Chapter 4

48 5 0
                                    

Bandung, 4 Februari

"Ini dari siapa?" Oliza nanya gue pake tatapan sinis. Sebenernya gue juga gatau itu dari siapa, dan gapeduli juga.

"Mana Dave tau, ada di depan meja gitu aja. Tanya Diva deh kalo gapercaya." Gue ngejawab dengan cukup pede, "Ya ga Div?"

"Iya, misterius gitu. Btw thanks ya Novelnya, aku suka." Diva malah ngalihin pembicaraan.

"Iya, sama-sama. Aku tau kamu pasti suka novel tapi baunya politik, dasar anak debat. Untung masih ada tuh novel, padahal terbitan dua taun lalu."

Gue cume ngelamun, mikir. Jelas kalian semua tau apa yang lagi gue pikirin. Kertas itu mungkin ga jadi pikiran buat Oliza ataupun Diva, tapi buat gue. Karena gue tau jelas Oliza diem-diem nyimpen rasa cemburu kalau ada apapun.

*****

"Abis ide nih bu, kayanya ini bukan karya tulis ilmiah deh, tapi ini essai," gue bilang gitu setelah gue baca brosurnya, "saya udah buat ini dua hari lalu, temanya sama. Saya udah nebak pasti bentuknya essai." Gue ngasihin laptop gue ke Bu Yuli, guru Bahasa Indonesia gue.

"Hmm bagus nih Dave, udah berapa kata ini? Hmm. Oh udah 1276 kata nih. Eh eh disitu min. berapa kata sih?" Bu Yuli benerin kacamatanya.

"Kalau di sini sih bu ditulisnya 1200, tapi saya ga puas kalo cuma segitu. Kalau menurut saya masih terlalu luas penjabaran tema-Nya. Besok saya kasihin lagi deh ke Ibu." Gue masih berdiri samping si Ibu.

"Boleh Dave, besok kamu ke Ibu lagi. Tapi jangan pas istirahat kedua. Ibu juga butuh waktu buat shalat, apalagi waktunya pendek."

Dalem hati gue "untung gue udah tadi". "Baik bu, terimakasih waktunya. Saya ke kelas dulu." Gue salim cium tangan si Ibu, balik lagi ke kelas.

Dua langkah gue turun tangga, hp gue bunyi, ini telfon dari Oliza. Tumbenan dia nelfon di sekolah. Gue angkat tanpa ada rasa curiga.

"Halo Dave? Yaampun Dave kamu di mana sih? Ini Diva pingsan di koridor. Sekarang udah dibawa ke uks."

"Yaudah iya bentar Dave nyusul ke uks." Gue langsung matiin tuh telfon.

Gue kaget bukan main. Pikiran gue ga karuan. Mana gue bawa laptop lagi kan. Untung ada Septi, temen sekelas gue ngelewat depan gue.

"Ehh, Sep. nitip bentar, bawain ke kelas ya. Diva pingsan di uks. Dave mau kesana, mau susulin." Gue buru-buru ngasihin laptop ke Septi, langsung lari ke uks di lantai 1.

"Hah? Pingsan? Diva? Aduh aduh Diva pingsan. Dave! Tungguin! Aduh." Ya Allah, ni anak malah ikutan panik. Bodohnya gue yang lupa kalau Septi panikan. Gue tetep lari kenceng, bodoamat sama Septi yang ikutan panik.

Di uks ada Oliza, Pa Sucipto, Pa Ari sama Bu Kholqi, Diva udah ada di ranjang uks. Tetep belum sadar.

"Ya Allah Div, kamu kenapa?" gue masuk buru-buru sama panik. Gue udah ada di samping ranjang Diva, megang tangannya. Kerudungnya udah dilonggarin. Seperti biasa, teh manis udah ada di samping ranjang.

"Dia tadi lagi jalan terus ada bola basket kena kepalanya. Beruntung ada nak Oliza. Kamu tenang ya nak Dave." Bu Kholqi berusaha nenangin gue sambil ngusap pundak gue.

Gue nunduk nahan emosi "Siapa orangnya, Za?" gue nanya Oliza. Dia diem gamau ngomong apapun.

"Siapa Za?!" nada sura gue ninggi.

"Dave, udah! Gaada yang salah. Tenang." Pa Sucipto nyoba nenangin gue .

