-12- Kok bisa alim?

27K 4K 232
                                    

Sayup-sayup kudengar suara gedoran pintu. Tubuhku lantas bergerak malas. Suara-suara orang mengaji dari masjid masih kedengeran. Pasti Ibu Umi yang di depan pintu dengan wajah garang abis pulang belanja dari pasar.

Aih... males banget mau bangun. Tapi mau nggak mau, aku bangkit dengan mata mengerjap-erjap. Aku langsung buka pintu. Bukan, yang dihadapanku bukan Ibu Umi. Melainkan wajah cerah Mona yang siap dengan balutan celana training dan kaus panjang.

“Kita nggak ada jadwal lari pagi,” ucapku kemudian. “Kita kan lagi nggak cakepan, belom sebulan ini.”

Mona memajukan bibirnya. “Dhini...” suara manjanya merayu. Dia maju aku mundur.

“Pulang sana gih.”

“Ih... sampe ngusir gitu. Aku kan udah minta maaf Dhini...”

“Ya, aku kan udah maafin Mona...” kataku meniru gayanya. “Tapi kalo mau jalan bareng, tunggu sebulan. Belom ilang keselku sama kamu.”

“Dhin. Aku udah siap-siap gini. Mumpung tanggal merah. Ya, ya...”

“Hari ini aku mau bantu Ibu Aku di warung.”

“Aku udah ijin sama Ibu kamu, sama Bapak kamu juga. Malah Bapak kamu bilang karungin aja, kalo nggak mau bangun.”

Aku mencebik, melihat wajah Mona yang memelas nggak tega juga. “Ya udah tunggu!”

“Jangan lama ya, ntar ketinggalan senam.”

“Hmmm...”

Pagi ini Lapangan Merdeka di penuhi orang-orang yang berolahraga pagi. Mona udah ambil posisi mengikuti gerakan pemandu dari atas stage. Aku ngikutin gerakan dengan malas. Bahkan sepanjang perjalanan tadi, Mona yang ngoceh nggak kupeduliin.

Dua kali sesi senam ikutin arahan pemandu, baru bubar jalan. Aku langsung melangkah ke jalur pedestrian, dan duduk asal di pembatasnya.

“Aku mau beli minum. Dhini mau minum apa?”

“Terserah,” jawabku cepat. Aku melirik wajah Mona yang tertekuk.

Sepanjang bertahun-tahun berteman dengannya, kami beberapa kali mengalami hal nggak mengenakkan begini. Tapi kebanyakan Mona yang buat salah, jadi dia yang berusaha membujukku buat balik temenan lagi kayak biasa.

Mona balik dengan dua botol air mineral di tangannya. Aku meraih salah satu yang disodorkannya. Lalu Mona ikut duduk di sebelahku. Nempel banget duduknya. “Dhini... aku kan udah minta maaf.” Asik kalimat itu-itu aja yang diulangnya.

“Ya, aku kan juga udah maafin.”

“Iya, tapi kamu nggak kayak biasa.” Mona membuka penutup botolnya. “Mungkin kalo nggak karena aku salah denger kamu sama Aji masih pacaran sampe sekarang ya?”

Pertanyaan Mona terlontar polos, sementara hati ini udah cenat-cenut karena denger nama Aji lagi. Mona menyandarkan kepalanya di bahuku.

“Geli ah Mon, ntar kita dikira penyuka sesama jenis!”

“Dhin. Hubungan kamu sama Bang El gimana?”

“Kenapa nanya-nanya? Kami baik.”

“Kamu serius nggak ada rasa lagi kan ke Aji?”

Aku menarik tubuhku memaksa kepala Mona buat dongak. “Kok ngomongnya gitu?”

“Iya, abis aku takutnya kamu galau, apalagi kan mereka sodaraan. Tahu kenyataan Aji nggak pernah ngejelekin kamu dan dia malah...” Mona menggantung ucapannya, ambil ponsel dari saku trainingnya. “Aku bolak-balik chat Aji. Tanya bener-bener. Nggak taunya yang ngomong gitu si Reza. Nggak percaya, aku kirim Messenger ke Reza. Dan kamu tau jawabannya apa?! Nih, liat!”

False HopeWhere stories live. Discover now