Materi 70 Pandai Bergaul

2.1K 218 0
                                    

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🔷ONE DAY ONE SIROH🔷

📌MATERI 70 JILID 3📌

🔸Pandai Bergaul🔸

Sahabat fillahku, Rasulullah sangat pandai bergaul dengan siapa saja. Beliau mempunyai banyak kenalan baik, mulai dari budak sampai ke para pembesar. Rasulullah sangat menghormati sahabat sahabatnya. Bahkan, banyak di antara mereka yang beliau beri julukan "kesayangan". Sebaliknya, para sahabat pun amat menyayangi Rasulullah. Sebagian mereka memberi Rasulullah dengan julukan "kesayangan" juga. Abu Dzar memberi julukan "khalil" kepada Rasulullah. Khalil berarti 'teman' atau 'kekasih'.

Rasulullah tidak pernah menolak undangan. Sesibuk apa pun, Rasulullah selalu bisa membagi waktu dengan baik untuk memenuhi undangan. Hal hal seperti ini membuat beliau amat dihormati dan dihargai lawan ataupun kawan.

Rasulullah menjadi orang yang disayangi dengan tidak banyak mengumbar bicara. Sebaliknya, beliau malah lebih suka mendengar daripada berbicara. Rasulullah selalu berkata seperlunya. Kalau bicara, kata katanya mengalir lancar dari celah gigi giginya. Rasulullah selalu bicara ke pokok masalah, jelas, tanpa bertele-tele.

Jika sedang marah, wajah beliau berubah, tetapi beliau selalu menyembunyikan dari orang lain. Kalau disakiti, beliau membuang wajahnya ke samping. Kalau gembira, Rasulullah menundukkan kepala. Canda beliau selalu sopan dan tidak pernah tertawa terbahak-bahak. Tertawa beliau hanya senyum.

Selain amat menyayangi sesama manusia, beliau adalah penyayang binatang. Tahun 630 M, beliau pernah berjalan memimpin 10.000 tentara Muslim. Saat itu, Rasulullah melihat seekor anjing bersama anak-anaknya menghalangi jalan. Beliau memerintahkan agar pasukan tidak mengganggu sang induk anjing dan anak anaknya. Rasulullah bahkan memerintahkan seorang prajurit menjaga anjing itu sampai semua pasukan lewat.

Mungkin terbersit pertanyaan, dengan pribadi yang sehebat itu , Apakah Muhammad sudah tau tentang Allah sebelum beliau diangkat menjadi utusan -Nya?

Kita lanjutkan besok kisahnya.....Insya Allah 😊

📓Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku jilid 3📓

📌MATERI 70 JILID 3📌

☄✨☄✨☄✨☄✨☄

Sirah Nabawiyah Jilid 3Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang