Kesalahan 26: Strategi Promosi Cerita

1K 72 6
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini. 

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

***

Ketika pertama kali menggunakan media Wattpad untuk berbagi cerita yang ditulis, pertanyaan yang kerap terlontar adalah "bagaimana cara agar cerita yang diunggah ramai dikunjungi pembaca?" Strategi yang paling populer untuk meramaikan cerita di kalangan penulis pemula di Wattpad saat ini adalah mempromosikannya lewat dinding-dinding akun Wattpad lain. Ada juga yang sampai mempromosikan cerita di kolom-kolom komentar penulis yang sedang naik daun. Bahkan, ada yang melalui jalur kotak pesan di Wattpad. Padahal, cara- cara seperti itu cukup mengganggu bagi beberapa pembaca maupun penulis.

Belum lagi, saat mempromosikan cerita ke sesama penulis pemula selalu ada timbal baliknya. Penulis yang mempromosikan juga harus memberikan vote dan komentarnya pada cerita milik akun yang menjadi sasaran promosi. Pastinya saling menguntungkan. Masalahnya, tidak jarang momen tersebut dilakukan hanya setengah-setengah, seperti bom vote tanpa benar-benar membaca ceritanya. Terkadang, perkara saling follow akun dipermasalahkan.

Menurut riset 5 kepada beberapa penulis Wattpad, ketika hanya sekadar fokus menulis dan memublikasikan cerita tanpa melakukan promosi seperti kasus di atas, pembaca dengan sendirinya akan tertarik membaca. Apalagi jika frekuensi mengunggah cerita lebih teratur dan sering. Cara ini lebih ampuh dibandingkan harus berkoar-koar ke dinding-dinding akun lain. Begitu pula dengan riset6 kepada beberapa pembaca Wattpad. Pembaca cenderung mencari cerita berdasarkan genre yang diinginkan, dari kolom rekomendasi, atau dari lini masa teman lebih disukai.

Setiap penulis Wattpad yang sukses dengan ratusan ribu followers pernah mengalami fase sulitnya menghimpun pembaca. Tidak semua penulis yang baru memulai debutnya di Wattpad tahu trik-trik yang harus dilakukan agar ceritanya diketahui banyak pembaca. Setiap harinya selalu waswas menunggu pembaca mampir di cerita yang dipublikasikan. Usaha keras agar jumlah views di cerita bertambah pun dilakoni dengan berbagai macam cara. Namun, sayangnya ketika mengecek jumlah views yang tertera ternyata tidak banyak yang berkunjung atau parahnya tidak ada satu pun yang membaca. Akhirnya, cara mainstream dengan mempromosikan cerita di dinding-dinding akun lain, baik akun pembaca maupun penulis. Padahal, tidak semua pengguna Wattpad menyukai dan merasa nyaman dengan promosi di dindingnya.

Untuk menemukan strategi promosi cerita yangtepat, kamu perlu trik-trik yang bagus. Di buku ini kamu akan menemukan sesuatu yang tidak terpikirkan sama sekali.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang