27. Bad News

12 2 0
                                    

Minggunya, gue disuruh belajar karena besoknya memang sudah mulai ujian lagi yaitu tahap 4.

Gue bersyukur karena Rena enggak berlarut sedih. Dia tetap belajar dengan giat agar bisa masuk ugm.

akhir akhir ini, kelas lagi rame banget membahas penyakit yang melanda di negara luar. Kabarnya, Indonesia belum ada yang kena. tapi kami juga waswas.

Kita mengikuti ujian seperti biasanya. saat istirahat, kita makan seraya belajar, masuk ujian lalu pulang, les dulu pulang ke rumah belajar lagi. Itu sudah jadi rutinitas gue.

Sebelum Februari berakhir, gue disarankan mengikuti SNMPTN oleh wali kelas gue. Gue pun mau dan daftar. Sarah dan Fahru juga ikut jalur SNMPTN. Semoga aja gue lulus.

-8-

Maret 2020

"Anak anak, minggu depan kita ujian tahap 5 ya. Dan ingat selalu cuci tangan. Dikurangi memegang area wajah." ucap wali kelas gue.

Wabah semakin meluas dan semakin banyak. Barusan ada berita bahwa Indonesia terdapat 3 pasien positif. Darisitu warga indonesia mulai hati hati.

"gue kok jadi takut gini ya" ucap Anton

"gak usah takut, kita hadepi aja. Dan kita harus ikutin kata protokol kesehatan." ucap Rena

Saat itu jogja belum ada yang terinfeksi. Jadi kita masih sedikit tenang, walaupun ada rasa gundah di hati. Jujur gue juga sebenarnya takut dan gak nyaman dengan kabarnya ini. Tapi harus gimana lagi, gue harus hati hati dan selalu cuci tangan.

Tidak lama setelah berita di ibu kota kita, Jogja terdapat 1 orang yang terinfeksi. Ya gemparlah satu sekolah. Ada yang minta diliburkan, ada yang sengaja gak masuk sekolah. Beragam lah. Guru guru gue juga cuma bisa ngomong tunggu hingga ada perintah untuk diliburkan.

"Kelas gue tadi gempar minta libur" ucap Rizki

"iya sampai ada yang gak masuk tadi. 3 anak ya ki?" ucap gue dan disusul anggukan Rizki

"anak kelas gue malah ada yang udah jualan hand sanitizer" ucap Anton

Kita tetap masih belajar di sekolah dan fokus ujian. H-10 Ujian Nasional. Gue udah siap. semua materi gue udah jelas semua. Gue udah yakin dengan kemampuan gue.

-8-

April 2020

"nak, kemarin sultan bilang bahwa senin sudah mulai diliburkan karena penyakit Corona sudah menyebar. Dan kemungkinan Ujian Nasional ditiadakan" ucap wali kelas gue.

Gue kaget. Rizki apalagi yang rela gak tidur buat belajar demi UN. Ya mau gimana lagi, gue ngikutin aja skenario Tuhan. Gue gak boleh kecewa. gue tetep harus semangat.

hari itu adalah hari dimana pengumuman SNMPTN. Gue dirumah bersama nyokap gue deg degan buka web dan memasukkan id gue. Dan hasilnya. gue...






gak lulus. Gue hanya bisa menghembuskan nafas dengan berat. Nyokap gue meluk gue seraya bilang gak papa. Masih ada jalur SBMPTN. Gue gak nangis. gue berusaha tegar.

besoknya disekolah, ternyata Sarah dan Fahru lulus jalur SNMPTN. Gue bilang selamat kepada mereka.

"tetep semangat Bel, lu tu koki kita. Semoga lulus ya." ucap Sarah

"iya jangan patah semangat pokoknya. jalur SBMPTN lu pasti lulus kok bel. gue jamin" ucap Fahru tersenyum.

"makasihh, Aamiin ru." ucap gue

gue akhirnya minat jurusan tata boga. Entah sejak kapan, nyokap gue bilang kalau secara gak sadar gue kadang nyoba nyoba resep yang tidak terduga tapi enak. Nyokap gue juga nyaranin tata boga.

DilemaWhere stories live. Discover now