About star 1

1.5K 127 0
                                    

 ~ Bintang berkelap-kelip. Sedangkan planet bersinar terus. Mengapa? 

Bintang berkelap-kelip 
karena mereka begitu jauh dari Bumi, bahkan melalui teleskop besar, mereka muncul hanya sebagai objek yang kecil. Dan itu mudah bagiatmosfer Bumi untuk mengganggu cahaya kecil bintang.Dengan demikian bintang-bintang berkelap-kelip. Mereka bahkan hanya bergerak sedikit di langit.

Saat cahaya bintang menembus atmosfer kita, masing-masing aliran tunggal cahaya bintang dipaksa menembus dengan zig-zag sehingga bintang tampak berkerlip. Di sisi lain, planet tidak berkelap-kelip (biasanya) karena erleak sangat dekat dengan Bumi. Anda akan tahu mereka lebih dekat jika Anda melihatnya melalui teleskop. Melaluiteleskop, planet tidak terlihat seperti titik kecil. Sebaliknya,mereka terlihat seperti disk kecil.

Ukuran piringan ini cukup besar sehingga turbulensi atmosfer tidak memberikan pengaruh yang nyata pada berkas cahaya planet. Dilihat dari permukaan bumi, planet pun akan tampak tidak berkedip. Kecuali pada kondisi atmosfer yang turbulensinya sangat kuat, atau saat planet berada di dekat horison, planet akan tampak berkedip juga. Karena pada saat planet berada di dekat horison (sesaat setelah terbit atau sebelum tenggelam), berkas cahayanya harus melewati atmosfer yang lebih tebal.

Fakta Menarik Sains [Completed]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang