III.

1.2K 206 39
                                    












[Bandung, 2017]

              

     "Amir! Heh, budek!"

Gue menoleh ke arah Dito dan muka tengilnya yang bikin sakit mata, menyahut dengan gumam singkat. "Hm?"

"Lo anak PMR 'kan? Disuruh ngumpul tuh depan ruang BK!"

"Oh."

Melepas headset di telinga, gue buru-buru pergi ke ruang BK. Gue tau sih kenapa anak PMR disuruh ngumpul. Sebelumnya udah dikasih tau kalau tahun terakhir bakal ada volunteering buat bertugas di UKS pada jam ekskul alias di luar jam belajar. Dan dari kelas gue cuma gue sama Rere yang jadi anggota PMR. Gue lihat dia udah di depan BK pas gue dateng, dengerin arahan dari guru pembina.

Baiklah, jadi ceritanya gue telat ngumpul dan entah siapa yang sengaja nggak ngasih tau gue, tapi gue tebak itu paling kerjaan Dito. Dia salah satu manusia brengsek di kelas yang suka banget bikin seolah-olah gue anak yang problematis.

Dan alhasil, gue pun ditegur.

"Maaf, Bu," jawab gue ke guru pembina, Bu Retno, lalu sekilas saling lempar pandang sama Rere yang kelihatan heran kenapa gue bisa telat ngumpul.

Tebakan gue bener. Anak PMR angkatan itu, angkatan gue, diminta buat giliran volunteering setiap hari seusai jam belajar. Alasannya buat mengawal kegiatan ekskul, jaga-jaga kalau ada yang sakit atau kesurupan. Hehe, becanda. Tradisi yang kayaknya cuma ada di sekolah gue. Edan, padahal kelas dua belas itu masa-masa mesti fokus sama UNAS.

Akhirnya keduabelas anggota PMR di angkatan itu dibagi, dua anak per hari buat giliran jaga di UKS. Dan beruntung, gue dapet giliran jaga bareng sama Rere.

Rere, satu-satunya temen yang gue punya di kelas jahanam itu. Nama panjangnya Raden Roro Purnaningtyas, entah keturunan kesekian bangsawan keraton atau bukan, namanya suka bikin orang kepo. Kalem, manis, suka kerupuk udang.

"Kamu hari Jumat bukannya ada les, Mir?" tanya Rere setelah kita balik ke kelas.

Oh iya! Gue lupa. Asli lupa. "Iya, Re, gue lupa, gimana, nih?"

"Coba kamu bilang ke Bu Retno, siapa tau boleh tukeran hari lain."

Gue langsung ngacir ke ruang guru dan nyari Bu Retno sambil harap-harap pasrah; berharap gue bisa tukeran hari atau pasrah kalau akhirnya nggak bisa tuker—gue udah mikirin plan B yaitu ganti hari les. Gue menghadap beliau, ngomong baik-baik, dan Bu Retno dengan sabar tanya ke gue, "Kamu mau tuker hari apa?"

"Apa aja, Bu, yang penting bukan Jumat karena saya ada les."

"Kalau gitu nanti coba tanya anak yang lain ya, siapa yang bisa tukeran sama kamu, kasih tau saya."

"Boleh ya, Bu?"

"Boleh."

Senyum gue merekah. Serius, cinta banget deh gue sama mantan wali kelas gue itu. Orangnya baik meski cukup tsundere. I love you, Bu!





     Tapi emang kapan sih nasib baik berpihak ke gue? Rencana buat minta ganti hari ke Bu Retno akhirnya gue batalin karena nggak ada anak yang mau tukeran dan satu-satunya yang nawarin buat tuker sama gue adalah Siska, jaga hari Selasa, bareng sama Laras.

Laras. Haha ... pantesan Siska nawarin duluan ke gue. Laras itu satu geng sama princess di kelas gue, Priscilla, yang cantik-cantik tapi nyebelinnya nggak ada takaran. Sorry, mending gue lanjut ke plan B, repot dikit ngurus jadwal les tapi tetep jaga sama Rere.




Crush, Crushed Nơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