Hari ke-12 : Mari Berghibah Bareng Cogan!

4.1K 747 90
                                    

Anak-anak cowok semuanya lagi ada di kedai baso deket puskesmas. Abis solat Jum’at di masjid alun-alun tadi, mereka sepakat mampir dulu kemari buat makan siang. Kelaperan, dari pagi belum makan, soalnya bangunnya juga jam sebelas.

Rada gebleg emang!

Mana selese Jum’atan mereka semua dicegat Pak Lurah dulu lagi, digiring mirip bebek diajak mampir dulu ke rumah dia yang ada warung kecil-kecilan di depannya.

Mereka awalnya seneng, ngiranya itu Pak Lurah mau ngasih makan. Eh, ternyata malah ngajakin kongres masalah proker senam erobik yang katanya ada pengalihan tempat dari balai desa ke alun-alun.

Mana pas mau pulang kopi susu sama dadar gulung yang disuguhin malah disuruh bayar. Aduh, apes pisanlah!

“Untung aja tadi gue bawa duit walaupun pas-pasan.” Wawan buka pembicaraan setelah mereka semua pada selese makan.

“Itu lurah rada sableng kalo kata gue mah.” timpal Sugeng yang mulutnya lancar banget ngatain orang.

Tata nambahin. “Istrinya juga absurd banget tahu gak? Mata gue nyampe sepet lihat rambutnya yang modelan Dora gitu.”

“Mana dia make kalung yang sekilas mirip tasbeh lagi.” sambung Dion sambil berusaha nyongkel toge yang nyangkut di sela-sela giginya yang bersinar.

Taufik bergas-gas ria lagi. “Tangan gue gatel banget pengen jambak jepitan rambutnya yang nemplok segede bunga bangke itu, asli!” koar-koarnya nyampe meja mereka keguyur hujan lokal gegara ulahnya.

Bobby yang masih nyemilin remahan pangsit di plastik juga kini ikut-ikutan ghibah. “Mana parfumnya juga bau minyak urut coba.” keluhnya sambil kerungin hidungnya, ngebayangin enegnya begimana tadi.

“Bajunya juga item-item gitu bikin gue merinding dangdut.” imbuh Junata sambil bergidik macem orang sakau.

Caca ketawa ganteng yang seketika membuat suasana sekitar jadi seadem ubin masjid. “Awalnya gue ngira dia dukun, tahu-tahunya Bu Lurah.” tapi ujung-ujungnya ikut nistain juga ini orang.

Topan ngakak kenceng, “Gue mah malah nyangkanya dia pawang hujan coba eh!”

Ngakak sekebon dah ujung-ujungnya. Gak nyadar aja udah dilihatin aneh sama semua orang di sana yang pada ngira mereka ini rombongan penganten sunat.

Ya gimana kagak coba?

Mereka masih ada di kedai baso, masih make baju koko sama sarung gajah jongkok, kopeah masih nemplok di kepala, duduknya juga pada ngangkang-ngangkang.

Ampun dah!

Untung ganteng!

Walaupun rada sableng dikit!

“Udah udah! Jaga adab ih, malu! Kita ada di wilayah orang nih.” Jojo yang alhamdulillah-nya masih waras itu coba ngingetin, walaupun tadi dia yang ngakak paling kenceng.

“Kita balik ke posko kuy! Udah hampir tengah dua, takutnya anak cewek ada butuhin kita di sana. Posko juga udah pada rame kayaknya sama anak-anak yang mau belajar.” lanjutnya sambil beranjak benerin sarungnya.

Jadi, ceritanya abis Jum’atan ini mereka ada agenda ngerjain proker anak-anak pendidikan yang ngadain les kecil-kecilan di posko bagi anak-anak sekitar.

Materi yang diajarkan ada matematika dari Jennar, bahasa Indonesia dari Jihan, dan bahasa Inggris dari Lilis dan Mawar.

“Assalamualaikum~”

Para cowok-cowok yang baru datang itu sengaja pada nonghol di depan pintu sambil ngucap salam, nyapa anak-anak kecil yang udah menuhin tempat yang biasanya mereka pake buat rapat.

“Eh, kok gak dijawab salam dari kakak-kakaknya, jawab dong~” titah Lilis.

“WAALAIKUMSALAM, KAKAAAAK~”

Para cogan itu ngedadak bengong, total gemes sama anak-anak kecil yang suaranya pada uwu seuwu bias itu.

Tapi sebenernya fokus mereka bukan sama itu aja, melainkan sama Lilis yang ngedadak waras nyuruh jawab salam dan ngomong make bahasa yang bener. Biasanya kan dia bahasanya campur aduk macem gado-gado.

Sesi belajar pun dilanjut lagi sambil didampingi oleh kakak-kakak cantik yang ramah dan baik hati itu. Kakak-kakak ganteng juga ikut nimbrung ke sana setelah mereka semua ganti baju, walaupun ada aja kelakuannya yang kadang-kadang bikin pengen nyekek.

“Kak Jennar~ Kenapa sih angka 69 itu sangat erat kaitannya sama ajep-ajep indehoy indegarden en deflay ngeflay tudeskay?”

Itu pertanyaan laknat dari Juki Mahaputra bin Burhan yang sedetik kemudian langsung diseret Sonia ke kamar mandi dan dikunciin dari luar. Sesat soalnya kalau dibiarin dekat anak-anak, bahaya!

Kegiatan les kecil-kecilan itu pun berakhir jam setengah empat sore, dan akan dilanjut lagi besok di jam yang sama. Supaya anak-anak makin semangat dan besok mau pada datang lagi, mereka bagiin citato sama ale-ale rasa jeruk sebagai oleh-oleh di hari ini.

Mereka senyum haru pas lihat anak-anak itu pada girang banget dikasih makanan yang sebenernya gak seberapa harganya. Tapi itulah anak-anak, bahagianya sederhana.

“Kakak~ Kok dia gak dikasih juga?”

Jihan yang masih megang kardus itu langsung noleh pada anak perempuan di dekatnya. “Kenapa, Dek?” ulangnya, mastiin doang kalo yang ia denger gak salah.

“Yang duduk di samping aku gak dikasih makanan juga, Kak?”

Jihan melirik sekilas kepada teman-temannya yang lain, dan mereka mulai masang wajah tegang denger celetukan anak perempuan itu.

“Itu udah, Sayang. Udah dikasih semua kok.” balas Mawar, anak itu gelengin kepalanya.

“Bukan yang ini, Kak. Tapi yang ini.”

Jennar ngernyit heran sambil raba tengkuknya. “Yang mana, Sayang? Siapa?”

Anak itu nunjuk samping kirinya yang kosong melompong. “Mereka, Kak. Ada delapan anak lagi yang belum kebagian.”










































































.

.

.

TBC

Pak Lurah

Pak Lurah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Bu Lurah

Bu Lurah

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
POSKO KKN 9567 || 95 96 97 lines! [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang