sembilanbelas

58 14 0
                                    

astagfirullahaladzim. proposal skiripsiannya sam nggak diterima sama dosen pembimbingnya karena banyak yang salah. untung masih belum whole skripsi. dia ini asli ngendas end up berguru sama richie.

richie ketawa sih bacanya karena emang banyak yang salah dan nggak nyambung. akhirnya dia nyicil juga skripsinya dibantu sama richie dan caca. kira nggak ikut bantuin karena kira lagi kkn di bandung.

proposal skripsinya kira udah bagus dan diterima. dia tinggal lanjutin buat skripsi aja. dia pendahuluan sama rumusan masalah udah. tinggal pembahasannya aja yang mbelibet serta teori-teorinya.

karena sam ditinggal ke bandung buat kkn, sam merasa kesepian. dia end up vidcall-an atau kalo nggak gitu telponan sama kira. rindu abis katanya sampe pengen disusulin ke bandung.

oh iya, sam bakal kkn sebulan setelah kira pulang nanti. kkn-nya dia lebih jauh dan lebih terpelosok. dia rencananya bakal ambil kkn di ntt. sekalian my trip my adventure katanya.

kira pulangnya masih lamaaaaaaa. dia di bandung semingguan dan disana dia masih baru hitungan 4 hari. seru deh ngajar anak-anak kecil sama bantu ibu-ibu disana. kira jago mah kalo urusan begitu. dia ini pernah ngajar anak tetangganya yang masih SD kelas 4 waktu semester 3-5. lumayan uangnya buat uang sangu.

kira tau kalo pacarnya itu nggak punya kaos. maksudnya, punya, cuma yang dipake ya itu-itu aja karena katanya males. stock kemejanya juga dikit karena dia ini lebih suka pake jaket jins dan itu-itu aja jaket jinsnya. jadi kira beliin beberapa kaos, kemeja, sama satu jaket jins buat sam. uang kira sendiri itu. dia magang dan nabung juga.

"widih mborong nih. buat siapa aja?" tanya temen kkn-nya yang baisa dipanggil unyil.

"buat cowok gue, kakak gue, mama papa, sama anak-anak ntar. mumpung diskon." jawab kira.

unyil anggukkin kepala. padahal dia sendiri juga lagi mborong.

selesai belanja. kembalilah mereka ke dalam mobil. mereka kembali ke penginapan warga karena udah mau mahgrib kan jadi rencananya ada sholat bareng terus makan bareng sekalian ada penampilan apa gitu katanya.

sampe rumah, udah mandi, udah wangi, anak-anak kkn pada bantuin ibu eli (yang rumahnya kira tempatin sama unyil dan cicil) nyiapin makan malem. tiga cowok lainnya di rumah pak rt lagi nyiapin tancap layar di lapangan.

udah nih. udah sholat udah makan juga. seluruh warga langsung pada kumpul di lapangan. warga mau nampilin tari tradisional, angklung, sama wayang kulit. sisanya anak-anak kkn yang nampilin nyanyi sama ngelucu.

acaranya berlangsung seru dan meriah. selesai acara, para warga dibantuin sama anak kkn beres-beres lapangan baru deh setelah itu kembali ke rumah masing-masing. kira cuci muka sikat gigi terus balik ke kamar. unyil cicil pada sibuk bungkusin kado sementara kira sibuk ngehubungin mama papanya.

selesai telponan, kira bantuin cicil sama unyil bungkusin kado. kira udah bungkusin setibanya dia di rumah tadi. jadi daripada nganggur mending join juga.

"skripsi apa kabar ki?" tanya cicil.

"masih pendahuluan sama rumusan masalah." jawab kira.

"iyasih sama gue juga stuck di situ belum kelanjut." sahut unyil setuju.

"lo sendiri gimana cil?" tanya kira.

"tinggal nunggu dibaca aja."

kira unyil kaget.

"WIDIH GERCEP AMAT LO!" pekik unyil.

"hehehehehehe."



.



tak terasa hari ini hari terakhir kkn. kira sama yang lain udah say goodbye sekaligus ngasih hadiah. udah foto bareng juga tadi sama warga, ibu bapak rt dan rw, dan anak-anak yang kita ajar. selesai itu baru mereka dianterin ke stasiun buat balik.

kira langsung tepar di dalem kereta. estimasi nyampenya kalo nggak siang ya sore agak maleman. sam bakal jemput kira katanya sekalian mau ngajak makan karena kknnya udah selesai. kira iya-iya aja.

baru juga pergi dari bandung, kira udah kangen sama warga disana. ramah-ramah orangnya, seru juga, baik-baik, toleransinya tinggi juga. betah tinggal disitu mana dingin lagi kagak panas kayak di kotanya.


sore sekitar jam 4an kira sampe. dia bawa turun seluruh barang bawaannya barengan sama yang lain ke depan stasiun. kira bisa liat sam lagi nungguin di lobby sambil megang botol minum. disamperin deh sama sam. nggak lupa sam salam-salam sama temen-temen kknnya kira baru deh selesai itu cus pergi.

karena kira udah capek banget, mereka end up delivery mcd terus dibawa pulang. caca richie kebetulan lagi main ke rumah juga jadi mending langsung pulang aja.

kehadiran kira disambut meriah sama papa mamanya terus caca dan richie. mama langsung buatin teh anget buat kira sama vitamin c biar nggak sakit. sam salim sama mama papa terus sama caca juga.

"nih buat sam, buat caca, buat mama papa, dan buat kak richie." kata kira sambil ngasih kantung plastik ke masing-masing orang.

semuanya kaget.

uang darimana hah.

tapi seneng juga sih dibawain oleh-oleh. apalagi mama sama papa hobi nyemilin makanan. caca juga seneng dan richie juga. apalagi sam. seneng juga dia.

akhirnya mereka ngumpul di ruang tengah sambil makan bareng terus cerita-cerita sambil ketawa ngakak. mama papanya kira caca ini udah nganggap richie sama sam kek anak sendiri jadi asli deketnya bukan main.

"kira sam wisuda, caca richie nikah deh. senengnya." ujar mamanya.

"kamu cepetan punya momongan kak. mamamu ini pengen nggendong cucu dari kemarin-kemarin. cucunya bu raharjo itu aja kemarin diuyel-uyel terus sama mamamu." ungkap papanya.

richie caca ketawa.

"sam kira juga. ndang skripsian terus ndang wisuda biar cepet kerja." imbuh papanya.

"iya biar cepet-cepet punya uang sendiri. katanya kira mau ngontrak toh?" tanya mamanya. kira menganggukkan kepalanya. "sebenernya mama itu pengen kalian semua disini aja sama mama papa biar rame rumahnya tapi mama juga nggak bisa maksa kalian kalo udah berumah-tangga sendiri."

caca ngerengek terus meluk mamanya.

"rumah segede ini gak ada kalian itu sepi rasae." lanjut papanya yang asli orang surabaya.

"aku buatin mansion om biar kita semua tinggal bareng."



jelas itu sam yang nyeletuk.

samudera yang menyebalkanWhere stories live. Discover now