Bintang abadi (2)

1.6K 130 0
                                    


J005311 juga memiliki angin bintang yang sangat kuat, yakni 16.000 kilometer per detik, aliran yang didorong oleh radiasi yang dihasilkan oleh fusi nuklir.

Produk dari penggabungan katai putih diprediksi mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Medan magnet ini kemudian akan mempercepat angin bintang, menghasilkan efek seperti yang terlihat pada J005311.

Ketika angin katai putih berembus, mereka berubah menjadi benjolan dingin di angkasa, yang disebut katai hitam. Proses ini diperkirakan memakan waktu sangat lama, dan para astronom percaya itu belum benar-benar terjadi.

Meski demikian, gambaran seperti itu tidak tersedia untuk J005311. Hal tersebut dikarenakan massa gabungan bintang mungkin menempatkannya di atas sesuatu yang disebut batas Chandrasekhar, yang merupakan massa maksimum untuk katai putih yang stabil.

Temperatur dan kecepatan anginnya menunjukkan bahwa J005311 berada di dekat titik akhir dari tahap evolusi saat ini. Ketika kehabisan bahan untuk terbakar, dalam beberapa ribu tahun mendatang, bintang ini kemungkinan akan runtuh karena gravitasinya sendiri, elektron dan proton bergabung menjadi neutron, mengubahnya menjadi bintang neutron bermassa rendah.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Nature.

Sumber :https://m.liputan6.com/

Fakta Menarik Sains [Completed]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang