WAJIB DIBACA SEBELUM LANJUT KE NEXT CHAPTER

10K 278 13
                                    

Halo! Berhubung ACH baru saja di revisi, akan ada beberapa point yang ingin saya sampaikan pada readers sekalian. Mohon untuk disimak oleh readers ya. biar nanti ga nanya lagi, kok jadi gini, ko jadi gitu. Langsung aja ya baca point – point dibawah ini.

1. Perubahan nama Raja Hyeongjo yang dipanggil dengan nama Raja Kwangsun

Sebelumnya dalam ACH yg publish di wattpad sampai tanggaL 10 maret 2017, Raja Hyeongjo saya sebut dengan menggunakan nama anumertanya, yaitu Hyeongjo. Tapi, karena berhubung nama anumerta raja itu biasanya diberikan ketika raja meninggal. Maka, saya mengubah pemanggilan dari raja Hyeongjo dalam cerita menjadi Raja Kwangsun, yaitu mengikuti aturan panggilan para raja joseon. Dimana, raja Joseon selama masa hidupnya akan disebut dengan nama kehormatan yang didapat ketika menjadi seorang pangeran. Dalam hal ini, raja Hyeongjo memiliki nama pangerannya yaitu Kwangsun, maka selama hidup ia akan dipanggil dengan nama raja Kwangsun. Revisi ini saya lakukan untuk mengikuti aturan baku yang berlaku di dinasti Joseon. Perlu saya ingatkan, dalam cerita ini raja dalam kondisi hidup, sehingga tidak akan dipanggil dengan nama anumertanya. Logikanya seperti itu saja.

2. Perubahan nama anumerta raja Hyeongjo menjadi Raja Hyeongjong

Alasannya adalah saya salah menulis akhiran nama anumerta. Hal ini dikarenakan ada beberapa ketentuan dalam pemberian gelar anumerta pada raja-raja Joseon. Raja dengan gelar -jo menandakan bahwa dia bukan berasal dari keluarga raja, memiliki ibu seorang selir, ibunya berasal dari rakyat jelata, pernah dibuang keluar istana saat masih menjadi pangeran, dan sebagainya. Sedangkan, raja dengan gelar -jong menandakan bahwa dia adalah murni keturunan raja atau raja sebelumnya, dan biasanya adalah putra dari Ratu. Dia juga tidak pernah mengalami pengasingan (pengasingan beda dengan melarikan diri karena alasan politik).

Dalam kasus ini, raja kwangsun murni anak seorang Raja dari seorang ratu dan tidak pernah mengalami pengusiran keluar istana. karena itu, akhiran dari nama anumerta miliknya seharusnya berakhiran 'jong' karena itu dalam ACH nanti namanya akan muncul dengan berakhiran 'Jong'

3. Perubahan nama Raja Cheoljong yang dipanggil dengan nama Raja Gyeongsun

Di beberapa chapter terakhir, ketika ia naik tahta ia disebut dengan nama Raja Cheoljong. Nah seperti yang sudah disebutkan pada point satu. Maka ketika naik tahta Gyeongsun tetap akan dipanggil dengan nama kehormatan yang ia dapat saat menjadi Putra Mahkota. Gyeongsun akan tetap dipanggil dengan nama Raja Gyeongsun.

Ah ya, mengenai ACH versi cetak, mohon bersabar ya. saya harus buat dan bongkar ulang draft naskahnya. Saya nggak mau novel ini ketika dicetak jadi tebel banget. Jadi akan ada perubahan besar – besaran ACH cetak dengan ACH wattpad. Semoga sabar menunggu ya. diusahakan Mei sdh siap cetak.

Ok sekian notes dari saya. Jadi, jangan bingung – bingung lagi ya. kalo ada yang nanya tentang 3 point di atas nanti, saya nggak akan jawab. Author notes ada bukan tanpa alasan. Makannya BACA.

Love,

reriezdiefa_djo


A Cold Hearted Crown PrincessTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang