tigapuluhtujuh

52 14 1
                                    

nggak nyangka sekarang ghia udah sebesar itu. gemes amat. mana kuenya buatan tangan kira dan caca sendiri.

diumur ghia yang kesatu ini, ghia udah bisa jalan pelan-pelan. ngocehnya juga lancar banget asli mirip caca kalo ngomelin kira.

sam dateng dong jelas. keponakannya itu cantik abis dan jelas hasil dari seorang richie dan caca. dia nggak bayangin  kalo suatu hari ghia bakal setinggi bapaknya. kasihan caca richie beserta cowoknya ntar.

semua momen itu di dokumentasikan oleh richie sang bapak. richie tuh tiba-tiba random beli kamera sebulan setelah ghia lahir. katanya biar bisa mengenang tumbuh kembang anak.

hal yang buat richie nangis menganak sungai adalah saat dimana ghia manggil dia 'papa' pas dia lagi main sama ghia di halaman belakang rumah. itu asli sih richie nuangis bukan main sampe caca kebingungan.

caca langsung ngefoto richie yang lagi nangis terus dicetak wkwkwk. nggak cuma itu. dia juga nunjukkin fotonya ke kedua kakek neneknya ghia. mereka bingung mana yang bayi, ghia atau richie.

sam ngasih ghia baju terusan warna cokelat muda sekalian sama bandonya. kira ngasih ghia buku bacaan gitu yang bisa dibuat mainan juga.

richie caca ngasih ghia sepatu dan juga satu set ayunan di halaman belakang rumahnya karena akhir-akhir ini ghia suka banget main ayunan di taman bermain dekat rumah.

selesai acara tiup lilin dan makan kue, mereka sekeluarga pergi makan di mall dan richie udah booking dua hari sebelum acara ultah ghia.

sampe di mall, mereka makan-makan deh. meriah abis lah pokoknya dan suddenly suasana meja jadi kek dingin gitu. kira nggak tau apa-apa. asik makan dia.

"om tante, saya mau ngelamar kira dua bulan lagi." ujar sam.

satu meja kaget termasuk kira yang jauh lebih kaget. dia sampe nahan batuknya terus minum pelan-pelan. orang tuanya kira caca jelas seneng banget akhirnya kira dilamar juga.

richie caca serta orang tua richie mah juga sangat merestui hubungan kira dan sam. mereka juga udah kek yang pengen liat kira sam ini nikah.

dan kira baru sadar, dua bulan lagi itu dia sama sam udah 4 tahun pacaran sama sam. jadi kado anniversarinya lamaran nih?

"kira gimana?" tanya papanya.

kira yang grogi dan kebanyakan minum langsung berhenti minum. dia natap papanya terus natap sam.

"y-ya, gak masalah. udah sama-sama kerja punya uang sendiri juga." jawab kira.

"syukurlah. sudah kamu rencanakan mau lamaran dimana?" tanya papanya caca kira.

"di rumah aja om." jawab sam.

"di rumah gue aja sam. gapapa kok." tawar richie.

sam langsung memberikan tatapan tidak yakin. "kan ini acara gue chie masa iya di rumah lo."

"gapapa kok sam. santai aja." bela caca sambil senyum manis.

DAN YAK 2 BULAN LAGI KIRA DAN SAM AKAN SEGERA LAMARAN DI TAHUN KEEMPAT MEREKA PACARAN DAN DI UMUR MEREKA YANG KE-25.

— — —

papanya sam yang denger kabar bahwa anak semata wayangnya ini jelas sangat bangga dan terharu bukan main. even sekarang bapaknya kerja di singapura, mereka tetep masih yang kontak-kontakan tiap hari.

kebetulan bulan ini papanya sam mutusin buat pulang dan nemenin anaknya sampe nanti lamaran. beliau bantuin sam mulai dari cari-cari seserahan dan juga kemeja batik yang mantap buat sam.

nggak cuma itu aja. papanya sam juga lebih milih ngadain acara tunangan ini di ballroom sederhana gitu. yang dateng nggak cuma temen-temen sam, kira, caca, richie aja tapi temen-temen papanya sam juga.

"mama dateng ngga ya pa?" tanya sam yang masih nanyain mamanya diumurnya yang ke-25 itu.

papanya sam diem. "papa kurang tau. coba ntar papa hubungi. kamu juga coba hubungi." jawab beliau.

emang bener kalo mamanya sam ini nggak tau kemana. udah diceritain di awal juga kalo beliau menghilang setelah sam berumur sekitar 3-5 tahun. mereka juga nggak ada kontak. terakhir surat yang berhenti dikirim oleh mamanya sam waktu sam ulang tahun yang ke-13.

ya, sam harap mamanya itu dateng di acara lamarannya dan juga nikahannya nanti.

nggak cuma sam yang ribet. kira ditemani oleh caca dan mamanya pergi ke butik kebaya buat lamarannya. kira want something simple pokoknya nggak mau yang gimana-gimana. orang masih lamaran juga.

"mau warna apa dek?" tanya caca yang lagi liat-liat kain.

kira ini seriusan nggak tau mau pilih warna apa because every color in here totally legit!

"disesuain sama sam ma." jawab kira.

"lahya sam itu warna apa batiknya?" sahut mamanya.

"cokelat muda gitu terus kek ada biru agak abu-abunya." jawab kira.

"yaudah ini aja nih. senada sama warna bajunya sam." ujar caca sambil menunjuk warna kain yang senada.

"iyadeh."

"jangan iya-iya. orang ini acaramu kok."

"iyaaaaa maaa." dan akhirnya deal deh dengan warna kain yang senada sama batiknya sam.

setelah itu mereka pergi ke toko kue langganan yang selalu dipake tiap acara khusus keluarganya caca sama kira.

kemudian, mereka balik ke rumah kumpul di rumahnya caca richie buat memikirkan makanannya. mereka deal dengan opor, sate, es buah gitu, dan pudding.

kira sama sam juga udah sempet ke ballroomnya. bentuknya emang sederhana tapi elegant dan nggak besar-besar banget. hall itu cukup buat 50-200 orang dan untuk lamaran ini cuma 100 orang yang bakal dateng.

undangan lamaran juga sudah dicetak dan siap disebarkan sebulan sebelum acara lamaran. untuk make up, kira bakal dandan sendiri dibantuin sama caca.

disaat mau lamaran gini, kira jadi sering flashback dulu awal kenal sama sam. sialan. ketawa-ketawa sendiri dia. gara-gara spotify doang.

tapi kalo nggak gara-gara itu dan usaha caca richie untuk mengakurkan mereka berdua, kira sam nggak bakal sampe sejauh ini.

big thanks for caca and richie.

samudera yang menyebalkanWhere stories live. Discover now