Behind This Project: D+

149 21 29
                                    

Halo para readers tersayangku! Chapter spesial ini hadir untuk kalian-kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang thalasemia atau yang dikenal sebagai kelainan darah.

Aku akan mencoba menjelaskan thalasemia dengan pemahaman yang aku miliki yah. Kalau ada pembaca yang lebih mengerti dan mungkin aku salah menjelaskan, tolong dibantu koreksi yaaa. Semoga bermanfaat!

Apa sih thalasemia itu?
Thalasemia itu penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetik dan ditandai dengan kondisi sel darah merah yang mudah rusak, sekitar 3-4 kali lebih cepat dibanding sel darah merah normal.

Emang normalnya gimana?
Normalnya, sel darah merah itu memiliki umur 120 hari, tapi bagi penderita thalasemia, hanya bertahan 23 hari. Padahal sel darah merah itu punya kadar hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Makanya, Niki nggak bisa berkegiatan secara normal alias nggak bisa terlalu capek karena sel darah merah yang kurang = kadar oksigen juga kurang.

Itu aja? Tapi Niki kok sampai divonis nggak bisa hidup lama?
Thalasemia itu ada dua macam, tipe alfa dan beta. Niki adalah salah satu penderita thalasemia beta, jenis thalasemia yang lebih berat. Selain itu, salah satu pengobatan thalasemia itu kan dengan mendapatkan tambahan darah atau transfusi rutin, biasanya setiap satu atau tiga bulan sekali. Tapi transfusi juga bisa menyebabkan komplikasi, misalnya gagal jantung, kerusakan organ tubuh, dan kematian.

Oooh, gitu. Kok bisa sih Niki kena thalasemia? Emang thalasemia terjadi karena apa?
Jadi gampangnya begini. Thalasemia itu kan penyakit yang bersifat genetik, alias ada keturunan dari orangtua. Kalau salah satu orangtua adalah pembawa (carrier), kemungkinan anak-anaknya 50% sehat dan 50% pembawa. Tapi jika keduanya adalah pembawa, maka kemungkinan anak-anaknya menjadi 50% pembawa, 25% sehat, dan 25% thalasemia.

Kalau belum paham, coba inget-inget lagi Hukum Mendel di pelajaran Biologi waktu SMP, wkwk.

Terus, kenapa mengangkat cerita tentang thalasemia?
Hehe. Sebenernya thalasemia bukan fokus utama dari cerita ini sih. Tapi aku memang terinspirasi dari salah satu keluargaku yang memiliki penyakit sama dengan Niki. Dia divonis menderita thalasemia di usia 3 tahun. Saat ini usianya 21 tahun dan sepanjang hidupnya dia harus terus transfusi darah, bolak-balik rumah sakit setap bulan.

Sama kayak Niki, dulu juga seluruh keluarga diberitahu kalau umurnya nggak lama dan kalau sewaktu-waktu meninggal, keluarga harus siap. Tapi alhamdulillah, sampai sekarang dia masih sehaaat, bahkan saat ini kuliah di Kedokteran dan aktif di paduan suara kampusnya :')

Waah, alhamdulillah kalo gitu. Oke deh! Makasih penjelasannyaaa!
Iyaa, sama-samaaa! /tanya sendiri jawab sendiri/

Nah! Itu tadi sekilas tentang thalasemia dan alasan di balik ide cerita ini. Sebelum benar-benar berpisah dengan D-Day, izinkan aku mengucapkan terimakasih banyak buat semua pembaca yang udah setia menunggu, sampe nanyain dan ngejar-ngejar untuk cepet update :')

Terkhusus untuk mintworld, kembaranku yang selalu menuhin komentar, berbagi imagine tiap malam, teman chat yang setia nunggu aku bales chatnya (maafkan aku yang lambat ini, Mint) dan yang selalu nyemangatin untuk update. Hiks, akhirnya kelar nih, twins! >< 

Untuk cindywinando, adek ketemu gede kesayangan aku yang ngefans sama Farrel. Salamnya udah aku sampein de, kata Farrel salam balik, mwah :*

Untuk wolf-lien, Kim Taehyung jadi-jadian kesayangannya nuna, hyung panutan Farrel, dan oppanya Niki-Kiran yang sering ngerusuh di komen. Makasih Te!

Untuk kimjongta_, Melody yang ketemu di wattpad dan selalu giat ngeDM ngasih semangat buat nulis, thankyou so much Ta! Suratnya ditunggu ya ;)

Untuk marsh-melo, sunbae authorku yang masih menyempatkan diri membaca D-Day padahal sedang sibuk. Mianhae, El, aku belum sempat main ke story kamu lagi :( abis ini kelar, story-mu akan aku bom komen, hihihi.

Untuk geng Bandung, ErikaAngelia dan shining-melo yang selalu gerak cepat menuju wattpad kalau aku bilang "heeey ada apdetan baru niiih", wkwk. Makasih ya, sayang-sayangku!

Untuk Melody Indonesia, fanbase ter-luar biasa tempat aku menemukan keluargaku, untuk orang-orang di dalamnya (yang sayangnya nggak bisa dimention disini karena addersnya belom 3000, kalo udah 3000 katanya mau buka kartu siapa aja adminnya), dan untuk perjuangannya sebagai fanbase paling update yang selalu berusaha memberikan info-info untuk Melody. Kuy di add/follow di LINE/Instagram: @indonesiamelody >< 

Dan untuk kalian semua para pembaca yang sudah mengikuti kehebohan Niki-Kiran sejak awal sampai akhir. Untuk yang setia menunggu. Untuk pembaca baru maupun lama. Untuk yang hanya membaca diam-diam, atau yang membaca lalu vote, atau yang paket komplit, baca-vote-komen, kuucapkan terimakasih sebesar-besarnya. Tanpa kalian, aku hanya busa sabun di mangkok baso; disiram air aja hilang.

Terakhir, untuk ketujuh manusia hebat dan luar biasa yang tidak habisnya menjadi inspirasi, kebanggaan, dan kekuatanku. Tempat aku pulang dan beristirahat dengan nyaman, tempat segala cinta dan dukungan yang akan selalu aku berikan... BTOB. :)))

Mari kita berdoa sama-sama, semoga BTOB segera ngadain konser di Indonesia, ya! Aamiin!

Sampai bertemu di work helloxmello selanjutnya (dan mudah-mudahan di konser suatu hari nanti)! Gomawo and saranghae! 

Sampai bertemu di work helloxmello selanjutnya (dan mudah-mudahan di konser suatu hari nanti)! Gomawo and saranghae! 

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
D-Day! ✔Where stories live. Discover now