| Tanya Jawab |

48 2 0
                                    

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

_*بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــم*_

_*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*_

*📚Materi : Akhlak*
*📝Tema : ISTIQOMAH*

🌀 *PART II* 🌀

🌀🌀Sebagai pembuka part kedua, mari kita simak hadits berikut ini

🌀🌀Dari Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdullah radhiyallahu anhu, ia berkata :

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

*”Aku telah berkata : ‘Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu’. Bersabdalah Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa Sallam : ‘Katakanlah : Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqamalah kamu’”.
*[HR. Muslim]*

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

🌀🌀Penjelasan:

🌀🌀Kalimat “katakanlah kepadaku tentang Islam, suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya kepada seorang pun kecuali kepadamu”, maksudnya adalah ajarkanlah kepadaku satu kalimat yang pendek, padat berisi tentang pengertian Islam yang mudah saya mengerti, sehingga saya tidak lagi perlu penjelasan orang lain untuk menjadi dasar saya beramal.

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

🌀🌀Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab : “Katakanlah : ‘Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqamalah kamu’ “. Ini adalah kalimat pendek, padat berisi yang Allah berikan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

🌀🌀Dalam dua kalimat ini telah terpenuhi pengertian iman dan Islam secara utuh. Beliau menyuruh orang tersebut untuk selalu memperbarui imannya dengan ucapan lisan dan mengingat di dalam hati, serta menyuruh dia secara teguh melaksanakan amal-amal shalih dan menjauhi semua dosa.

🌀🌀Hal ini karena seseorang tidak dikatakan istiqamah jika ia menyimpang walaupun hanya sebentar. Hal ini sejalan dengan firman Allah : *“Sesungguhnya mereka yang berkata : Allah adalah Tuhan kami kemudian mereka istiqomah……”.(QS. Fushshilat : 30)*

🌀🌀Yaitu iman kepada Allah semata-mata kemudian hatinya tetap teguh pada keyakinannya itu dan taat kepada Allah sampai mati.

‘Umar bin Khathab berkata : “Mereka (para sahabat) istiqamah demi Allah dalam menaati Allah dan tidak sedikit pun mereka itu berpaling, sekalipun seperti berpalingnya musang”. Maksudnya, mereka lurus dan teguh dalam melaksanakan sebagian besar ketaatannya kepada Allah, baik dalam keyakinan, ucapan, maupun perbuatan dan mereka terus-menerus berbuat begitu (sampai mati).

🌀🌀Demikianlah makna dari hadits tersebut, Insya Allah. Begitu pula firman Allah :

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

*“Maka hendaklah kamu beristiqamah seperti yang diperintahkan kepadamu”.(QS. Hud : 112)*

🌀🌀Nah, itu salah satu anjuran/perintah untuk kita ber Istiqomah. Lantas, keutamaan Istiqomah itu apa?

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

🌀🌀Langsung aja yuk ...

🌀🌀Istiqomah memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya..

*Mendorong untuk senantiasa melakukan kebaikan*

🌀Manfaat pertama dari istiqomah adalah bisa mendorong seseorang untuk senantiasa melakukan kebaikan. Maka, dengan memegang teguh istiqomah tersebut, Anda akan selalu memperbaiki diri.

*Mencegah manusia untuk melakukan kejahatan*

🌀Selain mendorong manusia untuk melakukan kebaikan, istiqomah juga bisa menghindakan seseorang dari berbagai perbuatan yang jahat. Sehingga Anda akan menjadi orang yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

*Tahan terhadap godaan*

🌀Manfaat dari istiqomah yang selanjutnya adalah seseorang akan senantiasa tahan terhadap dari godaan. Baik itu godaan untuk berbuat buruk dan hal lain yang bisa menyebabkan seseorang menjadi terhambat untuk mencapai cita-citanya.

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

🌀🌀Wah, ma syaa Allah banget ya. Nah, kira-kira kalau kita udah tau defenisi, anjurannya, kiat-kiat Istiqomahnya, juga keutamaannya. Akankah kita masih enggan untuk lebih giat lagi mencapai Istiqomah? Semoga tidak yaa, keep spirit.

*◆━━━━━💙﷽💙━━━━━◆*

🌀🌀Demikian materi hari ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang  Istiqomah di jalan Allah, aamiin ya rabbal'alamin. Ketemu di Senin depan yaa.
                                                     
_*SHI*_

_*🌹 اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ*_

_*BUKANKAH ALLAH CUKUP BUAT KAMU KATA KAMU*_
*╾╌╌─⃟ꦽ⃟𖧷̷۪۪ᰰ᪇🌹🌹᪇𖧷̷۪۪ᰰ⃟ꦽ⃟  ─╌╌╸*

Islam Quotes 2 Where stories live. Discover now