"Siapapun orangnya, dia udah bikin kembaran saya kaya gini, Pak." Gue natap galak Pa Sucipto, "gaakan saya biarin dia Pa!"

"Tapi Dave, gaakan selesai dengan..." omongan Pa Sucipto terjeda. Julian, si pelaku yang bikin Diva pingsan masuk ke uks.

"Aku orangnya Dave." Dia masuk dengan muka agak nyesel. "Jujur aku sengaja. Udah dua hari nungguin waktu yang tepat buat bales dendam ke dia."

Emosi gue udah ga kebendung. Gue dongkol. Sepersekian detik, badan Julian udah kebaring di lantai dengan gue di atasnya. Satu pukulan telak kena rahang kirinya. Dia langsung batuk berdarah. Pa Ari sama Pa Sucipto berusaha misahin gue sama Julian yang udah ga berkutik. Suasana jadi mencekam. Bu Kholqi teriak ketahan, Oliza udah teriak sambil nutup mulutnya. Sekarang tangisnannya udah gabisa dia tahan. Suasana di depan uks jadi rame sama siswa yang kepo.

"Heh heh sudah! Kembali ke kelas kalian! Sudah waktunya kalian masuk kelas. Bukan buat tontonan ini! Suah semaunya bubar!" Pa Anton, wakasek kesiswaan yang secara kebetulannya lagi ada di deket uks, dateng buat bubarin kerumunan. "Ada apa ini? Dave?!" dia kaget setengah gapercaya kalo gue baru ngebuat satu manusia terkapar ga berdaya. "Bapak udah abis kata-kata. Gapercaya sama kamu Dave."

*****

"Dave. Coab jelasin apa maksudnya ini." Tamoang mamah serius. Pertanyaan itu terlontar saat kita bahkan baru masuk rumah.

"Ma, dia sengaja celakain Diva. Mana bisa aku diem. Mama tau sendiri kan? Kalau masalah Diva aku sensitif. Selain mama, dia adalah orang yang harus aku jaga setelah papa pergi. Aku sayang dia lebih dari apapun ma. Bahkan ini ada yang berani macem-macem sama dia."

"Ya tapi bukan kaya gitu caranya Dave Putra Yuliantoro! Mama, bahkan almarhum ayah kamu gapernah mau ngedidik kamu sebagai seorang tukang pukul. Ksatria bukan dia yang emosinya selalu menggebu-gebu. Kalau kamu sayang sama Diva, bukan berarti kamu harus celakain orang lain. Ini untuk pertama kalinya mama dipanggil ke ruang kepala sekolah bukan karena prestasi kalian ya. Mama malu, Dave. Coba kamu pernah bayangin rasanya gimana? Belum lagi mama harus berurusan dengan orangtua Julian. Beruntung orangtuanya ga minta apa-apa. Kamu harusnya bisa ngatur emosi kamu Dave. Kamu udah tujuh belas tahun. Mama tau memang emosi kamu lagi ga stabil. Tapi kamu coba kendaliin dong Dave. Demi mama. Demi Diva."

"Ada apasih ini ribut-ribut? Gabisa gitu kalian akur kaya kemaren?" Diva turun dari tangga pelan-pelan. Kayanya dia keganggu karena gue sama mama sama-sama pake nada tinggi.

"Div," gue nyamperin dia, "kamu istirahat aja." Gue dengan lembut ngeraih tangannya Diva.

"Gimana aku bisa istirahat kalau kalian kerjaannya berantem tiap hari!" tangis Diva pecah saat itu juga. Perbedaan gue sama Diva yang paling mencolok adalah sifat. Gue punya sifat keras, sementara Diva kebalikannya.

"Gak bisa gitu kalian duduk bareng, berdua. Kalian ngobrol tenang. Akutu cape denger kalian berantem terus. Dave inget ga sih amanat almarhum ayah buat jagain mama? Kenapasih kalian malah berantem?" tangisnya makin jadi.

Dia ngelangkah nyamperin mama biar lebih deket, dia ngelepasin tangannya dari gue. BRAK! Tiba-tiba dia jatoh pingsan lagi di depan gue. Untuk kali itu juga hati gue ngerasa hancur. Lebih sakit daripada sekedar patah hati kaarena percintaan. Karena dia adalah permata berharga dalam hidup gue.







-Chapter 5 update besok ya. Stay tune aja! jangan lupa vote juga ya!

YAUDAH DEH IYA.Where stories live. Discover now