Joo Kyun Part I

527 54 0
                                    

Waktu itu Joo Heon masi kelas 3 SMP. Hobi dia ngerokok di belakang gedung sekolah tiap istirahat. Bagi dia,  ngerokok lebih kenyang daripada makan. Masih muda emang buat ngerokok. Tapi, itu semua pengaruh lingkungan sekitarnya. Dia broken home, tinggal sama mamanya doang. Ekonomi lagi sulit dan uda tiga bulan papanya nggak ngirimin mamanya uang bulanan. Mamanya Joo Heon sebenernya dari keluarga terpandang. Semenjak nikah sama papanya, mamanya Joo Heon jadi di asingkan. Dicoret dari KK istilahnya. Karena pernikahan itu nggak pernah di restuin.

Joo Heon pinter. Cuma karena keadaan dia jadi males - malesan gitu. Suka kepancing emosi apalagi kalo mlipir mlipir ke masalah keluarganya.

Itu rokok terakhir Joo Heon. Sengaja dia lama - lamain biar awet. Tiba - tiba aja ada anak cewek duduk di sebelah kanannya dalam radius 5 meter. Dia ngedengerin musik pake earphone sambil nyoretin buku tulisnya. Ini kan ruang publik, jadi siapa aja boleh ada di sini. Yang penting nggak ganggu Joo Heon.

Joo Heon curi curi pandang ke cewek yang baru dateng tadi. Ngeliat badgenya, kayaknya tuh anak dari kelas IX. Adek kelasnya Joo Heon dong. Tapi, bodo amat. Beberapa saat kemudian, tuh cewek ngelepas sebelah earphonenya. Dia lari ke arah Joo Heon. Ngambil alih rokoknya terus di injek injek. Abis itu di buang ke selokan. Lalu ngasi Joo Heon lollipop.

Baru deh kedengeran kalo guru BP lagi kerjasama sama guru Agama buat razia bocah nakal yang suka ngerokok pas jam istirahat.

Joo Heon langsung masukkin lollipop ke mulutnya sambil lari ke kelasnya. Demi apa itu cewek nyelametin dia?

"Joo. Joo. Untung lu selamet Joo" itu barusan suara ce esnya si Lucas.

"Ya elu beli rokoknya lama banget kek bencong" kata Joo Heon.

"Orang abis. Lu enak uda nyebat duluan. Lah gue keburu lari - larian kek babi ngepet di buru warga" komplain Lucas.

Joo Heon nyemprotin parfum sebelum masuk kelas. Biar nggak ketauan kalo dia abis ngerokok.

Di kelas, Joo Heon masi kepikiran sama cewek adek kelasnya tadi.

***

"Kkamjagiya" kata Joo Heon pas nemuin cewek itu lagi duduk sambil baca buku di tempat kemaren.

Cewek itu cuma noleh, terus nerusin baca bukunya. Joo Heon cuma geleng - geleng kepala. Dia manjat tangga buat keluar dari lingkungan sekolah. Lucas nggak masuk sekolah hari ini katanya di pukulin sama anak sekolah sebelah karena nggak ngasi uang palak. Si cewek cuma ngeliatin si Joo Heon yang uda ilang. Padahal dia uda nyiapin lollipop buat Joo Heon, plus sandwich bikinan mamanya. Malah pergi.

***

"Ya ampun Joo. Kamu ngapain lagi?" begitulah kata Mentari, mamanya Joo Heon pas liat anaknya pulang babak belur. Joo Heon nggak jawab, dia langsung masuk ke kamarnya. Sementara mamanya cuma ngehela nafas. Barusan dia nangis, masak sekarang mau nangis lagi.

***

Besokannya..

"Astaghfirullah! Heh, lu bisa nggak si jangan tiba - tiba nongol kek setan gitu? Ugh" Joo Heon megangin ujung bibirnya yang nyeri. Dia lagi asik tiduran sambil ngerokok, pas cewek itu muncul ngeliatin Joo Heon dari atas.

"Aku bukan setan kok. Nih kakiku napak kak" kata cewek itu, suaranya imut banget.

"Lu ngapain kesini mulu?" kata Joo Heon kesel.

"Emang ini lahan punya kakak? Kakak doang yang boleh kesini?" kata tuh cewek ngambil jarak lima meter dari Joo Heon terus duduk diatas koran.

"Diem lu ya. Jangan ganggu gue" kata Joo Heon baringan lagi, nerusin ngerokoknya. Lucas belom masuk, kayaknya dia juga luka parah abis kejadian tempo hari. Joo Heon uda menang lawan 4 orang yang ngeroyok Lucas kemaren. Kok Joo Heon tau? Gampang, mereka suka ngumpul di gang buntu. Joo Heon pernah liat mereka pas pulang bareng Lucas. Ngapain? lagi malak anak sekolah lain. Trus begitu liat Joo Heon mereka pura - pura nggak ngapa ngapain.

"Kak" panggil tuh cewek. Bikin Joo Heon bete.

"Uda gue bilang jangan ganggu gue. Lu budek ya?" kata Joo Heon bangun.

"Perutku nggak enak. Ini bekel dari mama. Kalo aku pulang tempetnya nggak kosong. Kasian nanti mama aku sedih. Kakak bantuin aku abisin dong" kata tuh cewek ngulurin kotak bekelnya ke Joo Heon.

Joo Heon cuma diem.

"Lu kek gini pasti ada apa - apanya ya?" Joo Heon ngacungin telunjuknya.

"Kakak. Pleaseeee. Besok aku beliin rokok deh" penawaran menarik.

"Oke. Deal" Joo Heon ngambil bekel dari tangan adek kelasnya terus mulai makan. Sumpah, ini enak banget. Apa Joo Heon laper ya.

"Ni minumnya. Abis minum jangan lupa buang ke tong sampah ya botolnya. Ke wadah kuning yang bisa di recycle" katanya lagi.

"Bawel ih" katanya Joo Heon ngambil botol minum yang cewek itu ulurin.


FriendsWhere stories live. Discover now