby, Taufik, Juki, Mahmudin, dan Caca yang lagi pada maen ABC lima dasar. Lima detik kagak bisa jawab hukumannya dipeperin bedak.

Simpel sebenernya. Tapi berhubung yang maen orang gila semua ya jadilah suasananya udah berasa lagi nobar acara gulat.

“Tata, cepet atuh, Ta!”

“Bentaran, Ai! Mikir dululah gue!”

“Barang yang diawali huruf K itu banyak, goblog! Cepet atuh!”

“Jemi, sabar anjun! Elo kagak lihat gue lagi mikir keras?!”

“Lima detik kagak bisa jawab gue gaplok elo make batu bata!” ancam Bobby sambil ngacungin batu bata yang awalnya dipake buat ganjelan pintu.

Mereka pun kini pada ngitung bareng-bareng. “5.. 4.. 3.. 2..”

“KOTAK AMAL!!!”

“Oke! Jemi! Apa, Jemi?! Cepet!!!” ini Si Ai jadi wasit kagak ada santuy-santuynya emang.

“KALENG BISKUIT!!!”

“Bobby Bobby Bobby! Cepeeeettt!!!”

“KALENG KHONG GUAN!!!”

“KAGAK BISA ATUH!!! KALENG KHONG GUAN SAMA KALENG BISKUIT NAON BEDANA, NGAB?!” Taufik ngegas.

Bobby balik ngegas. “NYA BISA ATUH, NGAB!!! ORANG BEDA ISTILAH!!! GIMANA SIH LO?!!!”

“TAPI TETEP AJA ITU SAMA-SAMA KALENG!!!” protes Si Juki yang wajahnya udah putih-putih semua kayak pocong, dari tadi dia kalah mulu masalahnya.

Mahmudin setuju. “NAH, SAMA-SAMA BISKUIT JUGA!!!” dia juga wujudnya udah macem anak tuyul, putih-putih sekujur badan.

Caca yang kondisinya gak jauh beda dari Juki dan Mahmudin itu juga ngajuin protesnya. “BENER!!! ITU PLAGIAT NAMANYA WOY!!! KAGAK BISALAH!!!” semburnya galak udah macem punya dendam kesumat.

Aisyah sebagai wasit langsung ngambil alih sebelum adanya pertumpahan darah di sana. “5.. 4.. 3.. 2.. 1.. Teeettt!!! Waktu habis!!! GAEEESSS?!!!”

Sedetik kemudian mereka yang ada di sana langsung ngebekuk Bobby macem ngebekuk jambret. Meperin bedak ke wajah nyampe guling-gulingan di lantai.

Tuh, kan! Dibilangin juga apa? Udah berasa nonton acara gulat.

Treng! Treng!

Jajang yang duduk di deket pintu mukul-mukulin kuali make centong. Ceritanya ini bakal masuk ke ronde berikutnya. Gak lupa Lilis yang kini ngangkat tinggi-tinggi kardus aqua bertuliskan ‘Ronde 5’ sambil jalan muterin mereka semua.

Kagak ada yang waras emang!

Baru juga mau pada mulai lagi, Sonia ujug-ujug datang sambil kacak pinggang. Wajahnya asem banget, hawa-hawanya pasti dia bakal ngomel.

“Jangan terlalu berisik bisa gak? Malu ih. Suara kalian yang ngeributin kaleng biskuit sama kaleng Khong Guan kedengeran nyampe bawah, tahu gak?”

“Yang di bawah emang belum pada pulang?” tanya Nayla yang dibalas gelengan kepala dari Sonia.

“Belum. Jangan terlalu berisik ya? Jaga adab, Gaes! Inget, kita pendatang di sini.”

Mereka semua pun ngangguk. Nurut banget sama Sonia. Gilak! Kalo Jojo yang ngomong mah gak bakal dah kayak gini.

“Ya udah, kalo gitu gue ke bawah lagi.” lanjutnya sambil ngucek mata, keliatan banget ngantuk sama betenya.

Di bawah itu emang lagi ada tamu, ada Pak Lurah sama aparat desa lainnya yang sengaja banget gangguin hari Minggu mereka.

Katanya sih mau silaturahmi doang, sekalian mantau langsung jalannya KKN dengan nyambangin tiap posko yang ada. Makanya anak-anak lantai bawah pada ngungsi semua ke lantai atas.

Sekarang mereka jadi gabut. Mau lanjut maen juga gak seru kalau gak teriak-teriak mah. Tapi semua kegabutan itu gak bertahan lama, mereka histeris dan berhamburan keluar pas lihat tali jemuran pada gerak-gerak kayak lagi dipake maen lompat tali.

Baju yang lagi dijemur juga pada kelempar ke mana-mana. Sebagian ada yang nyangkut di pohon mangga depan, bahkan kolor doraemonnya Wawan nyampe terbang ke tengah-tengah parabola. Itu gimana ngambilnya coba?

“Hihihi~ Hihihi~ Hihihi~”

Sontak mereka menoleh ke belakang dan mergokin ada tiga anak kecil berbaju lusuh lagi lari-larian, abis itu ketiganya langsung pada masuk ke kamar mandi di sana.

Mereka bengong, tahu betul kalau kamar mandi di lantai atas itu gak pernah dipake. Soalnya kata si pemilik rumahnya juga kamar mandi lantai atas itu emang udah rusak dari dulu.










































































.

.

.

TBC

POSKO KKN 9567 || 95 96 97 lines! [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang