prolog

100 6 0
                                    

"Kau tidak usah mencampuri urusan ku. Karna kau sudah mengetahui identitasku,  Ku harap kau bisa menjaganya. Kau taukan konsekuensi berurusan dengan MAFIA"



"Game Play, baby"


"Ada apa?, Kenapa Gege beteriak tadi? "



"Woyyy. Kemarin sebelum kau dipanggil si tua bangka itu,  kau ingin pergi kemana? "



"Akhir pekan nanti ke bar yuk? "

====================================================================

Mafia

Mafia, juga dirujuk sebagai La Cosa Nostra (bahasa Italia: Hal Kami), adalah panggilan kolektif untuk beberapaorganisasi rahasia di Sisilia dan Amerika Serikat. Mafia awalnya merupakan nama sebuah konfederasi yang didirikan oleh orang-orang dari sisilia pada Abad Pertengahan untuk tujuan memberikan perlindungan illegal, pengorganisasian kejahatan berupa kesepakatan dan transaksi secara ilegal, abritase perselisihan antar kriminal, danpenegakan hukum sendiri (main hakim).. Konfederasi ini kerap kali terlibat dalam kegitan perjudian, penipuan, perdagangan narkoba, dan penggelapan dana.

Anggota Mafia disebut "mafioso", yang berarti "pria terhormat".

Triad

Triad (Mandarin: 三合会; Tradisional: 三合會; pinyin: Sānhéhuì) adalah sebuah organisasi kriminal etnis Tionghoa yang berbasis di Hong Kong, Macau, Tiongkok Daratan, dan di negara-negara dengan populasi etnis Tionghoa yang besar seperti Malaysia, Singapura, Taiwan,Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Semula bernama Tian Di Hui (Langit, Bumi, dan Manusia). Didirikan sekitar tahun 1760-an, dengan tujuan menumbangkan kekaisaran Manchu eraDinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Tiongkok. Dinasti Qing tumbang pada 1911. Komunitas yang awalnya bersifat patriotis ini kemudian berubah menjadi tak terarah yang mengakibatkan organisasi ini tidak terlibat dan tak ikut menikmati kemajuan Tiongkok. Mereka lalu menjadi marah dan depresi, tetapi tak mampu mengubah jalan hidup pemberontak yang mendarah daging selama dua abad lebih. Akhirnya mereka berkembang menjadi organisasi kriminal bawah tanah. Inilah awal mulanya TRIAD yang kita kenal dewasa .

Terdapat sekita 57 komunitas Triad di Hongkong. Kekuatan mereka terus meningkat, tetapi tetap ‘merendah’. Mereka kejam dalam polusi urusan kriminal. Pengaturan keanggotaannya sangat rumit. Kekuatan mereka lebih kuat dari yang diperkirakan. Mereka beroperasi dalam skala yang sangat kecil dan membatasi kekerasan antar anggota geng untuk menghindari sorotan publik. Tak ada figur pemimpin, tetapi secara umum mereka tergabung dalam beberapa kelompok independen yang sederajat, sehingga tidak dapat saling memerintah dan perbedaan level. Kekuatan sesungguhnya berada di level bawah dari hierarkinya. Biasanya seorang petarung membawahi sekitar 15 anggota aktif yang menguasai jalanan, gedung, pasar, lapangan, atau taman. Mereka juga memiliki kode numerik tersendiri untuk membedakan posisi dalam geng, seperti 426 yang berarti ‘petarung’, 489 ‘ketua’, 438 ‘deputi ketua’, 25 ‘mata-mata’ atau ‘pengkhianat’, dan lain-lain.

Organisasi Kriminal

Saat ini posisi Triad lebih mirip seperti organisasi bisnis. Interaksi antar kekuatan geng Triad di Tiongkok daratan,Taiwan, Macau, dan Hongkong tidak menghindar dari perhatian pihak berwenang setempat, tetapi justru mendapat banyak keuntungan. Pasar terbesar saat ini berada di Tiongkok daratan, dan mereka sangat berorientasi pada bisnis. Mereka mengejar uang dalam jumlah besar melalui jalan apapun.

Sebagian besar anggota senior dari kelompok triad yang telah berdiri lama adalah pengusaha yang kurang terlibat dalam kegiatan usaha yang sah. Banyak di antara mereka telah memperoleh paspor negara asing, termasuk para anggota keluarga mereka dan mereka telah melakukan diversifikasi dalam usaha mereka serta berinvestasi untuk keuntungan dari kegiatan kriminal yang mereka dapatkan di negara lain. Mereka melakukan kerja sama dgn anggota Triad di luar negeri dalam kejahatan internasional seperti peredaran narkoba, penyelundupan imigran ilegal, penipuan kartu kredit, pencurian peralatan komputer dan kendaraan bermotor, pembajakan hak cipta intelktual dan pencucian uang. Dengan beberapaIB pengecualian, struktur organisasi Triad zaman sekarang jauh lebih sederhana.

TRIAD: 新義安Where stories live. Discover now