Sejarah Kota Tarim

1.5K 122 0
                                    

Disini saya akan menceritakan kisah dan sejarah kota nan suci dan indah itu.

Disaat itu Azan baru saja berkumandang di kota Tarim, Provinsi Hadramaut, Yaman. Gema azan bersahut-sahutan di kota yang dihuni 100 ribu orang itu. Setelah azan berkumandang, jalanan-jalanan di kota seluas 90.000 km persegi itu berangsur-angsur lenggang. 

Di pasar, orang-orang berhenti berdagang. Lalu lintas kota itu juga mendadak sepi. Orang-orang di kota itu meninggalkan semua kegiatan mereka. Lalu berbondong-bondong menuju masjid yang tersebar di kota itu. Setiap kali azan berkumandang, jalan-jalan kota itu mendadak saja sepi. 

Walau hanya kota kecil, kota Tarim memiliki 360 masjid yang tersebar di penjuru kota. Jumlah masjid di kota itu sama seperti jumlah hari dalam setahun. Amat cukup untuk menampung semua muslim di kota itu.  Karena kota kecil, jarak antar masjid terkadang cuma terpaut beberapa langkah saja.

Tarim adalah sebuah kota mungil. Di satu sisi, kota ini terlindungi oleh bukit-bukit batu terjal. Di sisi lain dikelilingi oleh perkebunan kurma. 

Lokasi kota Tarim sekitar 1.150 km dari Sana’a, ibu kota Yaman. Sedangkan Yaman adalah negara terdekat dengan kota Mekkah dari jalur darat. Kota Tarim telah menjadi buah bibir para penuntut ilmu agama dari berbagai penjuru, termasuk juga Indonesia.

Kota ini juga menjadi idaman bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu fikih, tasawuf, tauhid, nahwu, luhgah, termasuk tarekat. Bagi mahasiswa Indonesia macam M. Abrar Ibnu Hajar, alumnus Ulumuddin Cunda, Lhokseumawe dan Mahasiswa Universitas Al-Ahgaff Tarim Hadramaut, ada banyak hal mengesankan di kota itu.

“Begitu banyak hal menakjubkan yang saya dapati di kota ini yang belum pernah saya dapati di kota-kota lain. Di antaranya  keramahan, sopan santun, dan kelembutan hati para penduduknya,” tulisnya di sebuah media lokal Indonesia.

Mekah dan Madinah memang diyakini sebagai kota paling diberkahi di muka bumi. Keistimewaan kedua kota itu bahkan dijelaskan dalam Alquran. Namun ternyata selain kedua kota suci tersebut, ada pula kota lain yang diberkahi Allah dengan berbagai keistimewaan. Kota itu adalah kota Tarim.

Kota Tarim dianggap sebagai salah satu negeri yang paling diberkahi karena merupakan pusat berkumpulnya wali-wali Allah. Oleh sebab itu, kota ini pun terkenal dengan sebutan Kota Seribu Wali.

Sejak dulu, Tarim merupakan pusat Mazhab Syafi’i. Banyak tokoh Islam berasal dari kota ini, seperti Pemimpin Dar Al Mustafa Habib Umar bin Hafidz dan cendikiawan muslim, Habib Ali Al-Jufri.

Di antara sekian banyak kelebihan kota ini, satu yang paling membuatnya istimewa adalah di sini banyak tersebar anak cucu keturunan Rasulullah SAW. 

Masyarakat di kota ini dirahmati dengan kebaikan dan perilaku yang mulia karena masih memiliki darah keturunan nabi. Keistimewaan kota ini pun diabadikan dalam banyak hadist. Bahkan, Rasulullah sangat menyanjung kenyamanan kota Tarim bersama keramahan penduduknya.

Mawarku di Kota Tarim, Hadramaut [DITERBITKAN]✔️Where stories live. Discover now