Kapan itu Abad Pertengahan?

2.5K 296 67
                                    

Abad pertengahan berada di tengah-tengah dua zaman, Zaman Kuno dan Zaman Modern. Definisi Abad di sini bukan periode seratus tahun namun lebih dekat artinya dengan zaman, artinya memiliki waktu tertentu.

Mengapa tidak di sebut Zaman Pertengahan? Jujur saja, saya juga tidak tahu, pada dasarnya masalah adalah semantik semata. Anda tentu saja bisa menyebutnya Zaman Pertengahan tapi yang lebih sering digunakan adalah Abad Pertengahan. Konsep abad pertengahan sebenarnya hanyalah sesuatu yang arbitrer di buat oleh para sejarahwan (khususnya sejarahwan Eropa) untuk membagi-bagi satuan waktu agar lebih mudah di jelaskan.

Kapan Abad Pertengahan di Mulai?

Abad pertengahan di mulai pada akhir Zaman Kuno (Ancient Age). Kapan Zaman Kuno berakhir? Zaman Kuno berakhir setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi di abad ke-5, utamanya kekaisaran Romawi Barat. Saya sebut hanya Kekaisaran Romawi Barat karena Kekaisaran Romawi di timur masih berjalan hingga konstantinopel ditaklukkan oleh Kekaisaran Ottoman pada abad ke-15.

Kapan Abad Pertengahan Berakhir?

Abad pertengahan di mulai pada Zaman Modern melebur dengan Zaman Renaisans. Ada yang mengakhiri Abad Pertengahan di saat konstantinopel di taklukkan, ada yang mengakhirinya saat Christopher Combus menginjak amerika (Zaman Penjelajahan/Kolonial) namun intinya Abad Pertengahan berakhir di abad ke-15.

Pembagian Abad Pertengahan

Abad Pertengahan adalah abad yang sangat lama yaitu sepuluh abad. Karena itu secara historiografi (ilmu yang bagi-bagi sejarah) biasanya di bagi lagi menjadi 3.

Abad Pertengahan Awal

(Ing: Early Medieval) Zaman ini berkisar dari abad ke-5-6 hingga abad ke 10. Umumnya dimulai saat kerajaan Frankish don Goth menguasai Eropa setelah ditinggalkan oleh Romawi hingga puncak abad pertengahan. Biasanya disebut dengan Zaman Kegelapan (Dark Age).

Hal-hal menarik yang terjadi di sini adalah penjarahan Viking, penaklukan Islam hingga ke Spanyol dan Perancis selatan, dan pembentukan Kekaisaran Romawi Suci (Holy Roman Empire)

Abad Pertengahan Puncak (Tidak disebut abad pertengahan menengah supaya tidak mengulang kata "tengah" di abad pertengahan, hehehe) 

(Ing: High Medieval) Zaman ini berkisar dari abad ke 10 hingga abad ke 13. Di zaman ini Eropa mulai mengalami kristenisasi yang menyebar hingga ke skandinavia dan eropa barat. Perang salib juga terjadi di abad ini.

Hal-hal menarik yang terjadi di sini adalah, perpecahan (skisme) antara umat kristen katolik dan kristen ortodox, Penaklukan Inggris oleh William the Conqueror, dan Serangan Mongolia

Abad Pertengahan Akhir

(ing:Late Medieval) Zaman ini berkisar dari abad ke-13 hingga abad ke-15. Di zaman ini ditandai dengan berhentinya perkembangan dan kemakmuran di Eropa akibat rentetan kelaparan dan wabah penyakit termasuk dengan yang dikenal dengan Wabah Hitam (The Black Plague) mengurangi populasi eropa hingga setengah. 

Namun karena ini terjadi perubahan sosio-ekonomi yang drastis yang membuat melemahnya nobilitas (kebangsawanan) dan meningkatnya hak-hak kaum rakyat biasa. Hal ini dikarenakan berkurangnya populasi rakyat pekerja membuat jasa mereka semakin berharga.

Hal-hal menarik yang terjadi di sini adalah, munculnya beberapa republik di Italia yang kemudian mendorong terjadinya Era Renaissance, Perang seratus tahun antara Inggris dan Perancis diikuti dengan Perang Bunga Mawar, dan berkembangnya Ottoman yang mulai menggerogoti daerah balkan dan anatolia.

Sejarah Medieval untuk Penulis Fantasi dan Fiksi SejarahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang