Awal perkenalan dengan bahasa Jepang

146 5 2
                                    

Halo kawan, kenalin nama saya Rizal dari Banjaran belahan Selatan Bandung. Saya guru, penerjemah bahasa Jepang, seorang penikmat kopi dan musik Post Rock juga seneng menggambar.

Yang mau saya share disini adalah alasan kenapa tertarik ke bahasa Jepang. 

Dari saya kecil suka sama Anime Jepang, terutama Dragonball. Ketertarikan ke bahasa Jepang berawal dari rasa penasaran sama tiga rangkaian huruf jepang つづく, pernah lihat bukan? Barangkali iya. Oh, waktu itu saya masih SMP.

Saya penasaran huruf-huruf itu gimana cara bacanya. Kalau artinya sih udah bisa ditebak, pastilah itu artinya "bersambung". Akhirnya, saya minta uang ke bapak buat beli buku bahasa Jepang Praktis yang include dari mulai pembahasan tulisan sampai kalimat-kalimat yang bisa dipraktekin sehari-hari.

Di buku itu disebut kalau tulisan yang dipakai sama bangsa Jepang terdiri dari lima jenis tulisan. Hiragana, Katakana, Kanji, Romaji (romawi) dan Arabia suuji (angka Arab).

Hiragana

Huruf Hiragana konon awalnya hanya dipakai sama kaum perempuan saja karena bentuknya yang molek dan meliuk-liuk, jumlahnya? Ada 46 huruf. Contoh huruf (あかさたなはまやらわん)

Katakana

Sebaliknya dengan huruf Hiragana, huruf Katakana bentuknya lebih lugas, tajam, tegas. Dan memang kabarnya dulu huruf ini dipakai oleh kaum laki-laki. Sama dengan huruf Hiragana, jumlahnya ada 46 huruf. Contoh huruf(アカサタナハマヤラワン). Di huruf Hiragana dan Katakana, nggak ada huruf konsonan mati. Jadi, yang namanya ABDUL kalau ditulis pakai huruf ini jadinya A BU DU RU.

Kanji

Huruf Kanji adalah huruf yang diadaptasi dari hurufnya orang Tiongkok. Hanya saja, kebanyakan versi yang disederhanakan. Jumlahnya? Ada ribuan! Berkali kali lipat jumlahnya dari huruf Romawi. Cuma, jangan panik dulu buat yang pengen kuasai bahasa Jepang dasar. Kalau mau belajar tulisan Kanji dasar, cukup kuasai 110 huruf Kanji saja di awal. Contoh huruf Kanji(愛)pernah lihat? Ada di jidatnya Gaara (Serial Naruto).

Romaji

Huruf Romawi A, B, C, D, E dan seterusnya sampai Z.

Arabia Suuji

Angka Arab, emang bangsa jepang kenalan sama bangsa Arab dimana? Kok angka arab dipakai juga ternyata. Sebetulnya angka juga ditulis pakai huruf Kanji, cuma mereka juga pakai angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Nah, inilah yang disebut dengan angka Arab. Kenapa? Silakan baca referensinya sendiri ^_^.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Aug 07, 2018 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Bahasa Jepang itu...Where stories live. Discover now